Alasan Mengapa Sarapan Itu Harus Dimakan, Bukan Diminum


Siapa yang rajin menyempatkan sarapan tiap pagi? Sarapannya berupa makanan apa minuman? Hehe.

Apa? Sarapannya cuma minum kopi atau teh? Itu sih namanya bukan sarapan, karena sarapan itu dimakan, bukan diminum.

Jadi nih ya, pada tanggal 29 Januari kemarin saya berkesempatan hadir di acara “101 NESTUM HEALTHY BOWL: Raih Hari yang Lebih Besar dengan Sarapan Lezat, Sehat, dan Praktis”.

Di acara tersebut, saya jadi tau bahwa betapa pentingnya menyempatkan sarapan di pagi hari. Selain itu, saya juga jadi tau kalau sarapan itu sama kaya makan siang atau makan malam, harus berupa makanan dan minuman, bukan makanan atau minuman saja.
Image source: Pixabay.com

Menurut Ahli Gizi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, bahwa dengan mengonsumsi makanan saat sarapan, kita bisa merasakan manfaat yang lebih, baik dari sisi fisiologis maupun psikologis dibandingkan dengan hanya mengonsumsi minuman saja.

Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes

Lanjut Dr. Rita “proses pengolahan makanan berkaitan dengan keterampilan dan kemampuan koordinasi pergerakan motorik kasar di sekitar mulut yang tidak hanya menstimulasi organ pencernaan tapi juga organ-organ lain seperti jantung yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh. Meningkatnya peredaran darah akan membuat distribusi oksigen dan zat gizi menjadi lebih baik, di mana kerja otak dan otot akan lebih optimal. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi makanan, kita tidak hanya bisa mengurangi rasa lapar, tapi juga meningkatkan kemampuan kognitif seperti daya ingat dan fokus”.

Beda dong pastinya kalau sarapan hanya dengan minuman, nggak akan ada koordinasi pergerakan motorik kasar di mulut, sehingga organ lainpun tidak terstimulasi yang akibatnya pasokan oksigen ke tubuh yang dibawa oleh sel darah merah kurang memadai, tubuh pun jadi gampang lemes dan berkurangnya konsentrasi.

Memang sih, kalau lagi nggak laper banget, rasanya males buat sarapan. Paling ujung-ujungnya cuma minum susu dan air putih. Padahal ternyata sarapan itu penting banget sebagai penunjang aktivitas biar tetap berstamina. Apalagi bagi kalian yang tiap hari harus berangkat kerja, sekolah, maupun aktivitas lainnya.

Selain males sarapan karena nggak laper, kadang juga males sarapan karena bingung mau sarapan apa. Sama nggak sih? Udah bosen sama bubur ayam, lontong sayur, nasi uduk atau nasi goreng, jadi ujung-ujungnya paling beli atau bikin gorengan. Kalau sesekali sih gapapa ya sarapan yang kurang sehat, tapi jangan tiap hari, karena ternyata sarapan juga harus makan makanan yang sehat.

Berdasarkan Pergizi Pangan Indonesia, 2013, Naskah Akademik Pekan Sarapan Nasional (Pesan) yang disampaikan oleh Ibu Eka Hardiana selaku Corporate Nutritionist Nestle Indonesia bahwa sarapan sehat adalah kegiatan makan dan minum sebelum pukul 9 pagi untuk memenuhi ¼ bagian kebutuhan gizi harian (15-30% kebutuhan gizi) sebagai salah satu pilar gizi seimbang dalam rangka mewujudkan hidup sehat, aktif, dan cerdas.

Jadi, pilih sarapan yang bukan cuma bikin kenyang, tapi juga memenuhi kebutuhan gizi harian.

Kalau bingung mau sarapan apa tapi pengen yang sehat dan harus enak, maka bisa coba Nestle Nestum.

Fyi, Nestle Nestum adalah bubur sereal multigrain pertama di Indonesia yang memiliki semua kebaikan GRAINSMARTA, yaitu perpaduan tiga jenis biji-bijian seperti gandum utuh, beras, dan jagung serta serat pangan, vitamin, dan mineral.


Nestle Nestum bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan sarapan sehat yang praktis dan enak, karena cara membuatnya super gampang. Nestle Nestum tersedia dua pilihan, yaitu Nestle Nestum Porridge dengan rasa manis dan original, serta Nestle Nestum 3-in-1 dengan rasa susu, susu dan pisang, dan susu & coklat.
Contoh menu kreasi saya saat acara, Nestle Nestum Original ditambah susu cair hangat lalu aduk dan diberi topping buah mangga, semangka, apel, dan Nestle Nestum rasa coklat. Rasanya manis dan ada sensasi crunchy dari apel dan Nestum rasa coklat yang masih utuh. 
Untuk rasa original, cukup ditambah susu manis cair hangat lalu aduk dan tambah topping sesuai selera. Untuk Nestle Nestum rasa manis dan 3-in-1, cukup ditambah air putih hangat lalu beri topping buah kesukaan. Untuk Nestle Nestum rasa original, bisa dikreasikan menjadi berbagai menu andalan. Bisa rasa manis atau gurih, seperti yang diajarkan oleh Chef Steby Rafael saat acara, Nestle Nestum original dijadikan menu bubur ayam kari, dll.
Gampang, yes! Nggak sampe lima menit, sarapan sehat dan enak sudah siap disantap. Buat ibu-ibu yang punya anak kecil seperti saya yang suka gedebag-gedebug kalau pagi, nyiapin sarapan dengan Nestle Nestum udah jadi pilihan tepat banget.
Mau coba? Nestle Nestum udah banyak tersedia di minimarket dan supermarket terdekat.

Jadi, sarapan apa kamu pagi tadi? 

Salam, 




No comments

Welcome to my daily life as full time mom and part time blogger dan terima kasih sudah mampir ke rumah.