Penyebab dan Solusi Mengatasi GTM Anak


Bismillah. Assalamualaikum. 


Ibu-ibu, saya mau nanya, deh. Ada nggak sih anaknya yang nggak pernah GTM? Semenjak dari mulai MPASI sampai sekarang usia 31 bulan, Sultan udah nggak keitung berapa kali dia GTM atau Gerakan Tutup Mulut alias mingkem kalau dikasih makan.


Pusing? Sudah pasti!

Tapi bukan ibu namanya kalau nyerah gitu aja. Ketika anak GTM, nggak lantas berenti untuk cobain makanan-makanan lain yang dia suka.

Sebenarnya penyebab GTM itu kompleks banget. Bukan cuma karena nggak suka atau bosen sama menu yang disajikan aja.

Tiap Sultan GTM, penyebabnya macem-macem. Jadi meski coba kasih menu baru pas GTM, nggak melulu dia bakal jadi mau nyantap makanannya, karena mungkin penyebabnya bukan karena nggak suka atau bosan sama menu makanannya. Bisa jadi ada penyebab lain yang bikin dia menutup mulutnya saat makan.

Berdasarkan pengalaman saya, nih. Ada beberapa penyebab Sultan GTM selain bosan atau nggak suka sama menu makanannya. 
  • Belum laper
Biasanya saya kalau nyuapin Sultan selalu barengan saat saya makan juga, biar lebih efisien gitu kan waktunya. Kalau disuapin ternyata dia nggak mau, biasanya yang saya evaluasi pertama kali adalah apakah dia baru ngemil jadi udah kenyang duluan pas jam makan. Kalau iya, saya bakal suapin lagi sekitar dua jam kemudian. Kalau benar penyebab GTM nya karena kenyang sama ngemil, biasanya pas disuapin lagi nanti dia bakal mau makan. Kalau bukan karena itu, saya coba evaluasi kemungkinan-kemungkinan lain penyebab dia GTM. 
  • Males atau bosen dengan suasananya
Iya, jadi pernah pas pulang kampung ke rumah orang tua, selama dua hari dia sama sekali nggak mau makan besar, maunya cuma snacking aja. Udah dikasih ini itu tetep nggak mau. Lalu inisiatif lah saya ngajak suami buat makan di luar. Mampir ke Burger King, dan pesan menunya. Pas disuapin ke Sultan, eh dia lahap dong, sampe mesen satu porsi khusus untuk dia. Padahal di rumah juga makannya sama pake ayam goreng. 

Pas malemnya saya kasih makan lagi di rumah, eh ternyata mingkem lagi, wkwkwkwk. 
  • Males makan nasi
Ini juga pernah nih Sultan GTM pas disuapin nasi. Akhirnya kepikiran buat bikin mie goreng buatan sendiri pake Mie Kering yang dibeli di tukang sayur. Alhamdulillah ternyata lahap. 
  • Sakit
Ini sih nggak perlu heran, ya. Kita pun kalau lagi sakit suka males makan, pengennya banyak minum. Apalagi kalau sakitnya disertai demam yang memang gampang bikin haus. Kaya beberapa minggu lalu saat Sultan kena cacar air, dia sama sekali nggak mau makan apa-apa. Padahal kondisi badannya juga lagi lemes. 

Solusinya ya akhirnya tetap disusuin karena masih ASI, jadi saya yang makan banyak dan bergizi. Alhamdulillah cacar airnya cepet kering dan berangsur sembuh.
  • Males makan besar
Pernah nggak sih ngerasa males banget makan besar? Maunya ngemil aja gitu. Kayanya baru liat nasi sama lauknya aja udah males nyentuh. Kalau pernah ngerasain, tos dulu kita, hehe. 

Ternyata anak kecil juga bisa loh kaya gitu. Lagi-lagi berdasarkan pengalaman saya, Sultan pernah GTM di mana sama sekali nggak mau makan besar, maunya ngemil aja. Udah dicoba diajak makan di luar, coba dibikinin mie goreng kesukaannya, coba bikin menu-menu lainnya yang biasanya dia lahap banget pas makan, eh hasilnya nol besar semua. 

Solusinya? Daripada saya pusing mikirin menu apa lagi yang dimasak, akhirnya saya biarin deh dia ngemil sesuka hati. Camilannya sengaja saya stok yang bikin kenyang, seperti roti, oat, sereal dan kentang untuk dibikin potato wedges sebagai karbohidratnya. Untuk protein hewaninya saya stok frozen food seperti nugget ayam dan bakso sapi yang tinggal goreng lalu kasih kecap dikit dia pasti bakal mau.  

Untuk kebutuhan vitamin dan mineralnya saya stok buah-buahan yang dia suka, seperti buah naga, alpukat, atau pisang. 

Karena dia kurang suka kalau makan buah-buahan secara langsung. Maka buahnya saya bikin smoothies atau dibikin es buah. Tinggal campur susu atau sirup dan es batu, anak pasti demen.

