Fakta Masjid Tiban Turen Malang


Bismillah. 

Assalamu'alaikum. Apa kabar? 

Kalau kalian pernah dengar ada masjid ajaib yang dibangun hanya dengan semalam oleh pasukan Jin, maka masjid tersebut adalah Masjid Tiban Turen yang berlokasi di Jl. Kh.Wahid Hasyim, Gang Anyar Rt 27 Rw 06 Desa Sanarejo Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

Beberapa tahun yang lalu saya pun pernah dengar rumor tersebut bahwa Masjib Tiban hanya butuh waktu satu malam untuk dibangun yang konon dibangun oleh pasukan Jin. Makanya kenapa masjid tersebut dinamakan Masjid Tiban, karena tiba-tiba ada di pagi hari seakan jatuh dari langit. Tiban berasal dari kata "tiba" bahasa Jawa yang berarti jatuh.


Image source: ilovemalang.net

Fakta-Fakta Masjid Tiban Turen Malang

Dibangun oleh Santri dan Jama'ah 
Awalnya antara percaya dan nggak percaya. Namun setelah diklarifikasi oleh pihak setempat, ternyata informasi tersebut adalah mitos. Karena kenyataannya, Masjid Tiban dibangun oleh para santri dan jama'ah  sekitar selama bertahun-tahun. Bahkan bangunan tersebut pertama kali mulai dibangun pada tahun 1978 oleh Kiyai Haji Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam. 


Image source: triowisata.com
Masjid Tiban Adalah Pondok Pesantren 
Saya kira Masjid Tiban ini adalah sebuah masjid seperti pada umumnya yang dipakai untuk beribadah bagi masyarakat. Tapi ternyata, Masjid Tiban merupakan Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah. 

Bangunan Terdiri dari 10 lantai 
Masjid Tiban Turen Malang memang terdiri dari 10 lantai, namun 10 lantai tersebut bukan semuanya area masjid. Tiap lantainya memiliki tempat khusus sendiri, seperti tempat untuk kegiatan para santri, dijadikan kios-kios untuk usaha santri, ruang perpustakaan sampai ruang keluarga.

Desain Masjid Berdasarkan Hasil Sholat Istikhoroh
Arsitektur Masjid Tiban yang desainnya perpaduan antara Timur Tengah, China dan Eropa yang didominasi warna biru dan putih serta dilengkapi dengan ornamen serta kaligrafi tersebut ternyata bukan karya dari seorang arsitek. Melainkan petunjuk dari sholat Istikhoroh sang Kiyai. 


Image source: merdeka.com
Unik, ya? Jujur, saya belum pernah ke sana. Cuma sering cari tau dan baca aja karena penasaran, hihi. Tapi suatu saat nanti saya berharap bisa main-main ke sana, huhu. 

Nah, karena Masjid Tiban ini merupakan Pondok Pesantren, maka kalau berkunjung wajib berpakaian sopan, ya. Untuk masuknya nggak dipungut biaya alias free, asal harus menjaga tingkah laku, menjaga  lingkungan sekitar untuk tidak buang sampah sembarangan, dll. Bagaimanapun Masjid Tiban Turen tersebut bisa loh dijadikan warisan budaya Islam.

Kalau kamu berniat main-main ke Malang serta mampir ke Masjid Tuban dan cari hotel di Malang untuk penginapannya, coba cek Pegipegi.

Fitur-fiturnya tuh gampang digunakan oleh new user, nggak pake bingung. Suami pertama kalinya booking hotel di Pegipegi pun langsung suka, karena selain harganya variatif, banyak juga pilihan hotel/penginapannya. Meski dibuka via web, loadingnya cepet. Jadi nggak perlu download aplikasinya bagi yang tidak memungkinkan tunjuk downloadLow budget? Banyak hotel murah di Pegipegi. Apalagi sekarang hotel di Malang lagi pada diskon. 

Jadi, Pegipegi, yuk! 

