Belajar SEO Offline di Mandiri Inkubator Bisnis


Jujur, meski ngeblog dari 2014, tapi saya tau tentang SEO itu kurang lebih dari setahun yang lalu, haha

Ya gimana nggak baru tau, saya gabung komunitas blogger aja baru setahun. Jadi, saya bener-bener baru tau apa itu SEO, monetize blog, DA/PA, Google Analytics, Event Blogger, dll semenjak gabung beberapa komunitas blogger.

Dulu sih ngeblog ya cuma sebagai media buat melampiaskan hobi nulis aja. Jadi boro-boro ngerti begituan, bahkan dulu aja nggak tau kalau ternyata ada yang namanya komunitas untuk blogger. Pokoknya dulu itu judulnya serba nggak tau. Dulu taunya cuma nulis, publish lalu share.


Setelah akhir tahun 2016 memutuskan untuk gabung komunitas blogger, MasyaAllah ternyata banyak banget ilmu yang saya dapet. Ilmu yang bener-bener bermanfaat yang akhirnya saya sampai berada di titik ini. Qodarullah, kalau setahun yang lalu saya nggak nemu banner salah satu komunitas blogger pas lagi browsing sesuatu,  mungkin saya nggak lagi nulis ini.

Btw ngomongin SEO, ceritanya tanggal 7 Agustus kemarin untuk pertama kalinya saya belajar SEO Offline yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri dan Medialogy yang bertempat di Mandiri Inkubator Bisnis, Jakarta.  Iya perdana, karena sebelumnya saya baru sempet belajar SEO online. Belajar SEO offline ternyata lebih greget ya daripada belajar online karena kita bisa langsung sambil praktek.

Sebelum mulai sesi SEO, acara dibuka oleh MC Angie Marsha dan dilanjutkan sambutan oleh Maristella Triharyanti, Assistant Vice President Corporate Communication Bank Mandiri. Setelah itu, lanjut Speaker Mandiri Online Fushiko Binar Ardani selaku Transaction Banking Retail Sales. Fushiko Binar Ardani menjelaskan panjang lebar tentang apa itu Mandiri Online beserta keunggulannya.

Namanya cantik ya Fushiko. Orangnya juga cantik sih, lucu pula.

Btw udah ada pada tahu mandiri online? Atau udah pada pake? Jujur, kalau saya baru tau setelah dikasih tau pas acara, haha

Jadi mandiri online adalah layanan integrasi berbasis aplikasi dari mandiri internet dan mandiri mobile dengan tampilan wajah baru. Dengan mandiri online, cukup satu akses untuk mempermudah transaksi dengan fitur yang lengkap. Kalau nasabah mandiri pasti udah temenan banget nih sama mandiri internet banking atau mandiri mobile banking. Nah, sekarang semuanya diganti jadi mandiri online dengan fitur yang serba baru dan pastinya serba bisa.

Coba cek di Google Play atau Apps Store, kalau ketik mandiri internet atau mandiri mobile pasti langsung diarahkan ke mandiri online karena yang lama memang memang udah nggak available.




Nah terus, apa sih keunggulan dari mandiri online?
  • Cukup Satu Akses dengan satu User ID dan Password untuk seluruh layanan mandiri online, baik App maupun Web.
  • Transaksi online lebih mudah karena bisa melakukan transaksi finansial di mana pun dan kapan pun. Dari bayar listrik, tagihan kartu kredit, beli pulsa maupun bayar angsuran cukup dengan satu aplikasi. 
  • Fitur Lengkap seperti cek saldo seluruh produk perbankan yang dimiliki, info mutasi dan aktivitas finansial, transfer, bayar, beli, top up e-cash, top ep e-money, dll.
  • Aman, karena nasabah bisa milih cara approval untuk keamanan transaksi dengan token atau melalui aplikasi. Yang terpenting, pastikan nomor HP sudah terdaftar di cabang untuk dapat menggunakan layanan ini.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Mandiri Online ini, hubungi mandiri call 14000 atau kunjungi Cabang Bank Mandiri terdekat, ya.

