Mengawali Hari Baik dengan Sarapan Sehat


Assalamu'alaikum, ibu-ibu.

Siapa hayo yang suka skip sarapan? Samaan banget, nih. Saya juga ya ampun sering skip sarapan. Ya gimana,  ya. Kalau nggak laper banget tuh suka males sarapan, pengennya sekalian saat makan siang nanti. 

Padahal sekadar ibu rumah tangga macem saya ini juga wajib sarapan,  karena IRT juga nggak kalah padat aktivitasnya. Apalagi ibu rumah tangga yang punya anak kecil. Duh, ternyata harus banget sarapan sehat di pagi hari biar aktivitas di rumah dilalui tanpa kendala sepanjang hari.

Tapi memang, jalani aktivitas yang dimulai dengan sarapan dan nggak sarapan tuh berasa banget sih bedanya. Kalau nyempetin sarapan dulu, tenaga berasa lebih kuat.

Pekan Sarapan Nasional 2019 dan Acara Peluncuran Kampanye Awali Hari Baik dengan Nestle

Kesadaran saya akan pentingnya sarapan masih minim banget. Makanya beruntung saya bisa hadir di acara Peluncuran Kampanye Awali Hari Baik dengan Nestle Indonesia pada tanggal 17 Februari 2019 kemarin di Taman Menteng, Jakarta Pusat dalam rangka memperingati Pekan Sarapan Nasional 2019.

Tuh kan, sarapan aja ada peringatannya yang tiap tanggal 14-20 Februari selalu  diperingati sebagai Pekan Sarapan Nasional.

Sejalan dengan visi misi Nestle Indonesia. Debora R. Tjandrakusuma selaku Direktur Nestle Indonesia menjelaskan "tahun ini keempat kalinya Nestle Indonesia ikut serta mendukung Pekan Sarapan Nasional 2019 dan ini merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk secara berkelanjutan berperan aktif dalam meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan pemahaman masyarakat akan pentingnya kebiasaan mengonsumsi makanan bergizi baik yang disertai dengan gaya hidup aktif dan sehat".

Nah, di acara tersebut, Nestle Indonesia memperkenalkan prinsip ABC (Atur-Baca-Cukupi) sebagai tolok ukur memilih sarapan yang bergizi dan sehat namun praktis untuk masyarakat Indonesia.

Atur porsi untuk memastikan jumlah asupan makanan cukup, tidak kurang tidak lebih sesuai dengan kalori yang dibutuhkan.


Porsi anak dan dewasa berbeda, ya. Jadi sesuaikan dengan kebutuhannya. 

Baca label kemasan makanan untuk memperhatikan kandungan gizi dan cara penyajian, dan menikmati manfaat produk secara maksimal.


Contoh label dalam kemasan makanan

Cukupi asupan gizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan mengonsumsi beragam jenis makanan. 

Menurut Eka Hardiana selaku Corporate Nutritionist Nestle Indonesia "melalui penyampaian yang sederhana, masyarakat diharapkan dapat lebih cermat dalam mengonsumsi sarapan yang tidak hanya lezat, tapi juga memiliki nilai gizi yang seimbang sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi hariannya dengan baik". 


Jujur, saya baru tau prinsip ABC ini saat acara kemarin. Sebelumnya mah sarapan ya sarapan aja. Kalau udah abis makanannya ya selesai meski belum kenyang, padahal belum tentu kebutuhan kalorinya tercukupi. Sarapannya juga asal aja yang penting perut ke-isi, padahal sarapan juga harus sehat dan bergizi karena demi kelangsungan aktivitas serta kesehatan masyarakat Indonesia di kemudian hari. 



Nestle Indonesia gencar mengedukasi seputar sarapan bergizi seimbang karena sarapan memenuhi 15-30% kebutuhan gizi harian. Dan ternyata, 76% orang Indonesia yang sarapan di pagi hari mengaku belum mengonsumsi menu makanan bergizi seimbang. Ya ampun, berarti saya salah satu masyarakat Indonesia yang termasuk 76%, huhu.

Acara peluncuran Kampanye Awali Hari Baik dengan Nestle kemarin juga diisi dengan acara olahraga seperti Zumba dan Poco-Poco, dilanjut dengan sesi talkshow bareng pasangan selebriti Riafinola Ifani Sari (Nola Be3) dan suami Baldy Mulya Putra beserta keluarga. Ada juga sesi aktivitas menyiapkan sarapan sehat bersama.


