Langkah yang Saya Lakukan untuk Menjaga Kesehatan Anak


Menjaga kesehatan merupakan langkah yang harus dilakukan oleh semua orang. Dulu sebelum menikah dan punya anak, satu-satunya badan yang dijaga kesehatannya adalah diri sendiri. Biasanya, langkah yang saya lakukan untuk menjaga kesehatan diri sendiri adalah dengan melakukan gerakan perilaku hidup bersih dan sehat seperti rajin aktivitas fisik, mengurangi makan fast food dan menjaga lingkungan tetap bersih.

Sekarang setelah punya anak, ada manusia kecil yang harus saya jaga kesehatannya. Iya, siapa lagi yang bisa menjaga kesehatan anak selain orangtuanya?



             

Menjaga kesehatan anak tuh penting banget kan. Kita pasti pengen anak selalu dalam keadaan sehat. Nah, sebagai orangtua, wajib hukumnya menjaga kesehatan anak sedini mungkin. Karena status kesehatan anak di masa yang akan datang, ditentukan oleh perilaku hidup di usia sekarang. Apalagi imunitas tubuh anak masih belum kuat, yang artinya anak bakal gampang terkena penyakit kalau nggak dijaga kesehatannya.

Sampai usia 24 bulan ini, Alhamdulillah banget Sultan termasuk anak yang jarang sakit. Sekalinya sakit ya paling karena infeksi virus seperti commond cold alias batuk pilek, demam atau diare. Itu pun diare cuma sekali-kalinya pas usia 15 bulan.

Untuk pada sampai titik ini, saya sebagai ibunya melakukan beberapa langkah sebagai bentuk untuk menjaga kesehatan anak. 

  • Rajin Bersih-Bersih Rumah
Yes, ini yang pertama saya lakukan. Saya termasuk orang yang rajin bersih-bersih rumah. Dari lap basah semua perabotan di dalam rumah, nyapu, dan ngepel. Hampir tiap hari saya bersihin rumah, karena kebetulan anak dan suami juga punya alergi debu, jadi sebisa mungkin rumah harus selalu bebas dari debu. 

  • Menjaga Makan Anak 
Ini merupakan salah satu poin penting. Anak kecil belum tau mana makanan sehat dan mana yang bukan, dan tugas kita lah sebagai  orangtuanya yang harus menjaga asupan yang dikonsumsi anak setiap harinya. 

  • Jadi Ibu yang RUM
RUM alias Rasional Use of Medicine atau rasional dalam pemberian obat. Karena saya dulu juga termasuk RUM untuk diri sendiri, maka saya juga berusaha RUM untuk anak. Jadi ketika anak sakit, saya nggak mudah kasih anak obat. Misal saat anak demam, ada waktunya kapan anak sebaiknya dikasih obat penurun demam. 

Biasanya langkah awal yang saya lakukan adalah lebih dulu saya observasi, kira-kira apa sakitnya, gimana keadaan anaknya. Kalau nggak ada gejala yang mengkhawatirkan, langkah yang saya ambil adalah home treatment dulu dan sambil terus diobservasi. Kalau ada tanda atau gejala yang menunjukkan anak butuh bantuan obat, baru saya kasih obat. 

Langkah ini bisa menjadi salah satu langkah untuk menjaga kesehatan anak. Karena semakin sering anak minum obat yang tidak rasional, semakin gampang juga anak sakit. 

  • Rutin Konsumsi Interlac Probiotics 
Ini langkah yang baru saya jalani dari setahun yang lalu. Interlac Probiotics merupakan suplemen yang sangat aman dikonsumsi anak setiap hari. 



Sejak rutin konsumsi Interlac Drops 5 tetes per hari, tubuh Sultan rasanya lebih sehat jadi nggak gampang sakit. Kalau pas hari pertama sakit, saya langsung kasih Interlac sebagai dopping, biasanya sakitnya nggak jadi berlanjut alias besoknya anak udah sedikit seger.