Setelah beres menjelaskan produk baru dari Bank Mandiri ini, mulailah sesi SEO yang materinya dibawakan oleh Rendy Doroii Herison atau yang biasa dipanggil dengan nama Doroii

Rendy Doroii Herison 

Para blogger pasti udah tau kan, kenapa sih seorang blogger itu harus paham SEO? Apa sih manfaat SEO, dll? Sebenarnya sih kalau dicek based Google Analytics, statistik blog saya lebih gede yang organic search daripada yang direct, referral maupun social. Karena Alhamdulillahnya, ada beberapa artikel organik evergreen yang setiap hari selalu dicari dan masuk ke traffic blog. Yaah, meski tiap bulan PV selalu naik karena kebantu artikel yang masuk page one, tapi tetep aja belum menguasai SEO dengan benar. Makanya happy banget pas dapet kesempatan belajar SEO online bareng suhunya.

Menurut Mas Doroii, trik SEO itu banyak macamnya. Dari satu orang dengan orang lain itu pasti beda teorinya. Jadi sebenernya simpel kalau mau belajar SEO, tinggal terapin aja trik SEO yang dirasa paling mudah.

Ternyata trik SEO yang diajar Mas Doroii udah saya terapin. Dan emang triknya paling mudah, mendasar tapi berhasil kalau nerapinnya dengan serius. Karena Mas Doroii pakenya WP, jadi nyaranin para pengguna WP untuk plug in Yoast SEO, karena menurutnya Yoast SEO itu membantu banget.

Selain plug in Yoast SEO,  trik selanjutnya adalah nyelipin keyword di judul, permalink, meta deskripsi, heading 1 dan 2. Kalau saya sering banget nih nemu tulisan blogger yang permalinknya atau URL blogpostnya kepotong karena judulnya kepanjangan. Padahal harusnya sebelum publish, permalink atau URL tulisan harus diedit dulu biar nggak kepotong. Untuk permalink sebenernya nggak perlu sama banget kaya judul, yang penting mengandung keyword, menjual dan menarik untuk diklik.

Oh iya, satu lagi hal yang nggak boleh dilewatkan dalam menerapkan SEO menurut Mas Doroii, yaitu memasukkan internal link atau inbound link ke tulisan kita. Kalau bisa sih internal linknya  yang relevan dengan bahasan tulisan yang baru kita buat.

Gampang ya ternyata. Intinya kalau kita konsisten, rajin dan serius buat nerapin SEO, pasti deh ada artikel yang nyangkut di page one. Tapi inget ya, tulislah artikel SEO friendly yang evergreen alias bahasannya tak lekang oleh waktu, jadi bisa dibutuhkan dan dicari kapan saja. Selain itu, pinter-pinter juga cari celah, apakah supply dan demandnya seimbang? Kalau nggak seimbang, misal peminatnya dikit tapi suppliernya  banyak ya percuma juga masuk page one karena nggak ada traffic yang masuk.

Btw nih, buat kalian yang jago SEO, coba ikutan Lomba Blog SEO yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri. Hadiahnya banyak dan bikin ngiler. Ada laptop, mirrorless, handphone, dll.

Caranya gimana? Bisa cek informasi lengkapnya di sini

Selamat ikutan lomba dan semoga berhasil.

Salam, 

2 comments

  1. baru tau tentang mandiri online yang terintegrasi Mba, karena aku masih pakai mobile apps nih :D
    Btw tips SEO nya bener banget tuh aku suka lupa kepotong judulnya kan sayang jadi nggak optimal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos, kita sama-sama baru tau :D

      Nah, iya tuh mba. Kadang kalau ga terbiasa suka lupa buat edit permalink dulu.

      Delete

Welcome to my daily life as full time mom and part time blogger dan terima kasih sudah mampir ke rumah.