Nutrisi untuk Ibu Menyusui

Bismillah.

Assalamu'alaikum, Buibu.

Cung yang lagi masa menyusui ✋

Sini kita kumpul. I want to tell you about nutrisi yang tepat untuk ibu menyusui.

Bagi yang sedang menyusui, usia anaknya sekarang berapa, Bu? Kalau anak saya sekarang usianya 15 bulan.

MasyaAllah Alhamdulillah udah gede memang. Kurang lebih beberapa bulan lagi lulus ASI dua tahun. InsyaAllah kalau nggak ada halangan, hehe.

Mama and Zayyin 

Dulu anak pertama saya baru berhasil berhenti ASI menjelang usia tiga tahun soalnya. Gara-gara Sultan dulu susah banget disapih, akhirnya saya biarin, deh. 

Eh ternyata nggak lama kemudian dia menyapih dirinya sendiri. Tiba-tiba frekuensi menyusu dia berkurang, dan perlahan berhenti total.

Sungguh effortless sekali anak berhenti menyusui karena self weaning.

Saya tuh bergabung di banyak grup yang isinya ibu-ibu semua. Dari komunitas menggendong, MPASI, tumbuh kembang anak, juga menyusui.

Sampai saat ini, masih banyak ibu-ibu yang bertanya, "gimana sih biar ASI nya banyak? Gimana sih biar sukses menyusui sampai dua tahun?"

Kalau pengalaman saya, nih. Biar ASI nya keluar deras, hingga bisa sukses menyusui sampe dua tahun, salah satu kuncinya adalah, dengan tetap menyusui bayi di hari 1-3 setelah melahirkan. 

"saya baru kemarin melahirkan, tapi sampai sekarang ASI nya belum keluar."

Sering nggak baca pernyataan seperti di atas? 

Secara teori, ASI memang keluarnya di hari 3-4 paska melahirkan. 

Di hari 1-3, hanya berupa tetesan berwarna kuning keruh yang keluar. Nah, itu namanya kolostrum. 

Jangan dibuang, apalagi sampai nggak dikasih ke bayi. Kolostrum mengandung antibodi tinggi, yang bagus untuk daya tahan tubuh bayi. 

Tetep rutin susui bayi dengan kolostrum tersebut. Jangan sekali-kali kasih susu formula dengan alasan takut bayi nggak kenyang atau nangis terus. 

Ingat! Lambung bayi masih kecil banget. Hanya cukup menampung beberapa tetes kolostrum. Lagi pula, bayi memiliki cadangan makan di tubuhnya sampai hari ke tiga setelah dilahirkan. 

Dengan rutin untuk tetap menyusui bayi, hal ini bisa lebih cepat merangsang pengeluaran ASI. InsyaAllah nanti di hari ke tiga atau ke empat, ASI nya jadi deras banget. Sampai tumpah-tumpah, dan bikin baju basah karena merembes. 

Percaya, deh sama saya. Salah satu kuncinya adalah di situ. 

Jadi kalau mau berhasil menyusui minimal sampai dua tahun, harus keras kepala untuk tetap menyusui di hari 1-3 setelah melahirkan. 

Silakan coba nanti ya bagi calon ibu, nih. 

Pengalaman saya ini berdasarkan fakta ilmiah juga, lho! 

Kemarin tanggal 31 Juli 2021, saya mengikuti Instagram Live Hometown Dairy. 

Dalam memperingati World Breastfeeding Week 2021 dari tanggal 1-7 Agustus, Hometown Dairy in collaboration with Komunitas Ibu-Ibu Canggih mengadakan Instagram Live sesi terakhir dalam "Happy at Home with Hometown" dengan tema "Tips Pemenuhan Nutrisi untuk Busui", yang pembicaranya adalah dr. Attila Dewanti Sp. A(K). 




Dr. Attila menjelaskan, tidak ada susu formula mana pun yang bisa menggantikan ASI. Kandungan ASI lengkap, dan disesuaikan dengan kebutuhan bayi.

By the way, di masa pandemi gini, vaksinasi anaknya tetap lengkap kan, Bu? Tetap divaksinasi, ya, anaknya.

Memang dilema sih sebenernya. Di satu sisi pengen vaksinasi, tapi di sisi lain, kita worry kalau harus datang ke fasilitas pelayanan kesehatan di saat seperti ini. 