Salam, 

41 comments

  1. Ak baru saja kesana sekitar tiga minggu yang lalu.. Takjub dengan yang bangun, desainya dalam masjid pun tak kalah cantik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, MasyaAllah mba. Aku baru liat gambarnya aja takjub. Bagus banget kan.

      Delete
  2. Baru tau juga aku mbak, kirain beneran dibangun oleh jin, hihi ada-ada aja ya mitos. Mungkin karena keunikan arsitektur nya di zaman dulu kalinya jadi keliatan waaww.. kalo dibangun sama jin biasanya bahan bakunya batu kaya candi hihi ..
    PenasaranP enasar bisa berkunjung kesana ahh , aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, iya ya kaya candi borobudur harusnya kalau dibangun sama Jin, hihi.

      Delete
  3. Desain nya bagus banget ya... Dan warnanya juga cantik banget biru-biru gitu...
    Duh jadi pingin banget ke sana langsungšŸ˜„

    ReplyDelete
    Replies
    1. Desain dan perpaduan warnanya pas banget ya, mba.

      Delete
  4. Saya di Malang tapi belum pernah melipir ke sini, Mbak. Bagus banget ya ternyata. Kalau non-muslim bolehkah datang ke sini MbaK?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, iya mba.

      Kalau nggak salah boleh, mba. Asal pakaianny sopan.

      Delete
  5. bagus banget desain masjidnya..biru putih cerah..sesuai dengan warna langitnya

    ReplyDelete
  6. wihiw, cakep ya mesjid Tiban Turen Malang iniiiii. eh akupun juga suka pesen hotel via app Pegipegi. Apps booking hotel terfavorit karena suka ngasih banyak promooo. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, baguuuus.

      Sama dong kaya suami saya, mba. Sekali coba Pegipegi eh jadinya ke Pegipegi terus.

      Delete
  7. Wahh...ponpes juga. Mirip-mirip kastil ujungnya, ya. Cantiikkkk baangettt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, ini ponpes. Nggak nyangka ya, hihi.

      Delete
  8. Aku pernahmelihat liputan mengenai Masjid Tiban ini di TV, takjub juga sih mendengarnya kalau mesjid itu dibangun cuma satu hari, jadi ingat legendal Tangkupan perahu dan cerita rakyat lainnya ya.

    Ternyata mitos aja ya info mengenai pembangunan masjid dalam waktu sehari. Kapan-kapan lewat sana mau ah mampir ke masjid yang terkenal ini padahal belum lama ini baru dari Malang, tapi mungkin butuh waktu ya untuk ke sana.

    ReplyDelete
  9. masyaAlloh desainnya dari solat istikhoroh sang kyai mantab ya mba :) jadi pengen ke Malang kunjung mesjid ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba. Kalau orang yg ga tau, pasti dikiranya desain dari arsitek, ya.

      Delete
  10. Baca postingan ini jadi kangen Malang. Dulu tiap lebaran selalu mudik ke tempat nenek di Malang, kayaknya beberapa kali pernah denger soal mitos masjid Tiban ini dari nenek, kayak cerita Roro Jonggrang gitu. Baru ngerti sekarang kalau ternyata dongeng belaka, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, asyiknya selalu bisa pulang ke Malang. Di Malang kan banyak ya destinasi wisata yang bagus-bagus.

      Delete
  11. Keren deh ini.. aku blm pernah ksana. Dari bayangin fotonya udah bagus bgt. Ternyata nggak smua jadi tempat sholat ya. Lantainya cukup banyaaak itu..
    Amiin mdh2an bisa sholat di sana ya, aku pun mauu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mba. Baru liat gambarnya aja udah tau ya kalau masjidnya baguuuus.

      Delete
  12. Eyaaampun, masjidnya bagus banget. Kayak istana gitu ya. Warnanya juga cerah gitu. Anakku yang nomor 3 pasti suka deh kalo diajak ke sini. Selain emang dia suka sekali dengan bentuk2 masjid, dia juga suka arsitekur istana. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, iya mba. Unik ya desainnya. Perpaduan warnanya juga cakep.

