Zayyin Sudah Khitan

Bismillah.

Assalamualaikum, Buibu. Gimana kabarnya?

Bagi yang follow saya di Instagram, mungkin pernah baca pengalaman yang saya share di Instagram Stroy tentang khitan Zayyin.

Iya, Alhamdulillah, Zayyin anak ke dua saya yang sekarang berusia enam bulan sudah dikhitan. Dikhitan tanggal 4 bulan Oktober kemarin.


Pas saya posting di IG Story kalau anak saya yang bayi dikhitan, ada beberapa teman yang menanggapi dengan bertanya, "Kok masih bayi disunat?", "Kenapa adiknya dulu yang disunat? Padahal Abangnya juga belum?"

Iya, memang anak saya yang pertama belum dikhitan, padahal usianya udah empat tahun.

Ada alasan kenapa yang dikhitan duluan malah yang masih bayi. Yaitu, dulu pas Sultan masih bayi, saya belum tau kalau ada sunat bayi. 

Setelah usia Sultan satu tahunan, baru saya tau kalau dari bayi udah boleh disunat. Bahkan ternyata, banyak dokter anak yang menyarankan untuk khitan anak saat bayi. Salah satunya dr. Arifianto, Sp. A. 

Udah pada kenal kan sama Dokter Apin? Dokter anak panutan Buibu.

Mau sunat saat itu juga tadinya, tapi udah nanggung banget rasanya. Dia udah ngerti soalnya. Akhirnya yaudah nunggu dia gede sekalian. Nunggu dia siap, kapan mau disunat. 

So semenjak itu, saya punya keinginan banget. Kalau nanti punya anak laki-laki lagi, saya mau sunat pas bayi aja.

Alhamdulillah, ternyata dikasih rezeki hamil dan melahirkan anak laki-laki lagi. Yaudah, cus cari info sana sini tentang sunat bayi.

Awalnya sih mau sunat sebelum usia tiga bulanan, tapi qodarullah baru bisa menjalankan niat ini di usia Zayyin lima bulan.

Apa aja sih persiapan sebelum memutuskan untuk sunat bayi?

Btw saya sempet sharing persiapan sebelum memutuskan untuk sunat bayi di IG Story bulan lalu.

Kalau saya, ini persiapannya.


Tadinya saya mau sunat Zayyin di Pamulang aja, tapi saya nggak sanggup setelah nanya price listnya, hahaha.

Akhirnya cari-cari opsi ke dua. Jatuhlah pilihan ke Rumah Sunat Ar-Rahman, Karawaci-Cimone.

Jauh amat ke Cimone? Selain karena harganya yang terjangkau, adik saya khitannya di sana juga. Jadi udah ada gambaran gitu prosesnya kaya gimana, perawatannya kaya apa, dll.

Nah, karena jarak Rumah Sunat Ar-Rahman ke rumah orang tua saya hanya satu jam via jalan tol, jadi sekalian nginep ke rumah orang tua, karena empat hari setelah sunat bakal balik lagi ke Rumah Sunatnnya untuk lepas clamp.

Tanggal 4 Oktober dikhitan, tanggal 8 Oktobernya balik lagi ke sana untuk pelepasan clamp. 

Terus gimana proses sunatnya?


Sesaat setelah selesai sunat. Di Rumah Sunat Ar Rahman tiap anak habis disunat bakal dapet mainan anak kaya gini

Sejujurnya, saya nggak tau prosesnya gimana. Soalnya saya nggak berani masuk ke dalam, hahaha. Jadi cuma suami yang nemenin Zayyin.

Saya nggak tega, huhu. Denger suara tangisannya aja saya ikutan mewek. Bahkan pas lagi nunggu giliran, mata saya udah berkaca-kaca.

Lemah banget emang emak-emak mah kalau masalah anak.

Fyi, sunat Zayyin pake metode clamp.

Kurang lebihnya begini. Setelah disunat, bakal ada tabung yang nempel nanti. Nah, empat hari kemudian, tabungnya dilepas.

Selama tabungnya belum dilepas, anak bisa beraktivitas seperti biasanya. Boleh mandi, lari-lari, sekolah, main, bahkan tetap bisa dipakein diapers untuk bayi. Itu salah satu keunggulan sunat dengan metode modern seperti clamp.

Selama tabungnya masih terpasang, perawatan paska khitannya cukup dengan mengoles betadine setiap habis mandi, dan memasukkan cairan NaCL ke tabungnya setiap empat jam sekali.

Perawatan setelah lepas clamp, bagian kulit yang disunat cukup dikompres betadine menggunakan kassa, lalu lanjut oles salep Erla Neo sebanyak 3x sehari. 

Perawatan pasca lepas tabungnya kurang lebih selama seminggu, sampai jaringan kulit hitam di bekas pemotongannya lepas.

Udah itu aja. So simple!

Sekarang Alhamdulillah udah nggak ada perawatan apa-apa lagi. Yeay .... 

Lega banget rasanya karena Zayyin Sudah dikhitan. Sudah menunaikan salah satu kewajiban orang tua ke anak. Tinggal Abang Sultan yang belum. Nyicil lah, ya. 

Salam

No comments

Welcome to my daily life as full time mom and part time blogger dan terima kasih sudah mampir ke rumah.