Sejarah Restoran Jepang Hokben

by - March 05, 2018


Sebagai pelopor restoran masakan Jepang yang ada di Indonesia, eksistensi Hoka Hoka Bento sebagai restoran makanan cepat saji selalu diminati banyak orang. Hoka Hoka Bento konsisten dalam menyediakan makanan yang selalu khas dengan karakteristik Jepang. Dari penyajiannya yang ala ala bento sampai menu masakannya yang Jepang banget. 

Hoka Hoka Bento pertama kali didirikan di Indonesia, tepatnya berlokasi di Kebon Kacang, Jakarta Selatan pada tahun 1985 di bawah naungan PT. Eka Bogainti. 5 tahun kemudian, Hendra Arifin selaku pemilik PT. Eka Bogainti, kembali membuka gerai Hoka Hoka Bento di luar Jakarta, yaitu di Bandung.

Sebagai pemilik Hoka Hoka Bento, Hendra Arifin memulai bisnis masakan khas Jepang ini karena saat itu di Indonesia belum ada restoran cepat saji yang berfokus pada masakan khas Jepang. Karena keinginannya yang kuat untuk memiliki bisnis ini, Hendra Arifin pun melakukan studi banding di Jepang dan membeli izin untuk menggunakan merk Hoka Hoka Bento.

Di Jepang, Hoka Hoka Bento hanya berkonsep takeaway sampai akhirnya sekarang Hoka Hoka Bento di Jepang tidak beroperasi lagi. Nah, meski menyediakan masakan khas Jepang, Hoka Hoka Bento 100% dimiliki oleh warna negara Indonesia, bukan karena cabang dari Jepang.

Pada tahun 2008, Hoka Hoka Bento memperoleh sertifikasi halal dari MUI untuk memberi kenyamanan lebih kepada customer Indonesia yang notabenenya sebagai negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia.

Kalau kalian sadar, pada tahun 2013, Hoka Hoka Bento melakukan penggantian nama, dari Hoka Hoka Bento menjadi Hokben. Jadi bukan karena memang panggilan singkatan. Begitu juga dengan logonya, diperbaharui menjadi lebih simple tapi tetap menggunakan gambar dua anak kecil yang bernama Taro dan Hanako sebagai icon mereka.

Image source: Laman resmi Hokben

Karena mendapatkan sertifikasi halal saja dirasa kurang cukup, pada tahun 2017, Hokben kembali mendapat Sertifikat Jaminan Halal (SJH) yang berarti semua bahan, proses produksi, sumber daya manusia sampai prosedurnya dipastikan menghasilkan kehalalan secara berkesinambungan dan konsisten.

Sertifikasi Jaminan Halal (SJH)

Dengan berfokus pada masakan Jepang, Hokben selalu menyediakan menu masakan dengan aneka macam makanan khas Jepang. Seperti Gyudon, Tori Soboro, Bento Special, aneka Tokyo Skewer, dll sebagai maincoursenya. Ada juga aneka gorengan seperti Ekkado, Tori Ball, Chicken Karaage, Egg Roll, Ebi Furai, dll atau aneka minumannya seperti Ocha, Koori Konyaku, dll.

Sebagai pelopor makanan khas Jepang, baru-baru ini Hokben kembali berinovasi meluncurkan 3 menu baru sekaligus yang diberi nama Hoka Suka. Hoka Suka adalah menu baru Hokben yang  berkonsep menyatukan dua negara, yaitu Jepang dan Indonesia. Kenapa? Karena selain meluncurkan menu baru, Hokben juga meluncurkan aneka sambal khas Indonesia sebagai teman menu barunya.

Hoka Suka, menu baru Hokben

Menu baru Hokben ini, terdiri Hoka Suka 1, Hoka Suka 2, dan Hoka Suka 3. Dalam satu menu Hoka Suka, terdiri dari persatuan masakan khas Jepang dan khas Indonesia. Seperti adanya Kentang Kering dan Acar Kuning yang identik dengan makanan khas Indonesia.