Intinya nih, sebagai ibu,  jangan mau kalah sama anak saat dia GTM. Evaluasi terus penyebabnya, lalu cari solusinya. Berbagai upaya udah dilakukan dan hasilnya nihil, tapi selama anak masih doyan ngemil, solusinya ya kasih camilan yang bernutris. Istilah GTM pasti berlalu itu bener banget, meski nanti juga bakal muncul lagi fase GTM, hehe.

Salam,

46 comments

  1. Ponakanku kalau lagi sakit baru dia gerakan tutup mulut, mau itu lagi demam apalagi sariawan. alasannya mah ada aja. Jadinya kakakku pinter-pinter dah cari solusinya..

    ReplyDelete
  2. Anak saya sejak awal MP-Asi bb-nya iriiiittt banget naiknya (saking rajinnya GTM). Terus ketemu anak lain yg bahkan saat lidahnya penuh sariwan pun tetep doyan makan. Sumpah takjub dan jadi iri banget kenapa anak itu bisa kenapa anak aku nggak bisa. :3

    Kemudian sadar, bukan salah anaknya. Ibunya aja kurang sabaaar. :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. ((rajin gtm)) wkwkwk sama banget sama anakku. Dan betul, kalau dipikir-pikir memang sebenarnya bukan salah anak, apalagi anaknya masih kecil yang sebenarnya belum ngerti banyak hal. Justru kitalah yang nggak sabaran, yang kurang ngerti apa mau anak.

      Delete
  3. Kalau anakku yang bungsu sebabnya karena males makan besar Mbak Icha
    Maka aku kasih makanan dalam porsi kecil atau seperti yang disebutkan di atas..makanan yang mengenyangkan.
    Tapi fase GTM ini memang dialami dua anakku sih. Meski membaik pada saatnya.
    Setuju sekali yang penting terus kita evaluasi penyebabnya dan cari solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, kayanya sebagian besar a anak-anak pasti ngalamin gtm ya, mba.

      Delete
  4. GTM bisa bikin panik mamahnya, itu kala Palung sakit. Yah, kasus GTM memang beragam. Anak lesu jadi GTM karena kehilangan selera makan. Anak GTM karena kebanyakan makan camilan di luar. Atau anak GTM karena asyik dengan kegiatannya.
    Soal susu full cream, Palung mah dijamin gak bakal GTM. Kami juga suka Indomilk full cream, rasa gurih adalah favorit kami. Sayang saya tak bisa ikut lombanya untuk berbagi kisah karena bukan mamah muda lagi meski usia Palung 9 tahun. Mamahnya sudah kepala 4, he he.
    Oh ya, Palung suka susu full cream doang itu juga gara-gara mamahnya yang doyan susu demikian kala kecil, jadinya kala jajanin Palung susu maka akn pilih yang itu. Sampai jadi keterusan. Rasa susunya murni, Indomilk full cream enak, kok. Juga bergizi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak atuh mba kalau anaknya suka yg full cream aja, karena komposisinya lebih bagus untuk anak-anak.

      Delete
  5. Anakku banget nih, lagi GTM. Suka bingung ya gimana caranya menghadapi anak GTM. Wah nanti ketika anakku udah setahun bisa dicobain nih susu Indomilk. Emaknya aja doyan. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, bisa dicobain. Udah paling aman sih pilih susu kaya Indomilk UHT Kids Full Cream ini.

      Delete
  6. Babyku banget ini GTM, makan bisa 10 suap sudah alhamdulillah aku. Segala cara kulakukan dari mulai kasih vitamin, metode apa aja kucoba. Sisanya aku banyak berdoa semoga masa GTM ini segera berakhir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba. Sesuap dua suap aja rasanya Alhamdulillah banget.

      Delete
  7. Anakku prnh GTM krn dia lagi sariawan tapi pling sering akibat bosen ama makanannya. Biasanya, dibawa makan di luar misalnya di restoran dengn menu baru, biasanya sih langsung balik lg nafsu makannya. Hanya saja, dompet saya tipis sisa bon restoran kl keseringan kek gitu heeheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkw jebol ya dompet kalau tiap hari makan di luar.

      Delete
  8. Buat Ibu anak GTM itu bikin sedih. Segala cara dicoba agar adik mau makan lagi dan harus kreatif. Benar-benar tugas Ibu luar biasa.

    ReplyDelete
  9. Waktu pas adek ke sini (dari kampung) juga sempet kaget ngelihat anaknya yang masih balita badannya cukup padat, tapi ternyata susah makan nasi juga. Memang jadi lebih banyak minum susu dan makan macam kentang goreng pakai sayur sup baso wortel gitu masih mau. Atau roti selai. Yang penting bukan nasi, haha... Anak memang kondisinya beda2 ya, jadi orang-tua mesti paham alternatif pengganti menunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, iya mba. Anak tuh ajaib, ya. Suka unpredictable. Kadang saya masak dengan setulus hati dan yakin kalau anak bakal suka, eh malah nggak mau samsek. Begitu pun sebaliknya.