Nola B3 dan keluarga 





Booth sarapan Nestle 


Senam zumba dan poco-poco

Btw kalau ibu-ibu pengen bikin bubur ayam buat sarapan tapi males bikin buburnya karena butuh waktu yang lama. Coba ganti buburnya dengan Bubur Sereal Nestum Original. Tinggal kasih kaldu kuah hangat, aduk-aduk, lalu kasih topping sesuai selera, seperti kreasi sarapan sehat buatan saya kemarin. Rasanya enak, nggak kalah sama bubur ayam biasa.


Bubur ayam Nestum, kreasi sarapan sehat saya di acara kemarin 

Oh iya, Nestum ini salah satu produk Nestle Indonesia yang cocok buat sarapan. Selain itu, produk-produk Nestle Indonesia juga ada Dancow, Nescafe, Milo, Lactogrow, Kitkat, Bearbrand, juga Koko Krunch.

Kampanye Awali Hari Baik dengan Nestle ini nggak cuma dilaksanakan di Jakarta saja. Tapi juga di delapan kota besar di Indonesia seperti Makassar, Balikpapan, Palembang, Medan, Bandung, Bitung, Jogjakarta, dan Surabaya. Acara ini juga berlangsung sampai tanggal 31 Maret 2019 mendatang. Coba cek link Sahabat Nestle ini untuk tau daftar kota dan tanggalnya.

Jadi, selalu awali hari baik dengan sarapan sehat. Dan ingat! sarapan itu dimakan, bukan diminum, hehe. 

Salam, 

50 comments

  1. Kalau saya lebih suka yang Nestum varian susunya, tinggal ditambahkan potongan buah segar. Energinya dapat dan sehatnya pun dapat.

    ReplyDelete
  2. Aku nih mbak suka skip sarapan gara2 sibuk nyiapin sarapan. Hehehe 😁

    Nanti aku mau stok nestle ah udah lama gak sarapan sehat dan praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, ya ampun sama banget nih. Nyiapin sarapan yang ribet akhirnya yg bikin ga sarapan karena lanjut nyuapin anak, abis itu mandiin, dll.

      Delete
  3. Sarapan dengan nestum sangat membantu kita dalam meningkatkan kualitas produktivitas, daya tangkap cepat gak lemot .

    ReplyDelete
  4. saya suka sama nestum bubur sereal :D kalau anak-anak suka yang ada rasanya yang pisang susu. Andalan saya kalau lagi kesiangan bangunnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, mba. Andalan banget nih buat buibu yang #antiribetclub hihi

      Delete
  5. Waah nambah lagi referensi sarapan simple n sehat yg dibutuhjan emak emak berbayi macam saya 😂😂

    ReplyDelete
  6. Wuaaa.. saya ngacung jugak ni. Kalau sarapan asal kenyang aja huhuhu. Makasij mba informasinya bermanfaat banget, jadi harus well prepare untuk sarapan tiap pagi.

    ReplyDelete
  7. Dan aku galfok sama buryam Nestumnya..duh
    Oke keep noted ABC Atur-Baca-Cukupi. Memang kadang cuma sekedar kenyang pas sarapan enggak mikirin tercukupinya nutrisi Hiks.
    Keren memang kampanye Awali Hari Baik Nestle ini.!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, yang penting kenyang aja. Padahal nggak bisa gitu, sarapan pun harus bergizi.

      Delete
  8. Saya selalu mengawali hari dengan sarapan. Begitu juga anak-anak. Biar pas beraktifitas selalu fit dan tak mudah lelah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaah, Alhamdulillah kalau udah terbiasa mba.

      Delete
  9. Selalu awali pagi dengan senyum dan sarapan. Jangan sampai bad mood di waktu pagi hanya gegara lapar. hehehe.. Bad mood jadinya no smile. Kalo udah gitu, bakalan deh seharian ga enak mood, kerja malas-malasan juga..

    ReplyDelete
  10. Harus awali hari baik dgn sarapan sehat ya mbak Icha agar aktivitas apalun yg dijalankan bisa lancar. Krn saya pernah gak sarapan, rasanya gk nyaman banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba. Beda banget kan antara sarapan dan nggak sarapan

      Delete
  11. Kalo aku emang udah kebiasaan musti sarapan soalnya gak tau deh ya berasa laper aja gt... hihi... dan aku galfoo sama bubur Nestumnya, pengen juga aah coba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, enak nih kalau udah terbiasa untuk sarapan. Tinggal ganti deh dengan sarapan yg lebih sehat.