Btw, Apa saja Manfaat Interlac Probiotics? 
  • Sebagai terapi dan pencegahan infeksi jamur
  • Sebagai terapi dan pencegahan kolik infantil
  • Sebagai terapi dan pencegahan NEC ( Necrotizing Enterocilitis),  penyebab kematian nomor satu pada bayi lahir prematur
  • Meningkatkan sistem imun, mencegah alergi dan meningkatkan imunitas tubuh
  • Mendukung perkembangan syaraf yang optimal pada bayi
  • Mengurangi efek samping penggunaan antibiotik
  • Sebagai terapi pendamping antibiotik untuk infeksi Helicobacter Pylori
Selain itu, Interlac Probiotics juga juaranya dalam mengatasi permasalahan saluran cerna, seperti diare, konstipasi, gumoh, kembung, kolik, dll. Persis seperti informasi yang saya dapatkan di Talkshow Interlac “Tips Mengatasi Gangguan Saluran Cerna pada Bayi dan Anak“ beberapa pekan lalu di Main Stage Mommy and Me, JCC Assambly Hall. 

dr. Maria Magdalena mengatakan, bahwa 80% dari sistem imun manusia terletak di saluran cerna. Saluran cerna berperan penting bagi kesehatan manusia. Saluran cerna yang sehat terbukti bermanfaat menaikkan imunitas tubuh yang bisa mencegah infeksi virus, bakteri maupun alergi. 



Kenapa Interlac bisa jadi satu solusi untuk mengatasi dan mencegah masalah ganggguan saluran cerna? Karena seperti yang disampaikan Mohamad Nurhadi selaku Brand Manager Interlac Probiotics, bahwa saluran cerna yang sehat memiliki kandungan bakteri baik (probiotik) yang turut mendukung sistem imun. Kesehatan saluran cerna dapat terganggu dengan berkembangnya bakteri jahat yang diakibatkan oleh kebiasaan makan yang buruk, hygiene yang kurang, stress, diare, maupun pemakaian obat yang berlebih. Dan cara mengatasinya adalah dengan pemberian suplemen yang mengandung probiotics yang direkomendasi oleh WHO seperti Interlac.


Fyi, Interlac adalah probiotik pilihan dokter di lebih 90 negara yang memenuhi semua syarat probiotik baik dari WHO serta dikenal di kalangan medis sebagai Live and True Probiotics.

Interlac Probiotics punya beberapa varian yang bisa disesuaikan berdasarkan usia anak. 

Interlac merupakan produk impor dari BioGaia Swedia yang bekerjasama dengan PT.Interbat sebagai salah satu perusahaan farmasi terbesar yang didirikan di Indonesia pada tahun 1948.

Manfaat dan keamanannya sudah teruji secara klinis untuk segala usia. Selain teruji secara klinis, Interlac juga sangat terbukti aman tanpa efek samping karena telah mendapatkan predikat GRAS (Generally Recognized as Safe) dari FDA yang merupakan sertifikasi keamanan tertinggi untuk suplemen makanan di Amerika.

Nah, karena Interlac Probiotics bukan obat melainkan suplemen makanan, Interlac bisa didapatkan secara offline  di Guardian, Viva Health, Baby Shop dan bisa juga didapatkan secara online di Mothercare.co.id, Jd.ID, dan Orami tanpa perlu resep dokter. 

Untuk informasi lebih lanjut, bisa kunjungi Web resmi dan akun sosial media mereka di :
Web : www.interlac-probiotics.com
Instagram : @interlacprobiotics
Facebook : Interlacprobiotics

Salam, 

4 comments

  1. RUM ternyata mendukung daya tahan tubuh anak ya. Terimakasih tips-tipsnya!

    ReplyDelete
  2. Minum multivitamin ini emang penting banget ya mbak. Bagi anak emang harus rutin pemberiannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, apalagi kalau makan anaknya nggak dijaga.

      Delete

Welcome to my daily life as full time mom and part time blogger dan terima kasih sudah mampir ke rumah.