4 Hal yang Bisa Ibu Ajarkan untuk Anak Usia di Bawah 2 Tahun



Punya anak usia 2 tahun rasanya campur aduk. Ada speechless karena nggak nyangka di usia 26 tahun udah punya anak. Ada rasa seneng karena anak tumbuh dan berkembang dengan sehat dan optimal. Ada rasa haru karena udah jadi ibu selama 2 tahun. Ada rasa khawatir dan cemas karena perjalanan untuk mendidik anak menjadi orang yang bermanfaat masih panjaaaang banget. Masih banyak PR yang harus saya dan suami kerjakan dan jalani buat membentuk anak menjadi pribadi yang lurus jalannya.
Selama 2 tahun ini, perkembangan Sultan Alhamdulillah optimal. Dari bisa tengkurep, duduk, merangkap, jalan, dll selalu pas dengan usianya. Kecuali bicara, karena Sultan bener-bener baru bisa ngikutin apa yang ibunya bilang itu pas di usia 2 tahun ini. Sebelumnya kalau disuruh ngikutin apa yang saya ucap dia diem aja gitu, kaya antara nggak bisa sama nggak mau. Susah banget. Dia cuma bisa bilang meong, minum sama wah (pesawat), sisanya masih bubbling. Cerewet ngajak ngomong mulu tapi nggak jelas artinya.

Untuk pertumbuhannya juga Alhamdulillah antara BB/usia, BB/TB sama TB/usia semuanya normal meski BB nya nggak gede. Wajar aja sih, badan ibunya juga nggak gede, hehe

Baca juga : Buku KIA untuk Kesehatan Ibu dan Anak

Pertumbuhan dan perkembangan anak emang nggak bisa dipukul rata. Meski usianya sama, untuk tumbuh kembangnya nggak harus sama. Hal kaya gitu nyata banget sih adanya, persis ketika anak tetangga yang usianya sebulan di bawah Sultan udah bisa ngomong ini itu tapi Sultan baru bisa 3 kata. Karena pesatnya tumbuh kembang anak bukan ajang perlombaan, siapa yang bisa duluan dia yang menang.


Btw sebelum anak usia 2 tahun, ada beberapa hal yang bisa diajarkan ke anak, loh. Hal-hal tersebut timing nya emang pas diajarkan saat usia di bawah 2 tahun karena anak udah ngerti diajak komunikasi meski ada yang belum bisa jawab.

Ada beberapa hal yang saya ajarkan ke Sultan saat usianya belum 2 tahun.

  1. Toilet Training
Idealnya TT itu usia 18-36 bulan, karena usia segitu frekuensi pipisnya udah jarang dan udah teratur. Usia segitu anak juga udah ngerti apa yang diucapkan orang. Jadi lebih gampang diarahkan ketika diajak ngobrol.

2. Keluar rumah pake sendal
Yes, ini sepele ya. Tapi asal tau aja, sepele begini cukup berdampak positif buat kedepannya. Di usia 20 bulan, saya selalu sounding ke Sultan buat pake sendal kalau keluar rumah. Awalnya dengan cara saya pakein dulu tiap dia mau main keluar sambil sounding buat selalu pake sendal kalau keluar rumah.

Setelah sounding dan selalu ngingetin buat pake sendal tiap keluar, Alhamdulillah sekarang Sultan kalau mau main di luar dia ambil sendalnya dulu terus dipake.

Di awal-awal Sultan buka sendalnya pas udah masuk rumah karena saya nggak sekalian ngajarin buat lepas sendal pas mau masuk. Jadi jangan lupa buat ngajarin lepas sendal kalau masuk ke rumah.

Btw kenapa berdampak positif? Karena anaknya saudara yang usia 1 bulan di atas Sultan, kalau keluar nggak pernah mau pake sandal sampai sekarang karena nggak betah. Alasannya denger-denger karena nggak dibiasain buat pake sendal tadinya. Padahal usia anak segitu lagi demen-demennya main di luar, kalau terbiasa nggak pake sandal khawatir kena telur cacing yang bisa bikin anak cacingan nantinya.

3. Makan sendiri
Usia 18 bulan ke atas anak udah bisa loh makan sendiri pake sendok. Jadi coba deh biarin anak makan sendiri sarapan atau makan siangnya.

Untuk pertamakali jangan langsung ditinggal, tapi arahkan gimana cara nyendok makanan yang bener, karena biasanya anak lebih dulu jago masukkin makanan ke mulutnya pake sendok tanpa tumpah daripada nyendok makanan dari piring.

4. Sikat gigi
Ada kah yang anaknya nggak mau sikat gigi? Jangan sampe keterusan nggak mau sikat gigi sampe gede.

Anak usia di bawah 2 tahun udah bisa diajarin buat sikat gigi. Sultan dulu paling susah kalau disuruh sikat gigi, tapi tiap hari saya sengaja sikat gigi depan dia sambil suruh dia pegang sikat giginya. Lama-lama dia kepo dan pengen coba. Dan Alhamdulillah sampai sekarang dia udah bisa sikat gigi sendiri, bahkan tiap mandi dia yang minta sikat gigi dulu sebelum ditawarin.

Itu 4 hal yang saya ajar ke Sultan sebelum usia 2 tahun. Sekarang anaknya udah 2 tahun dan udah bisa ngikutin apa yang ibunya bilang. Tinggal fokus ngajarin kosa kata yang lebih sulit dan bersambung.
Btw ada yang anaknya berusia di bawah 2 tahun? Hal apa aja nih mom yang udah diajarin?


Salam,

4 comments

  1. Poin empat paling susah, bun. anak saya umurnya 16 bulan, kalau diajarin sikat gigi mingkem semingkem-mingkemnya. Kalau dia pegang sendiri malah dijilat tuh sikat gigi >,< mamak kudu sabar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan, awal2 juga gitu masih susah meski udah dikasih contoh, dll. Lama2 nanti dia pasti kepo dan pengen coba. Mamak memang kudu sabar :D

      Delete
  2. Yg sikat gigi, anakku yg bungsu paling cerewet. Dibanding kakanya, dia paling suka gosok gigi hahaha.. Jd kalo blm gosok gigi pasti lgs narikin aku ke toilet. :D. Seneng juga sih supaya giginya ttp bagus nantinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha saking sukanya gosok gigi, kadang anakku mah pengen lebih dari sekali nyikat giginya, mba.

      Iya mba, kalau dari kecil suka sikat gigi, InsyaAllah pas toddler jadi tambah rajin karena udah terbiasa

      Delete

Welcome to my daily life as full time mom and part time blogger dan terima kasih sudah mampir ke rumah.