5 Kuliner yang Mungkin Cuma Bisa Kamu Temukan Saat Wisata di Semarang

Semarang dan kuliner adalah dua hal yang tidak bisa dilepaskan satu sama lain. Ibukota provinsi Jawa Tengah tersebut memang sering menjadi buruan traveler yang doyan makan. Bukan hanya karena tempat wisata di Semarang yang menarik perhatian, kuliner lumpianya juga legendaris dan kota ini punya segudang katalog kuliner yang sangat lengkap.
Buat kamu yang doyan makan, Semarang bisa jadi kota tempat kamu mengeksplorasi cita rasa makanan asal Jawa Tengah. Jadi siapkan perut kamu sambil cek ketersediaan cuti atau liburan long weekend berikutnya tahun ini. Simak lima kuliner Semarang wajib cicip, dijamin bakal ketagihan dan tidak sabar kembali menjelajah tempat wisata di Semarang untuk kedua, ketiga, atau keempat kalinya!

Hulk Burger
sumber:travel today Indonesia.com

Secara nama, burger ini memang bikin penasaran. Bayangannya, setangkup burger dengan tampilan berotot, mirip dengan superherol dari Marvel Universe tersebut. Tapi ternyata Hulk Burger ini mirip dari rotinya saja yang berwarna hijau. Begitu dibuka, di dalamnya terdapat daging sapi yang dipadu bareng keju mozzarella. Untuk menemukan Hulk Burger, kamu bisa pergi ke Boom Burger, Jalan Erlangga Barat I/8. Selain Hulk Burger, kamu bisa juga mencoba menu Patrick Star Burger atau Batman Burger, masing-masing dengan warna roti yang menarik.

Ganjel Rel

sumber:@sulistiantost

Ganjel rel, secara umum diartikan sebagai bantalan rel. Lho, jadi kita akan makan bantalan rel kereta api? Yup, di Semarang ada roti yang unik dengan nama Ganjel Rel ini. Penyebabnya, roti ini punya tekstur padat, serta warna dan bentuk yang mirip dengan bantalan rel kereta api dari kayu. Tapi jangan bayangkan rasanya seperti kayu. Rasa rotinya manis karena dibuat dengan bahan gula aren. Selain itu ada taburan wijen yang membuat roti ini berasa gurih. Kamu bisa menikmati roti sambil lihat-lihat tiket wisata di traveloka.com, siapa tahu ada yang lagi promo.

Mie Kopyok

sumber:bello.id
Mie kuah dengan kaldu yang menggoda selera. Biasanya banyak dijual oleh pedagang keliling di kota Semarang. Mie kopyok diperkaya dengan lomi dan tauge, dinikmati bareng potongan lontong dan taburan kerupuk gendar. Saat berkeliling kota dari satu tempat wisata di Semarang ke lainnya dan melihat gerobak mie kopyok, jangan lupa untuk mencicipi sepiring dua piring ya.

Iwak Manuk

sumber: @venturakulinersmg
Lupakan ayam goreng atau burung puyuh goreng saat melihat-lihat tempat wisata di Semarang. Temukan keunikan kuliner Semarang di Iwak Manuk. Warung makan ini menyediakan menu-menu dari burung, seperti blekok, kuntul, hingga belibis. Wah, patut dicoba, nih!

Tahu Gimbal

sumber:makananenaksemarang.blogspot.comj 
Gimbal nggak hanya tentang musik reggae. Di Semarang ada kuliner bernama Tahu Gimbal dengan rasanya yang lezat. Sekilas Tahu Gimbal mirip dengan Ketoprak. Keunikan ada pada Gimbal, yang merupakan udang goreng tepung, melengkapi tahu dan kol sebagai taburannya.
Catat kuliner unik ini dan jangan lupa saat rencana melihat tempatwisata di Semarang terwujud ya!

Salam,

2 comments

  1. Wah unik-unik semua. Nggak ada di Jambi nih. Ntar kalau dikasih kesempatan ke Semarang cobain, ah. Sebelumnya cuma tahu lumpia doang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya mba. Jangan lupa cobain nanti

      Delete

Welcome to my daily life as full time mom and part time blogger dan terima kasih sudah mampir ke rumah.