Ingin Jadi Blogger dan Dibayar? Lakukan Langkah-Langkah Ini!


Tahun 2014 silam saya memutuskan untuk bikin blog dengan niat biar ada sarana untuk menulis apa pun sebagai pengganti buku diary yang pada waktu itu udah bukan umurnya lagi punya buku diary, hehe

Setelah nulis lalu saya share ke sosial media yang saya punya biar ada yang baca. Dulu, rasanya seneng banget liat pageview tulisan sendiri, yang padahal pageviewnya per artikelnya pun cuma sekitar 10 sampai 20, haha

Awal tahun 2017 setelah gabung komunitas blogger, saya jadi tahu bahwa dari nulis di blog bisa menghasilkan rupiah dengan harga yang variatif namun cukup bikin amaze untuk nulis satu artikel. 


Setelah tahu bahwa ngeblog bisa menghasilkan duit, saya pun berniat untuk monetize blog. Diawali dengan beli domain, ganti template yang eye catching, dan belajar lebih dalam lagi tentang dunia blogging yang ternyata ga cukup dengan cuma nulis dan share ke sosmed aja.

Baca juga : Kuputuskan untuk Menjadi Seorang Blogger

Karena ternyata, ada banyak PR yang harus saya kerjakan. Mulai dari belajar SEO, belajar cara ningkatin DA/PA, memperbanyak followers IG dan Twitter, belajar nulis artikel yang enak dibaca, belajar Bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan masih banyak lagi.

Di bulan Maret 2017, pertama kalinya saya mendapat job review dengan bayaran Rp.100.000. Rasanya berasa dapet award gitu, hehe 

Walau bukan blogger yang berpenghasilan tetap, tapi Alhamdulillah tetap berpenghasilan sampe sekarang.

Pastinya seneng ya, melakukan hobi yang dibayar. Yang awalnya cuma iseng-iseng bikin blog biar ada media untuk nulis dan dibaca orang, ternyata sekarang hasil iseng-isengnya bisa menghasilkan duit.

Beneran, jadi blogger tuh enak. Bisa diundang ke event-event kece, bisa nonton premiere film gratis, diendorse produk-produk untuk kita review, dll.

Baca juga : Barang-Barang yang Wajib Dimiliki oleh Seorang Blogger

Nah, based on my experience, saya mau share step by step agar hobinya bisa dibayar bagi yang mau jadi blogger.

๐ŸŒธ Bikin Blog

Untuk jadi blogger, step pertama pastinya ya harus bikin blog dulu. Terserah mau bikin blog via platform mana pun. Baik di Blogspot, Wordpress, Tumblr, dll.

Btw, pernah di closed group FB ada yang nanya, “bagaimana caranya untuk jadi blogger”? terus ada yang jawab. Step pertama harus pikirin dulu, niche* apa yang diambil. Setelah tau mau ngambil niche apa, baru bikin blog.

IMHO, seharusnya bikin blog dulu baru mikirin niche. Laaahh, bikin blog aja doi masih nanya, masa harus mikir dulu mau ngambil niche apa. Yang ada doi ga bikin-bikin blog karena kelamaan mikir buat ngambil niche apa yang cocok buat dirinya.

Kenapa harus bikin blog dulu baru menentukan niche?

Karena biar ada media untuk mengasah skill nulisnya dulu. Tulis apa pun yang ingin ditulis.  Misal, tulis pengalaman melahirkan, pengalaman kuliah, curhat suka dukanya menjalani kehidupan atau review produk yang dimiliki.

Setelah banyak tulisan yang dipublish, biasanya dengan sendirinya akan tau ke mana arah niche/tema blog kita. 

Saya pun dulu begitu, boro-boro tau ada niche, dll. Orang yang punya blog disebut blogger aja saya baru tau setelah gabung komunitas, haha

Jadi, step pertama adalah wajib bikin blog dulu. Titik, ga pake koma apalagi tanda tanya.

๐ŸŒธ Isi Tulisan

Kalau mau jadi blogger ya pastinya harus diisi tulisan dong, ya. Nulis sendiri ya bukan  copas tulisan. Karena saya pernah nemu tuh, ada yang punya blog dan isinya tulisan orang lain semua. Memang sih tulisannya juga cuma ada tiga, hehe

Isi tulisan apa? Ya apa aja. Kalau hobi nulis pasti apa pun pengen ditulis. 

๐ŸŒธ Gabung Komunitas Blogger.

Setelah blognya diisi beberapa tulisan, cobalah untuk gabung komunitas blogger. Tapi jangan berharap untuk dapet job dulu. Saingannya beraaaat. 

Tujuannya gabung komunitas adalah karena di sana kita bisa dapet banyak ilmu blogging dari para blogger profesional. Sering baca-baca tulisan blogger lain, sering-sering komen di blognya. Lambat laun, kita jadi paham, bagaimana seharusnya ngeblog biar bisa dibayar. 

