Waktu yang Tepat untuk Pergi ke Dokter Ketika Kontraksi


Salah satu tanda bahwa seorang perempuan akan melahirkan adalah dengan terjadinya kontraksi di bagian rahim. Kontraksi merupakan peregangan otot yang biasanya terjadi ketika kehamilan telah memasuki usia matang, yang artinya janin di dalam rahim telah siap untuk dilahirkan. 

Btw, ngomongin kontraksi, pasti masih inget dong ya gimana rasanya pas kontraksi. Salah satu proses yang luar biasa nikmatnya. Nikmat yang cuma bisa dirasakan oleh kita, kaum hawa. 

Sebagai ibu baru, pasti dong harus membekali diri dengan ilmu-ilmu seputar kehamilan, proses persalinan, sampai menyusui buat bekal nanti. Dengan ilmu-ilmu yang kita miliki, diharapkan kita nggak bergantung dengan tenaga kesehatan sekitar.

Salah satu ilmu seputar proses persalinan yang harus dikuasai oleh ibu hamil adalah kontraksi. Ketika mulai kontraksi, kapan sebaiknya harus ke Dokter? Bagaimana sih cara membedakan kontraksi palsu dan kontraksi asli? 

Image source: Pixabay.com

Di atas usia kehamilan 20 minggu, biasanya ibu hamil akan merasakan kontraksi palsu (braxton hicks).

Bedanya dengan kontraksi menjelang bersalin, kontraksi palsu hanya datang sesekali dan nggak teratur. Misal kemarin datang, lalu berenti, dan hari ini kontraksi lagk. Biasanya juga, kontraksi palsu tanpa disertai dengan nyeri pinggang.

Jadi, kalau terjadi kontraksi yang tidak teratur, dan usia kehamilan belum cukup matang, maka bisa dipastikan kontraksi yang dirasakan adalah kontraksi palsu.

Lalu, gimana sih ciri-ciri kontraksi yang memang memang menjelang bersalin? Ciri-cirinya kebalikan dari kontraksi palsu.

Kontraksi menjelang bersalin, kemungkinan besar datang di usia kehamilan yang sudah matang, kontraksinya teratur dan disertai dengan nyeri pinggang.

Ciri-ciri teratur adalah ketika kontraksi datang setiap lima menit sekali.

Naaah, ketika kontraksi datang dan ternyata teratur setiap lima menit sekali, maka bisa langsung pergi ke pelayan kesahatn, baik ke Rumah Sakit atau ke Bidan. 

Biasanya ditandai juga dengan keluarnya lendir bercampur darah, yang menunjukkan bahwa mulut rahim telah terjadi peregangan. 

Jadi, jangan tunggu nanti ya kalau dirasa kontraksinya teratur. 

Salam, 

No comments

Welcome to my daily life as full time mom and part time blogger dan terima kasih sudah mampir ke rumah.