Ingin Memulai Bisnis Waralaba? Mari Lakukan Beberapa Persiapan Ini!

by - January 03, 2018


Bisnis waralaba merupakan jenis bisnis yang tak asing lagi di zaman modern ini. Bila Anda termasuk pebisnis pemula yang belum terlalu memahami seluk beluk dunia bisnis, waralaba adalah pilihan yang tepat. Sebab Anda tak perlu repot-repot menyiapkan konsep bisnis bila memilih waralaba.

Jika Anda tertarik untuk merintis bisnis waralaba sedini mungkin, maka Anda wajib melakukan beberapa persiapan ini:

Memilih Bisnis Waralaba Sesuai Minat

Mengapa Anda wajib memilih bisnis waralaba sesuai minat?
Karena hal yang satu ini akan membuat Anda lebih bersemangat saat menjalankannya. Banyak sekali bisnis waralaba yang bisa menjadi pilihan Anda, mulai dari kuliner, travel, hingga laundry kiloan. Pilihlah yang terbaik dan sesuai dengan minat Anda. Supaya Anda lebih termotivasi untuk mengembangkannya secara kreatif.

Image source: Pixabay.com

Modal yang Jumlahnya Memadai

Membicarakan soal bisnis waralaba tentu erat kaitannya dengan modal. Anda harus memiliki modal yang jumlahnya memadai untuk menjadi mitra waralaba. Soal urusan pinjaman modal, Anda tak perlu terlalu khawatir. Karena kini ada Mekar.id yang dapat memfasilitasi pinjaman modal bagi para pengembang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Image source: Pixabay.com

Investasi pada usaha kecil menjadi semakin mudah sejak ada Mekar.id. Karena Anda hanya perlu mengikuti prosedur untuk mendapatkan pinjaman yang Anda butuhkan. 

Mekar.id adalah bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) yang digagas oleh Putera Sampoerna Foundation. Komitmen Putera Sampoerna Foundation untuk mendukung pengembangan UMKM akan mempermudah Anda saat merintis bisnis.

Lokasi yang Strategis

Kepemilikan lokasi yang strategis merupakan hal yang tak bisa ditawar-tawar lagi dalam bisnis waralaba. Untuk mencapai Break Even Point (BEP) sesuai perkiraan, Anda tentu harus mendapatkan omset bisnis yang besar. Bila Anda menempati lokasi bisnis yang strategis, kemungkinan untuk memperoleh banyak pelanggan akan semakin besar. Jadi, pilihlah lokasi bisnis di pusat-pusat keramaian yang potensial.

Image source: Pixabay.com

Tenaga Kerja yang Dapat Diandalkan

Mayoritas orang memilih bisnis waralaba karena tak punya banyak waktu untuk mengelolanya. Jika Anda juga memilih waralaba karena alasan tersebut, berarti Anda harus menyiapkan tenaga kerja yang dapat diandalkan. Proses pengontrolan bisnis waralaba wajib dilakukan secara seksama agar berjalan sesuai target Anda.

Image source: Pixabay.com

Sudahkah Anda memiliki rencana tentang bisnis waralaba yang Anda inginkan?

Yuk cari tahu lebih banyak mulai sekarang. Jangan ragu merintis bisnis waralaba agar lekas mendapatkan keuntungan besar sedini mungkin.

See you,

You May Also Like

5 komentar

  1. waahh boleh juga nih buat usaha tahun ini mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mau usaha nih. Goodluck ya mba. Mudah2an sukses usahanya

      Delete
  2. Pengen sih buka usaha waralaba, sayang belum ada bakat hehe

    ReplyDelete
  3. Salah satu usaha papaku, ada bisnis waralaba dengan bakery shop di medan.. Tapi memang waralaba gini ada ga enaknya, krn kita bener2 tergantung dari pemelik franchisenya.. Bbrp kali papa agak komplain krn pengantaran bahan2nya yg terlambat, sementara pelanggan udah banyak.. Ini juga sih yg bikin papa akhirnya mengakhiri franchise, dan lebih memilih buka bakery shop sendiri dengan nama sendiri :) . Alhamdulillah usaha lbh lancar krn ga lg tergantung dr pemilik franchise nya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke rumah. Main-main lagi ya di postingan berikutnya.

Created with by ThemeXpose | Distributed By Gooyaabi Templates