๐ŸŒธ Rajin Nulis

Nah ini, walau hobi nulis, yang namanya males pastilah ada. Manusiawi yakaaan. Baiknya sih nulis tiap hari, tapi kalau ga bisa, minimal nulis seminggu sekali. Biar apa? Dengan rajin nulis, berarti tandanya blog kita keurus, ga berdebu apalagi sampe bersarang laba-laba. 

Coba misalnya ketika ada brand atau agency atau pengurus komunitas blogger lagi mampir ke blog kita dan ternyata latest blogpostnya sebulan yang lalu. Pasti langsung ke luar tanpa permisi. 

Dengan rajin nulis apalagi nulis yang bermanfaat, besar kemungkinan bakal cepet dapet job, walau belum ganti domain ke yang berbayar. Setidaknya masuk waiting list lah kalau ga kepilih, hehe 

๐ŸŒธ Ganti Domain

Tulisan di blog udah banyak, berarti timing nya udah pas nih buat ganti domain ke yang berbayar.

Kenapa harus ganti?

Karena sekarang, brand-brand lebih menyukai blogger yang nilai DA/PA** nya tinggi. Semakin tinggi DA/PA berarti menandakan kualitas blog kita bagus. Biar bisa mengukur DA/PA apakah tinggi atau rendah, harus punya domain sendiri, bukan domain bawaan dari hosting/platform blog yang kita pake.

Contoh domain berbayar: www.ichafaaizah.com
Contoh domain gratis bawaan hosting: www.ichafaaizah.blogspot.com

mengukur DA/PA domain gratis yang masih bawaan hosting, hasilnya pasti gede. Karena domainnya masih numpang ke hosting/platform blog yang kita pake. Makanya, sekarang lebih banyak brand yang memberikan kriteria untuk milih blogger yang memakai domain berbayar. Ya karena itu alasannya. 

๐ŸŒธ Sering-Sering Mampir dan Komentar ke Blog Oranglain

Agar DA/PA blog kita naik dan tinggi, salah satu kuncinya adalah dengan rajin mampir dan memberi komentar ke blog orang lain atau istilahnya adalah blog walking. Rajin komentar dan rajin nulis, dijamin DA/PA tiap bulannya naik terus. 

๐ŸŒธ Tingkatkan Jumlah Followers IG dan Twitter

Dengan followers minimal 1000, biasanya lebih cepet dapet job. Naikin followersnya dengan acara apa? 

Kalau kita merasa bukan selebgram atau artis atau blogger profesional, satu-satunya cara adalah dengan harus follow orang lain dulu. Follow lah sesama blogger, karena dijamin dipolbek. Kecuali kalau bloggernya sombong yang merasa hits, follow-unfollow follow-unfollow berulang kali pun ga bakal dipolbek. 

๐ŸŒธ Dapet Job

Semuanya udah dilakukan nih, tinggal nunggu job menghampiri. Tapi jangan lupa untuk terus dibarengi dengan usaha dan do’a. 

Setelah dapet job dan merasa ketagihan, cobalah untuk belajar SEO***, belajar menulis menggunakan EYD, dll. Setelah itu,  barulah untuk membranding blog kita dengan  menggunakan template blog yang bagus, dll.


Selamat mencoba!

                                      ***

*Niche: Tema blog yang diambil. Misal, lifestyle blogger, parenting blogger, dll.
**DA/PA: Suatu skala untuk mengukur kualitas blog yang dihitung berdasarkan domain dan halaman blog.
***SEO: Search Engine Optimization atau mengoptimasi mesin pencari agar artikel kita berada di halaman pertama Google.


Salam,

33 comments

  1. Wah ternyata bunda udh lama ya ngeblognya. Saya blogger pemula. Dan memang bener utk membangun sebuah blog itu butuh usaha yang memang ga mudah dan konsisten ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bunda udah lama, tapi dulu nulis cuma sebulan sekali, haha terus 2016 vakum sampa 2017 karena hamil dan melahirkan. Jadi baru aktif lagi awal tahun 2017, hehe

      Delete
  2. Wah kece banget sih mom.... Walau dirumah tetap bisa produktif dan berkreasi. Mau donk diajarin biar banyak dpt job hahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, mba Amallia, suka gitu deh. Sendirinya juga udah kece nih, rajin nulis rajin bw.

      Delete
  3. Makasih artikelnya..sangat membantu bg sy yg msh pemula.Klo cr followers apa hrs pk IG n twitter? Utk medsos yg aktif br Fb..IG ada tp jarang up load.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, mba. Terimakasih sudah mampir.

      Fb pun penting mba, sebagai media untuk cari job dan share tulisan kita. Tapi untuk IG dan twitter biasanya lebih diutamakan ketika ada job.

      Delete
  4. Salam kenal mba..

    Keceee nih, jadi pengen beli domain hehehe..

