Menyusui itu Berat, tapi Semua Ibu Pasti Kuat

Bismillah.

Assalamu'alaikum.

Agustus 2018 ini, usia Sultan memasuki 26 bulan, artinya Sultan udah lulus S2. Nggak apa-apa deh meski sampai sekarang belum berhasil disapih, anggep aja bonus. Karena yang terpenting, saya bisa berhasil nyusuin Sultan sampai 2 tahun. Alhamdulillah

Selama menyusui Sultan memang nggak ada kesulitan, tapi bukan berarti bebas dari suka duka menyusui. Inget banget deh, pas Sultan lagi fase growth spurt di usia  9 bulan.

Bener-bener perjuangan yang berat, karena growth spurt di saat nipple lecet parah karena digigit dengan luka menganga sampai berdarah-darah. Waah rasanya MasyaAllah mantep banget, sampai berhasil bikin saya nangis nahan sakit dan cape karena seharian nggak bisa tidur nyenyak buat nyusuin anak yang lagi growth spurt. Maklum, saya direct breastfeeding yang cuma menyusui di satu payudara dan nggak pernah pumping buat nyetok asip.

Saya juga nggak ngira bakal ngerasain kaya gini. Jadi sekalinya kejadian, saya tetap harus memilih buat nyusuin secara langsung karena nggak punya stok asip.



Rasanya waktu itu saya lagi di titik terendah dan pengen nyerah karena nggak kuat nahan sakit. Mana lagi LDR juga sama suami. Tapi, kalau nggak inget sama pahala yang didapat dan manfaat asi untuk kesehatan anak, mungkin saya bakal nyerah. Alhamdulillahnya keinginan buat nyusuin sampai 2 tahun lebih besar dari rasa sakit yang dialami hampir 7 hari itu. Hingga akhirnya bisa sampai di titik ini.

Perjalanan menyusui yang saya alami ini sebenarnya nggak ada apa-apanya dibanding dengan pejuang ASI yang lain. Karena banyak ibu menyusui lain yang lebih berat perjuangannya untuk tetap bisa menyusui anaknya.

Btw jadi ibu menyusui itu wajib banget punya ilmu yang cukup seputar asi, dll. Nggak bisa asal nyusuin tanpa punya ilmu yang memadai. Apalagi kalau tinggalnya di kampung yang dikit-dikit dikaitkan sama mitos. Biar nggak galau antara mitos dan fakta, ibu menyusui harus banyak baca dan nanya ke referensi yang terpercaya.

Selain baca-baca buku, biasanya saya juga sering cari informasi seputar asi atau kesehatan anak lewat internet. Busui zaman now mah paling akrab lah sama Google, dkk. Tapi kalau cari informasi di Internet, kita nggak bisa asal telen mentah-mentah semua informasi yang didapat. Harus banget kroscek dulu, apakah sumbernya terpercaya dan informasinya valid, dll.


Saya paham banget deh kalau saat hamil atau menyusui, banyak perubahan yang dialami. Bukan cuma fisik, tapi juga perubahan suasana hati akibat hormonal.

Ibu hamil atau ibu menyusui butuh banget support system dari semua golongan,  khususnya sesama ibu. 

Ibu menyusui wajib bahagia,  nggak boleh galau, banyak pikiran apalagi sampe stress karena sangat-sangat mempengaruhi produksi asi. 
Kalau selama 2 minggu berturut-turut produksi asi menurun pada masa anak asi eksklusif atau usia anak nggak lebih dari 4 bulan, maka ibu menyusui harus melakukan relaktasi. Caranya gimana? Bisa baca ini.

Selain wajib bahagia, nutrisi ibu menyusui juga harus benar-benar terpenuhi. Ya iya sih, zat gizi yang kita makan pasti kebawa asi, otomatis kita harus selalu isi ulang zat gizi yang keluar untuk mencukupi asupan nutrisi. Salah satu zat gizi yang wajib dikonsumsi ibu menyusui adalah kalsium biar nggak kena osteoporosis di usia muda.

Kalsium bisa didapatkan dari ikan, sayuran, buah-buahan, protein nabati atau susu. 
Yes, menyusui itu berat karena butuh perjuangan dan tantangan, tapi semua ibu pasti kuat.


Salam,

5 komentar

  1. setujuu klo menyusui itu berat.. tapi menyusui itu bikin nagih mba :D

    BalasHapus
  2. Selama menyusui dari pada minum yang aneh aneh lebih baik minum Amun ya mum, Kandungannya baik untuk ASI

    BalasHapus
  3. Ya ampun mba, saya jadi ikutan rasain sakitnya, harus nyusuin 1 PD pula.
    Saya aja kadang lupa ganti sebelah PD rasanya perih gitu kalau kelamaan nyusuin.

    Si bayi saya juga udah mulai tumbuh gigi nih, dan sering gak sengaja gigit.
    Cuman saya selalu teriak-teriak kaget kesakitan, jadi dia tau gak boleh digigit.
    Kasian juga sih dia jadi kaget, tapi emaknya emang gak kuat sakit hahaha.

    BalasHapus
  4. Waah mbak icha enak nih baca tulisannya, soalnya aku juga pernah ngalamin ini. Asi ekslusif sampai Akhdan hampir 3 tahun dan drama puting lecet emang udah jadi makanan sehari2 waktu itu. Sampe badan meriang ya.. buy aku setuju "menyusui itu berat, semua ibu pasti kuat"..

    BalasHapus
  5. Kalsium penting banget dikonsumsi busui karena diseral bayi juga kan, ya.

    BalasHapus

Welcome to my second home, dan terima kasih sudah mampir ke rumah.