      Delete
  10. Minum susu memang bagus sebagai pelengkap nutrisi ya. emang lumayan menantang nih menyiapkan menu harian buat si kecil. Nggak cuma rasa dan nutrinya aja yang harus diperhatiin variasi menunya juga harus banyak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, mba. Harus selalu puter otak buat kasih makan anak. Mereka gampang bosen.

      Delete
  11. Annakku sering banget gt, ampe pusing mikirinnya gmn cara dia mau makan, btw susunya varian baru yaa, mo nyoba juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk buibu life.

      Saya kurang tau sih varian baru atau nggak, mba.

      Delete
  12. Anak kedua Saya nih (15 bulan) doyan makan banget sejak usianya 1 tahun. Sebelumnya, duhhh susahhh banget makan. Sekarang malah apa aja masuk, gak pake diemut, langsung kunyah - telan. Untuk susu, Saya belum ngenalin rasa coklat, masih sebatas rasa plain, madu dan vanila.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget, mba. Pasti seneng banget nih ibunya, tiap yang dimasak selalu dimakan.

      Iya, mba. Emang bagusnya pilih susu yang seperti itu dulu.

      Delete
  13. Wah ponakanku 6 kalau jajan beli susu ini udah kayak beli apa aja sukaaak banged... kalau mbakku malah nyetok. Males bolak balik minimarket hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, enak sih ya rasanya. Udah gitu cocok lagi untuk anak kecil karena tanpa ada tambahan gula dan garam.

      Delete
  14. Anak2ku sih pernah GTM pas balita dulu. Biasanya ga mau makan sesuatu yang rasanya ga disukai atau masakan dengan rasa kurang pas di lidah. Namanya anak kecil mungkin bingung bilangnya kudu gimana ya hehehe. Tapi kalo dikasih susu sih ya mau aja. Biasanya yang rasa madu pada doyan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, iya mba. Anak kecil nih suka membingungkan kalau lagi gtm.

      Delete
  15. Aku pernah nih nulis ginian mba,trik2 anak mau makan, kurasa bukan salah anaknya, tp mamaknya yg kurang ilmu, dulu anakku klo ga mau makan tak buat laper selaper lapernya akhirnya dia terbiasa makan dan sampai sekarang nggak bisa berenti ngunyah wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mba bukan salah anaknya. Kitanya sbg ortu yang pinter-pinter cari penyebabnya.

      Delete
  16. Fadel sampai sekarang, udah umur sembilan tahun, kalo lagi gak pengen makan nasi, pasti GTMnya kambuh. Tapi kalo lagi bener-bener lapar, dia akan minta makan nasi.

    ReplyDelete
  17. Tulisan ini jadi bekal banget buat aku kedepannya dalam menghadapi fase anak GTM. Dan susu UHT selain travelling friendly, ternyata sekece itu ya kandungan dan manfaatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba. Travel friendly, porsinya sesuai untuk anak, nggak kebanyakan. Kandungannya pun bagus untuk kesehatan anak.

      Delete
  18. Zril lagi masa tumbuh gigi. Ini yg bikin dia GTM juga. Poseng. Tapi yaaa disiasati dg aneka cemilan seperti saran mbak. Nyoba susu UHT ini ah. Abis ini dia lepas ASI siapa tahu suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, bentar lagi lepas asi. Semoga suskes ya menyapihnya.

      Delete
  19. GTM pada anak ini memang masalah klasik yang pasti dialami semua ibu ya,mbak. Anak saya pun kadangkala pasang aksi GTM kalo lagi males makan atau makanannya ga enak.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkw, sepertinya memang kebanyakan anak suka GTM

      Delete
  20. Anak keduaku juga pernah GTM, mbak. Tiga bulan lebih dia ogah makan nasi, seringnya makan roti sama sereal kalau pagi. Tapi buah sama cemilan seneng banget. Trus disaranin teman, kasih susu. Dan merk ini sering dia pilih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wooww tiga bulan, mba.

      Untungnya masih doyan sumber karbohidrat lain, ya.

      Hihi, susu ini memang enak sih rasanya, dan gampang dicari.

      Delete
  21. Anakkku suka banget susu UHT sampai besar.
    Jadi kalau di rumah sering kami sediakan susu UHT ukuran besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa, hihi. Kadang aku juga nyetoknya yg ukuran 1 liter.

      Delete
  22. Aku lupa, anak-anakku sudah pada gadis. Tetapi dulu mereka lahap makannya. Paling kalau GTM itu kalau lagi gak enak badan atau sakit aja.
    Dan kami sekeluarga peminum susu sampai sekarang. Minum susu setiap hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, enaknya.

      Pada doyan susu ya sekeluarga.

      Delete
  23. GTM, baru tau saya mbak istilah GTM ini. Kl anak2 tutup mulut gak mau makan pastinya kewalahan bnget ya mbak Icha, dan mesti nyari solusi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, bener banget mba. Jangan nyerah gitu aja

      Delete

Welcome to my daily life as full time mom and part time blogger dan terima kasih sudah mampir ke rumah.