    Kalau saya sekarang masih rajin nulis aja sih, biar skill menulisnya lebih terasah, masih harus belajar menulis dengan baik agar lebih mudah dipahami orang lain.
    Btw memang lebih ngaruh IG dan Twitter kah ketimbang FB?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, mba. Terimakasih sudah mampir.

      Sepengalaman saya sih mba, klien lebih sering minta data IG dan twitter ketika cari blogger untuk dijadikan rekan kerja sama.

      Kalau fb sih saya paling cuma sbg media cari job dan share tulisan ke komunitas, dll.

      Delete
  5. Thank you input blogging nya...try to be pro neh, maklum new comer di dunia blogger komersial...

    Mau dooong dapet job2an juga hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, mba. Terimakasih sudah mampir.

      Udah gabung komunitas, mba? Di sana banyak info job yg bisa kita ambil, mba.

      Delete
    2. Komunitas seh udah gabung, tapi saya baru sebatas baca n komen-komen aja. Masih belom terlalu pede neh dengan tulisan sendiri...

      Delete
  6. Setelah gabung komunitas berasa banget ya rezeki jadi blogger.
    Makasih mbak share nya, membantu banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba, berasa banget ya. Job bertebaran di sana.

      Sama2 mba. Terimakasih juga udah mampir.

      Delete
  7. Amin mba ica.. Semoga kita bisa menjadi blogger yang banyak rezekiya yaaa.. Amin Ya Robbal alamin yang terpenting saat ini kta rajinin terus menulis yang dapat bermanfaat untuk orang banyak yaa mba ichaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Aminnn

      Mudah2an selalu memberikan manfaat di tiap tulisan kita

      Delete
  8. Semangat Ngeblog, happy bloggiing!
    Yang terpenting kalo mau jadi blogger dan dibayar adalah jaga "attitude" di dumay!

    ReplyDelete
  9. Wah, insepiratip sekali artikelnya๐Ÿ˜Š Saya sebenernya buat blog udah lama, cuma baru dapet hidayah buat seriusin ๐Ÿ˜‚ emang untuk konsisten nulis tu luar biasa berat perjuangannya yaa.. huhu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe mudah2an selalu konsisten dan nambah rajin nulis ya, mba.

      Delete
  10. Menginspirasi kali Bunda. Saya dari dulu pengen fokus ngeblog, tapi gak komit.

    ReplyDelete
  11. Tertarik dan kepo sama judulnya. Wah makasih Mba, dapat banyak pencerahan nih dari postingan ini. Oy salam kenal Mba Icha, yang nama panggilannya sm denganku ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi Alhamdulillah kalau bisa bantu tercerahkan.

      Salam kenal juga, mba Icha, hehe

      Delete
  12. Halo Mba Icha salam kenal!! Wahh aku setuju bgt baca tulisan mbak, krn aku jg ngalamin hal yg sama. Ada temen yg bkn blogger bertanya kok bsa sih jd blogger dpt job, smpe dia blg mau dong kalau dpt uang -_- mohon maaf lahir batin deh klo gtu krn asal mula kita dpt job kan jg ga mudah, semua dari hati.. menulis dg rutin dri hati yg org lain blm tentu suka.. alhamdulillah dr menulis bisa dpt job ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, mba. Salam kenal juga.

      Iya mba, bener banget. Jadi blogger emang enak, tapi buat dapet duit harus penuh dengan usaha dan upaya dulu.

      Delete
  13. setuju mbak icha

    sebaiknya memang punya blog dulu, bukan nentuin niche ya, karena yg udah pada punya blog tld aja suka pada bingung karena di depan mata banyak event dengan berbagai tema

    sukses buat nge-blognya ya mbak icha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha bener banget mba. Saya lifestyle blogger tapi pengen gitu fokus ke satu tema, tapi takut stuck idenya dan juga karena semuanya pengen ditulis :D

      Sukses juga ya mba buat ngeblognya.

      Delete
  14. tulisan yang sangat menginspirasi saya dan membuat saya jadi semangat ngeblog lagi setelah vacum beberapa tahun hahaha

    makasih mba ica hehehe

    ReplyDelete
  15. blogwalking yang kadang susah ya, padahal byk manfaatnya hehehe,,,

    ReplyDelete
  16. Terimakasih tulisannya mba...membuat tambah semanagt, saya masih tapap menulis apa saja berusaha.konsisten nulis, masih pake blog gratisan juga. Makasih mba..

    ReplyDelete
  17. siip, jadi makin yakin bisa menghasilkan dari blog ya kalo dulu-dulu aku pikir cuman hobi yang menghasilkan jadi we santai saja haha

    ReplyDelete
  18. Mantap nih tipsnya!saya pun lagi nerapin tips-tips diatas!

    ReplyDelete
  19. wah keren tipsnya, bisa jadi bahan untuk bisa jadi blogger yang aktif dan mana tau rejeki bisa mendapatkan penghasilan lewat ngeblog

    ReplyDelete

Welcome to my daily life as full time mom and part time blogger dan terima kasih sudah mampir ke rumah.