Solusi pada Anak yang Alergi Susu Sapi


Sebagai orangtua, pasti paham banget ya tentang alergi pada anak karena banyak orangtua yang anaknya memiliki riwayat alergi.  Alergi pada anak biasanya terjadi karena faktor genetik dari orangtuanya. Orangtua yang punya alergi tertentu, 70% kemungkinan anak pun nanti akan mengalami alergi. Selain itu, faktor lain penyebab alergi yang cukup sering terjadi disebabkan oleh lingkungan sekitar, dan alergen (pemicu alergi) dari lingkungan seperti makanan, debu, suhu udara, bulu hewan, gigitan serangga bahkan obat-obatan.

Anak yang mempunyai riwayat alergi tertentu, pasti akan mengalami gejala-gejala alergi yang muncul setelah terpapar dengan alergen (pemicu alergi). Biasanya, gejala umum alergi pada anak adalah :
  • Muntah-muntah
  • Diare
  • Kulit gatal, kemerahan dan bengkak
  • Batuk atau bersin
  • Sakit kepala
  • Susah bernafas
  • Bengkak pada wajah, bibir dan lidah
  • Hilang kesadaran 
Gejala alergi tiap anak berbeda, tergantung imunitas tubuh anak. Gejala alergi ringan seperti gatal-gatal cukup sering terjadi dan gejala ini lebih mudah disembuhkan. Gejala alergi yang tergolong berat seperti susah bernafas disebabkan karena saluran nafas mengalami kebengkakan dan bisa menyebabkan kematian kalau tidak ditangani secara cepat dan tepat. Makanya nih, sebagai orangtua kita harus paham betul tentang mengatasi alergi pada anak.

Alergen yang sering menyebabkan alergi pada anak biasanya karena makanan seperti coklat, kacang-kacangan, dan seafood. Selain itu, ternyata banyak juga anak yang memiliki riwayat alergi terhadap susu sapi. 

Menurut situs www.cekalergi.com alergi susu sapi adalah di mana sistem kekebalan tubuh bereaksi atau menganggap seolah-olah kandungan protein dalam susu dan produk susu lainnya adalah zat berbahaya. Sistem kekebalan tubuh anak kemudian akan melawan protein yang terdapat dalam susu sapi, sehingga memicu tanda dan gejala dari reaksi alergi.

Anak yang memiliki riwayat alergi susu sapi dan terpapar alergen tersebut, nantinya akan muncul reaksi alergi pada tubuh anak. Biasanya, ketika reaksi alergi muncul, aktivitas anak akan terhambat karena adanya ketidak nyamanan dalam tubuh. 

Bagi anak yang alergi susu sapi dan membutuhkan asupan susu pertumbuhan untuk tumbuh kembangnya, salah satu solusinya adalah anak bisa diberikan susu pertumbuhan dari protein kedelai seperti Morinaga Soya Moricare+. Morinaga Soya Moricare+ merupakan susu soya yang mengandung Isolat Protein Kedelai dan merupakan kombinasi antara zat gizi makro (protein) dan zat gizi mikro ( vitamin dan mineral). Morinaga Soya Moricare+ ini diindikasi untuk anak yang intoleransi terhadap laktosa atau protein susu sapi.


Morinaga Soya Moricare+ terdiri dari dua macam, Morinaga Chil Kid Soya Moricare+ untuk usia anak 1-3 tahun dan Chil School Soya Moricare+ untuk anak yang berusia 3-12 tahun.



Dalam memperingati World Alergy Week 2018, Morinaga sebagai salah satu brand PT Kalbe Nutritionals kembali mengadakan program edukasi yang memang rutin diadakan tiap tahunnya. Untuk tahun ini, Morinaga mengadakan Program Seminar Parenting skala nasional, di mana diadakannya program tersebut untuk meningkatkan pemahaman ibu-ibu akan alergi. 

Dalam program tersebut, diharapkan dapat mengedukasi masyarakat tentang pencegahan dan pemberian solusi alergi pada anak, khususnya bagi anak yang alergi susu sapi dengan mengganti susunya dengan susu kedelai seperti Morinaga Soya Moricare+. Meski anak mengalami alergi susu sapi, anak tetap bisa berprestasi dan tumbuh sebagai mana mestinya karena Morinaga Soya Moricare+ diformulasikan dengan Protein, Vitamin B12, Zat Besi, Zink, Vitamin A, Vitamin D, dan Kalsium yang tinggi sehingga asupan pertumbuhan anak tetap terpenuhi dan anak yang alergi tetap berprestasi karena tidak akan mengalami reaksi alergi lagi yang bisa menghambat aktivitasnya. Karena kandungannya yang baik untuk tumbuh kembang anak, 9 dari 10 ibu memilih Chilkid Soya sebagai solusi terbaik alergi. 


Bagi buibu yang ingin mengetahui apa saja gejala alergi, berapa % resiko alergi yang akan dialami anak, atau mau konsultasi dengan dokter langsung, bisa kunjungi situs www.cekalergi.com karena di sana terdapat banyak sekali informasi penting seputar alergi pada anak. Selain itu, bisa juga mengunjungi sosial media mereka di :

Facebook : Morinaga Platinum
Instagram : @Morinagaplatinum 
Twitter : @MorinagaID
Youtube : MorinagaPlatinum 


Salam, 

No comments

Welcome to my daily life as full time mom and part time blogger dan terima kasih sudah mampir ke rumah.