Ibu Tetap Perlu Sekolah


Pepatah Arab mengatakan, bahwa ibu adalah tempat sekolah pertama. Untuk siapa? Untuk anak-anak kita. Karena dari kitalah perbendaharaan kosa kata mereka bertambah. Dari kitalah akhirnya mereka bisa makan secara mandiri. Dan dari kitalah mereka bisa melakukan sesuatu yang sebelumnya mereka belum bisa lakukan.



Sebagai Madrasah pertama, seorang ibu tentu harus punya ilmu segalanya agar kita bisa mengajarkan segala sesuatu ke mereka. Meski sebagai Madrasah Ula, seorang ibu tetap harus sekolah untuk belajar banyak hal. Baik untuk ibu dengan latar pendidikan Magister maupun untuk ibu yang hanya mengenyam pendidikan Wajar Dikdas. Karena tugas ibu, bukan sebatas hamil dan melahirkan, tapi lebih dari itu. Tugas bagaimana agar tumbuh kembang anak optimal sampai tugas bagaimana membentuk anak agar menjadi anak yang membanggakan, dll.

Untuk menjadi Madrasah Ula, ibu perlu belajar. Belajarnya ibu tidak perlu pergi pagi pulang siang. Tidak perlu pakai seragam. Belajarnya ibu cukup dengan banyak membaca dan banyak bertanya kepada ahlinya. Apalagi di era digital ini, pasti banyak ibu yang cukup sering ikut Kulwapp tentang Kesehatan atau Tumbuh Kembang anak. Pasti cukup sering juga ikut Seminar Kesehatan. Dari situlah ibu belajar. Dengan banyaknya ilmu yang ibu dapatkan, ibu bisa menerapkannya kepada anak sehingga anak bisa tumbuh seperti yang kita harapkan.

Ya, tugas ibu memang berat. Itulah mengapa ibu perlu terus belajar, agar tugas dan PR yang akan dihadapi bisa diselesaikan dengan baik.


Salam,

2 comments

  1. Bunda tulisannya bagus dan enak di baca ya. Benar sekali ibu itu harus tetap belajar karena bagaimana ia akan mengajarkan anaknya jija kita seorang ibu tidak membekali dirinya dengan banyak ilmu

    ReplyDelete

Welcome to my daily life as full time mom and part time blogger dan terima kasih sudah mampir ke rumah.