Dr. Attila kasih tips, nih, biar anak tetap bisa vaksinasi, tapi nggak bikin ibunya worry. 

Pilih RS/Fasyankes yang memiliki ruangan berbeda untuk anak sakit dan anak sehat. Misalnya anak sakit di lantai 1, dan anak yang sehat di lantai 2.

Atau, bisa juga menggunakan jasa vaksinasi profesional di rumah.

Sekarang udah banyak banget jasa vaksinasi profesional di rumah. Kita tinggal reservasi, nanti mereka yang datang ke rumah. InsyaAllah aman, dan praktis. 

Oh, ya. Ibu-ibu pasti sering denger istilah 1000 HPK (hari pertama kehidupan) kan? 

1000 HPK atau hari pertama kehidupan adalah fase kehidupan anak, di mana fase tersebut merupakan periode emas dalam pemenuhan zat gizi anak. 

Nah, 1000 hari pertama kehidupan (1000 HPK) terdiri atas 270 hari selama kehamilan dan 730 hari pada dua tahun pertama kehidupan buah hati.

Jadi, bukan dihitung dari baru lahir, ya. 

Dr. Attilla menganjurkan, untuk mulai makan makanan nutrisi seimbang dari awal kehamilan. Selain untuk kesehatan ibu dan bayi, juga membantu ASI terbentuk dan seimbang. 

So jangan malas makanan bernutrisi bagi ibu hamil. 

"apa sih makanan seimbang?" 

Dari penjelasan dr. Attila di Instagram Live kemarin, makanan seimbang adalah yang mengandung zat macro nutrient dan micro nutrient. 

Macro nutrient berupa karbohidrat, lemak, dan protein, sedangkan micro nutrient, yaitu vitamin dan mineral. 

Kalau di MPASI istilahnya 4 bintang mungkin, ya. Ada karbohidrat, protein, juga buah-buahan dan sayur mayur sebagai sumber vitamin dan mineralnya. 

By the way ada informasi penting banget yang disampaikan dr. Attila kemarin, tentang bagaimana cara mengetahui dan kapan membawa anak kita ke dokter. 

Gejala dan tanda yang perlu diperhatikan apakah anak sakit atau tidak seperti berikut:
  1. Anak yang sehat biasanya 2-3 jam sekali minta ASI dan setelah menyusu biasanya tidur, tanpa menangis lagi
  2. Buang air kecil minimal 6x sehari dengan warna urin kuning atau jernih. Bawa anak ke pelayanan kesehatan saat warna urinnya keruh, atau bahkan merah
  3. Saat buang air besar, fesesnya berwarna kuning dan ijo dan berbentuk pasta. Hati-hati jika feses anak berwarna hitam, merah, atau putih
  4. BB bayi naik setiap bulan, dan sesuai kurvanya
  5. Perkembangan anak sesuai milestone
Sekarang udah tau ya kapan harus membawa anak ke dokter. Jangan lupa, ibunya juga harus jaga kesehatan. 

Di akhir live, dr. Attila juga kasih tips pemenuhan nutrisi untuk ibu menyusui biar ASI lancar dan sukses menyusui hingga dua tahun:
  1. Wajib happy. Be positif thinking, biar nggak mikirin macem-macem sehingga ibu tetap happy
  2. Konsumsi makanan seimbang yang terdiri dari macro nutrient dan micro nutrient
  3. Mencari support system untuk saling menyemangati. Utamanya suami, atau sesama ibu dari satu komunitas
  4. Konsumsi susu untuk pemenuhan kalsium. Boleh minum susu bahkan satu liter sehari jika suka. 
Udah pada nerapin dong tips-nya? 

Ternyata boleh minum susu lebih dari 500 ml satu hari bagi ibu menyusui. Asal susunya yang plain ya biar nggak konsumsi gula kebanyakan. Imbangi juga dengan air putih.

Salah satu susu rekomendasi saya sih Hometown Dairy Fresh Milk. Susu yang diproses secara minimal. Kurang lebih 15 detik di suhu 75 derajat celcius sehingga menjadikan nutriri alami Hometown Dairy Fresh Milk nggak rusak. 


Bagi yang ketinggalan Instagram Live sesi terakhir kemarin, pantengin terus deh akun Instagram @hometowndairy.id karena nanti diposting juga live-nya di-feed mereka.

Salam,

No comments

Welcome to my second home, dan terima kasih sudah mampir ke rumah.