      Delete
  12. Aku jadi inget iklannya Nestum di tv "Sarapan dimakan bukan diminum" seru ini ya acara mbak Icha, apalagi ada olah raga bersama dan bisa membuar kreasi sarapan sesuai dengan kesukaan. Jadi pengen nyobain si Nestum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, iya mba seru. Nggak berasa tau-tau udah beres aja

      Delete
  13. Seneng banget bisa ketemu mba icha kemarin, sudah sekian purnama ya kita tak berjumpa mba. Sekarang aku lagi mulai evaluasi menu sarapan ku nih mba icha, buang yg jelek2 nya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Glad to meet u too, mba. Iya nih, aku udah ga bisa ikut event secara bebas kaya dulu lagi.

      Sama mba, aku juga jadi mengevaluasi nih buat sarapan sehat setiap hari

      Delete
  14. Baru tahu nih kalau nestum bisa dibikin bubur asin. Selama ini selalu mikirnya kayak sereal biasa aja pakai susu. Wah, jadi banyak ide yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, awalnya aku juga gitu. Tapi ternyata bisa dibikin apa aja.

      Delete
  15. Kalo aku tim yg anti skip sarapan. Tapi sarapannya bukan makanan berat, paling buah, jus, atau jajan pasar. Kalo nggak sarapan bisa cranky. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaah, bener nih. Kalau udah biasa sarapan ga bisa ya jadinya skip sarapan

      Delete
  16. Cocok banget nih kalo nggak sempet sarapan dan males bikin yg ribet2 hehe. Enak ya kayak buryam yummmm

    ReplyDelete
  17. Si nestum ini aku beberapa kali nyoba. Sukses dengan yang rasa coklat aja sih, enak dan simpel bikinnya ya. Kalau keluar kota nestum jadi bawaan wajib, hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya bener mba, kalau ke luar kota wajib banget bawa sarapan yang praktis tapi sehat

      Delete
  18. Nestum jadi andalan sarapanku sama anak-anak. Praktis dan sehat pastinya.

    ReplyDelete
  19. Bener ya sarapan itu pnting bngt dan tentunya yg bergizi biar fokus dan bikin mood jd baik

    ReplyDelete
  20. Nestum tuh emang enak banget yaa.. gak si bayi, ga bapaknya, doyan banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba. Awalnya aku pikir cuna enak dijadiin bubur manis aja, tapi ternyata dibikin bubur ayam juga nggak kalah enak.

      Delete
  21. Kalau saya termasuk yang jarang skip sarapan, mbak. Tapi sarapannya kalau nggak nasi ya bubur. Belum pernah sarapan cereal kayak gini. Kayaknya praktis ya kalau pakai nestum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, sama atuh mba. Kalau ga bubur ayam ya nasi goreng.
      Kalau lagi repot buat nyiapin sarapan, pilih sereal gini udahlah pilihan tepat banget.

      Delete
  22. Aku ketagihan sarapan pakai Nestum dicampur milo. enaaak Dan gampang buatnya. Hohoho...
    Seru yaa Awali Hari Baik dengan Nestle, dari olahraga sampai sarapan bergizi bareng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk kemarin aku abis bikin itu. Apalagi kalau ditambah topping buah-buahan, pasti nambah enak.

      Delete
  23. Awalnya aku termasuk yang jarang bahkan gapernah sarapan mba icha
    Tp setelah tau pentingnya sarapan aku mulai ngebiasain diri buat sarapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama berarti kita mba, wkwkwk.

      Sekarang mah udah sadar ya mba, jadi wajib sarapan sehat dulu.

      Delete
  24. Saya dulu suka skip sarapan, lalu ketika kerjaan sedang padet”nya... lupa sarapan dan banyak pikiran, ber-end-ing dengan kena sakit maag. Dari situ kapok skip sarapan

    ReplyDelete
  25. Karena sibuk, saya sering banget nih ketinggalan sarapan. Tapi setelah punya si kecil Azzam, mulai merubah pola hidup dan membiasakan sarapan.

    ReplyDelete
  26. Buat anak sih ga pernah skip sarapan.
    Buat emak kadang-kadang. :))

    ReplyDelete
  27. meskipun sempet diguyur hujan, alhamdulilah acaranya berjalan dengan lancar ya mba. seneng banget bisa ketemu mba icha lagi deh :D

    ReplyDelete

Welcome to my daily life as full time mom and part time blogger dan terima kasih sudah mampir ke rumah.