      Delete
  13. Masjidnya bagus ya dengan menara2 menjulang warna biru . Saya juga pernah mendengar tentang kisahnya masjid itu dibangun oleh pasukan jin..

    ReplyDelete
  14. Masya Allah arsitektur masjidnya bagus banget, ternyata hasil sholat istikhoroh yaa. Baru aja tadi pagi saya ngecek Pegipegi, emang gampang sih pakainya. Fiturnya user friendly banget.

    ReplyDelete
  15. Sudah berkali-kali traveling ke Malang dan Kota Batu, duh belum sempat mampir kesini juga. Semoga next traveling bisa eksplorasi Masjid Turen ini. Seharian gitu kan asik ya...

    ReplyDelete
  16. Maasya Allah, dari mulai desain bangunan, sampai yang ngebangun nya pun atas petunjuk Allah dan oleh orang-orang yang insya allah sholeh semua. Semoga masjid ini membawa keberkahan bagi santri-satri yang tinggal di dalam nya. Ah jadi pengen berkunjung ke sana

    ReplyDelete
  17. Pernah dengar tentang Masjid Turen ini. Tapi ya denger aja, belum tahu betul penampakannya. Kalau di tenpatku memang sempat ada mushola tiban, tapi nggak tahu itu apakah mushola lama yang baru ditemukan atau gimana. Tapi memang sempat ramai didatangi orang-orang.

    ReplyDelete
  18. Desain Masjid Tiban memang unik dan bagus ya. Ternyata hasil dari sholat istikharah kyainya, kirain ada arsitek khusus.
    Salut deh, bangunan sebesar itu dibuat secara gotong royong, menunjukkan kekompakan para santrinya.

    ReplyDelete
  19. Unik banget. Biasanya kan masjid/mushola berwarna hijau, putih, atau kubahnya emas/perak. Ini biru putih. Cantik. Apalagi pas dilihat dari jauh dan ada awan. Asyik buat wisata religi

    ReplyDelete
  20. Masjidnya kok cakep banget warnanya, jadi penasaran deh kalau ke Malang pengen ke sana..unik pisan..ada 10 lantai ya..

    ReplyDelete
  21. Wah 10 lantai keren ya, jadi penasaran mau lihat langsung ke Malang. Desainnya unik dan warnanya indah banget jadi pingin berlama-lama nih kalau ada kesempatan ke sana.

    ReplyDelete
  22. Warna birunya mirip masjid di Turki, cantik. Pernah liat Masjid Tiban di acara jalan2 tv, bukan penampakan atasnya tapi seisi2nya.

    Keren pokoknya Mbak

    ReplyDelete
  23. Arsitektur Mesjidnya keren banget mba, apalagi lihat warnanya kesukaan aku banget itu.

    ReplyDelete
  24. Wa'allaikumsalam
    Masya Allah bagus banget. Kelihatan megah. Aku sudah lama banget ingin ke Masjid Tiban tapi belum pernah kesampaian. Semoga bisa ke sana dalam waktu dekat. Bisa nginep hotel pesan dari pegi-pegi. Nggak pakai ribet.

    ReplyDelete
  25. Astagaaa masjid ini bikin saya ingat teman di Makassar yang pengen banget ke sini.
    Sayangnya jauh dari Batu makanya kami urung membawanya. Semoga next bisa terwujud...

    ReplyDelete

  26. Jadi bukan dibangun oleh jin dalam satu malam ya? Soale katanya masjid jin namanya. Penasaran juga sih aku pengen ke maajid ini

    ReplyDelete
  27. sayangnya masyarakat kita kalau denger kata "tiban"pasti pikirannya langsung yang mboten-mboten. perlu diliruskan supaya nggak jadi mitos. hihihiih

    ReplyDelete

Welcome to my daily life as full time mom and part time blogger dan terima kasih sudah mampir ke rumah.