Begini Caranya agar Alergi Debu pada Anak tidak Kambuh Lagi


Bu, coba perhatikan, apakah anaknya sering bersin disertai hidung yang berair, mata kemerahan dan gatal? Kalau iya, kemungkinan besar mereka punya riwayat alergi debu. 

Ketika seseorang memiliki bakat alergi, imunitas tubuhnya akan memproduksi reaksi kekebalan terhadap alergen (pencetus alergi) yang dianggapnya sebagai zat berbahaya. Respon tubuh inilah yang menyebabkan reaksi alergi muncul. Orang dengan bakat alergi debu yang terpapar debu, biasanya muncul reaksi alergi seperti bersin, hidung berair, batuk, mata kemerahan, hidung gatal, dll. 


Image source: Amazine.co
Anak yang punya bakat alergi  pasti gampang banget muncul gejala alerginya ketika terpapar alergen. Jadi,  salah satu cara untuk mencegah terjadinya alergi adalah dengan menjauhkan anak yang punya bakat alergi dengan alergen. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai pencegahan agar anak tidak mudah terkena alergi debu. 
  • Rutin membersihkan perabotan dalam rumah dengan cara mengelap basah untuk menghilangkan debu yang menempel di perabotan. 
  • Rajin membersihkan lantai dan karpet dengan cara menyapu dan mengepel lantai. Untuk karpet, gunakan alat penyedot lantai agar debu yang terangkat lebih maksimal. 
  • Jangan lupa untuk sering mencuci sprei, selimut, sarung bantal/guling, dan tirai. 
  • Memperbaiki kualitas udara di sekitar rumah. 
Bagi lingkungan yang memiliki kualitas udara yang kurang baik, pastinya ikut memengaruhi kualitas udara di dalam rumah karena adanya sirkulasi udara. Nah, salah satu cara memperbaiki kualitas udara di dalam rumah adalah dengan menggunakan pembersih udara atau air purifier yang mampu membersihkan udara di dalam rumah menjadi udara yang bersih dan layak hirup.

Apa itu Air Purifier dan Bagaimana Cara Kerjanya? 

Air purifier merupakan alat dengan teknologi canggih yang bisa mengubah kualitas udara yang buruk menjadi udara yang bersih dengan cara menyedot udara masuk ke mesin dan menyaring kotoran yang terdapat di udara melalui filter yang terdapat di dalam,  kemudian mesin mengeluarkan lagi udara yang telah bersih. 

Karena efektivitasnya dalam membersihkan udara mencapai 95%, air purifier sangat cocok dijadikan sebagai pembersih udara di lingkungan yang memiliki kualitas udara yang kurang baik. 

Untuk saat ini alat pembersih udara sangat bervariasi. Banyak air purifier yang dijual mempunyai kelebihannya masing-masing. Contohnya seperti Panasonic Air Purifier yang memiliki keunggulan Teknologi Nanoe® yang mampu membersihkan udara dari virus, bakteri, jamur maupun bau tak sedap. 



Tentang Panasonic Air Purifier

Panasonic Air Purifier merupakan produk baru dari Panasonic Indonesia yang dirilis akhir 2016 silam.  Ada banyak macam Panasonic Air Purifier dengan pilihan yang beraneka ragam dan ukuran. Salah satunya Panasonic Air Purifier tipe F-PXMM5A

Keunggulan lain dari Panasonic Air Purifier yaitu memiliki tombol Mode Econavi yang Eco Friendly karena dapat menyesuaikan energi yang dihasilkan ketika Mode Econavi diaktifkan. Seperti Human Sensor, Humadity Sensor dan Light Sensor yang dapat mendeteksi keberadaan manusia, kelembapan udara, dan cahaya di dalam ruangan sehingga hasil kerjanya maksimal karena benar-benar menyesuaikan kualitas udara di ruangan. 

Selain terdapat Mode Econavi, pengguna juga bisa mengatur sendiri kekuatan volume untuk membersihkan udara. Ada pilihan Auto, Lo, Med, dan HI yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Canggihnya lagi dari Panasonic Air Purifier ini adalah adanya fitur timer yang bisa menyala selama 2 jam, 4 jam, bahkan 8 jam, sehingga udara bersih tanpa boros listrik. 


Tombol yang bisa diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan 
Nggak perlu bingung meletakkan Panasonic Air Purifier di mana karena khawatir tombolnya dijadikan mainan oleh anak, karena Panasonic Air Purifier memiliki fitur Child Lock yang bisa mengunci tombol lain. 

Karena desainnya yang Space Friendly, Panasonic Air Purifier bisa diletakkan di mana saja tanpa mengganggu barang lain.


Desainnya slim dan space friendly 

Untuk harganya sendiri, Panasonic Air Purifier dipatok dengan harga kurang lebih Rp. 5.000.000 di pasaran.

Tertarik coba sebagai pembersih udara di rumah? Coba deh klik ini dulu sebagai informasi lebih lanjut.

Salam, 

2 comments

  1. kalau anak punya alergi debu ini memang sangat dibutuhkan. Trims informasinya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba. Karena anak yang alergi debu gampang kambuh kalau debu nya udah mulai tebel. Apalagi kalau punya asma juga.

      Delete

Welcome to my daily life as full time mom and part time blogger dan terima kasih sudah mampir ke rumah.