Yakitori Grilled ini adalah potongan daging ayam yang ditusuk seperti sate terus dipanggang. Walau isinya cuma 3 dalam satu paket, tapi porsinya pas karena ukuran ayamnya lumayan gede-gede.




Ebi Furai adalah udang yang digoreng tepung. Bagi yang alergi sama seafood, bisa pilih Hoka Suka 1 atau Hoka Suka 3



Kalau Chicken Katsu adalah ayam fillet goreng tepung. Ada 5 potong Chicken Katsu dalam satu porsi, jadi dijamin ga bakal kurang lauknya.

Nah, sambal khas Indonesia yang dipilih Hokben sebagai teman ketiga menu barunya adalah Sambal Hijau dari Sumatera, Sambal Bawang dari Jawa dan Sambal Matah dari Bali. Ketiga sambal ini bisa dipilih sesuai selera untuk menu Hoka Suka pilihan kita.

Sambal Bawang my luff

Bagi saya sih, menu Hoka Suka yang paling rekomended adalah Hoka Suka 1 dengan pilihan Sambal Bawang. Perpaduan dari daging Yakitori Grilled yang juicy dan rasa Sambal Bawangnya yang so spicy, ajib dan nagih, sukses bikin saya pengen nambah. Btw, nulis beginian malem-malem jadi pengen delivery order ke Hokben Tangerang Kota yang 24 jam, haha

Iyes, di Hokben Tangerang Kota memang pelayanannya 24 jam, jadi kalau tengah malem laper tapi bingung mau makan apa, makan Hokben di Tangerang Kota bisa jadi pilihan yang tepat. Tinggal delivery order dengan ketentuan order minimal Rp.50.000 atau kalau deket tinggal datang langsung. Lokasinya pun strategis, gampang dicari. Deket dari stasiun tangerang, sebelum Polres Tangerang dan seberang SMAN 1 Negeri Tangerang.

Oh, iya, bagi yang bosen menu ayam, bisa pilih menu Hoka Suka 2 dan pilihan sambal yang cocok. Kemarin sih sempet coba Hoka Suka 2 pake Sambal Hijau, tapi di lidah saya kurang cocok rasanya. Mungkin lebih cocok dan enak kalau pake Sambal Bawang juga atau Sambal Matah.


But overall, ketiga menu baru Hokben ini emang enak. Cocok lah dicoba ketika bosen makan Beef Teriyaki, Chicken Teriyaki, Bento atau Tokyo Bowlnya Hokben. Apalagi rasa acar bumbu kuningnya, rasanya juara dan Indonesia banget, cuma pake nasi anget aja udah endeus.

Penasaran? Cus, coba di Hokben terdekat!



Salam,

You May Also Like

9 komentar

  1. Aku mkin doyan hokben nih mbak klo begini, hahaha. Secara pecinta Sambel matah, tapi males bikin hehehe

    ReplyDelete
  2. Aku suka ke hokben biasa beli kidzu bento tapi kalau ada menu ini aku jadi sering ke hokben karena sambel khas indonesia.

    ReplyDelete
  3. Familiar hokben, akhirnya nama holy holy bento Di ganti hokben. Masyarakat yg menganti nama dan kreatif

    ReplyDelete
  4. Saya termasuk penggemar makanan hokben ini, suka katsunya, suka salad pun karena gara2 sering nyobain disini. Sekarang ada sambal. Ihh..makin favorite

    ReplyDelete
  5. Duh hokben ini favorit banget dari dulu.. pas hamil aj ak ngidam hokben. Hahaa

    ReplyDelete
  6. Kalo disuruh milih, aku suka yang Hoka SUka 3. sambel nya milih yang sambal matah aja kali yah sedep

    ReplyDelete
  7. HokBen emang udah terbukti enak ya menu2nya. Saya udah coba paket.hoka suka 2 dengan sambal ijo,wuiihh mantap. Pedesnya nampoll bikin ketagihan hehehe

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah sudah pernah cicip yg hoka suka dgn sambal bawang.. enaaak

    ReplyDelete

Welcome to my daily life as Full Time Mom and Part Time Blogger dan terima kasih sudah mampir ke rumah.

Created with by ThemeXpose | Distributed By Gooyaabi Templates