Sensatia Botanicals Original Soapless Facial Cleanser untuk Kulit Wajah Kering


Siapa yang punya tipe kulit wajah kering atau kombinasi? Tos dulu, deh. Berarti kita teman seperjuangan, hehe

Punya tipe kulit kering itu nggak asik banget. Wajah berasa ketarik dan kadang mengelupas gitu. Duh, rasanya nggak banget sih pas ngaca. Punya tipe kulit wajah kering juga harus pinter-pinter banget pilih skincare, kalau bisa sih ya yang memang khusus buat tipe dry skin.

Skincare saya sih rata-rata memang yang khusus untuk dry skin, meski ada satu atau dua lah yang for all skin types.

Salah satu skincare yang wajib dipilih khusus untuk dry skin adalah facial cleanser, karena sabun pencuci muka kan yang dipakai pertama kali di pagi hari.

Untuk facial cleanser sebenarnya saya masih gonta-ganti, sih. Belum nemu gitu yang pas di hati dan di dompet.

Selama dua bulan ini untuk sabun pencuci mukanya, saya pake Pureheal's Propolis Foam Cleanser dan isinya ludes karena minggu kemarin si Pureheal's ini dimainin sama ade di kamar mandi, isinya dikeluarin semua sampe tinggal tetes terakhir. Padahal tadinya tinggal setengah lagi, huhu. Karena harganya yang pricey, saya jadinya nggak beli Pureheal's Propolis Foam Cleanser, haha. Nggak sanggup keluarin duit Rp. 385.000 hanya untuk foam cleanser, wkwkw. Budget segitu bisa buat repurchase day cream sama night cream, tinggal tambahin Rp. 43.000 udah dapet dua barang.

Btw beberapa bulan yang lalu saya sempet liat video Skincare 101 nya Affi Assegaf, tapi lupa video yang judulnya apa. Pokoknya di video itu, Affi Assegaf ngerekomendasiin salah satu foam cleanser untuk kulit kering. Karena kulit wajah saya juga kering, jadilah saya kepo dan pengen coba, dan akhirnya baru sekarang kesampaian beli Sensatia Botanicals Original Soapless Facial Cleanser sebagai sabun pencuci muka saya.


Sebenarnya Sensatia Botanicals Original Soapless Facial Cleanser ini bukan cuma untuk kulit kering sih, karena di deskripsi produknya tertera jelas untuk normal to dry skin. Jadi untuk kulit normal juga bisa. 

Sekadar informasi, Sensatia Botanicals Original Soapless Facial Cleanser ini produk lokal asli dari Bali. Sensatia Botanicals saat ini punya banyak jenis skincare, dan salah satunya ya Original Soapless Facial Cleanser ini. Untuk facial cleansernya aja mereka punya beberapa macam. Ada yang untuk berminyak maupun sensitif. 

Salah satu keunggulan facial cleanser yang original soapless ini sih non SLS, jadi kalian nggak bakal nemu tuh busa yang melimpah pas dipake karena busanya sedikit banget, nyaris nggak ada malah. Ya emang tujuannya kan untuk kulit kering, jadi memang harus non SLS karena busa itu justru yang bikin kulit nambah kering.


Deskripsi Produk 
Dirancang untuk kulit kering hingga normal, pembersih yang menyegarkan ini membersihkan kotoran tanpa menghilangkan minyak alami pada kulit. Perpaduan aroma minyak esensial lavender, petitgrain dan bunga kenanga memberikan vitamin yang melembutkan kulit dan aroma menenangkan. Sari lidah buaya menambahkan nutrisi dan menjaga kelembapan pada kulit. 

Bahan Utama
Sari lidah buaya mengandung fitronutrien yang dikenal mampu membantu proses regenerasi kulit. Petitgrain adalah antiseptik alami. Lavender dan bunga kenanga tinggi akan antioksidan dan memiliki aroma menenangkan yang dapat meningkatkan relaksasi.

Komposisi
Water (Aqua), Decyl Glucoside, Aloe Barbadensis (Aloe) Leaf Juice, Vegetable Glycerin, Xanthomonas Campestris (Xanthan) Gum, Sodium Citrate, Triticum Vulgare (Wheat) Germ Oil, Citric Acid, Citrus Aurantium Dulcis (Orange) Peel Extract, Benzyl Alcohol & Benzoic Acid & Dehydroacetic Acid, Tocopherol (Vitamin E), Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Citrus Aurantium Amara (Bitter Orange) Flower Oil, *Linalool, Averrhoa Carambola (Star Fruit) Extract, Pachyrrhizus Erosus (Jicama) Root Extract, Cananga Odorata (Ylang Ylang) Flower Oil. 

Klaimnya sih produk ini aman untuk ibu hamil, ibu menyusui, cocok untuk vegetarian dan vegan karena tanpa Silikon, Paraben, Phthalate, Minyak Kelapa Sawit, Sulfat, juga tanpa melalui uji coba terhadap hewan, tanpa bahan yang membahayakan eksistensi terumbu karang, dan yang terpenting adalah tersertifikasi Halal MUI juga terdaftar di BPOM dengan POM NA18181203873. 

Klaimnya menggiurkan, ya? Hehe

Salah satu alasan pengen coba Sensatia Botanicals Original Soapless Facial Cleanser adalah karena packagingnya yang anti mainstream. Kalau biasanya facial cleanser itu dikemas dalam bentuk tube gitu, Sensatia Botanicals Original Soapless  Facial Cleanser justru dikemas dalam botol plastik mirip obat, hihihi. Anti mainstream, 'kan?. Box nya juga bagus, informasinya lengkap tertera di box.


Dari gambar udah terlihat jelas ya, packagingnya seperti botol obat dengan tampilan simpel yang cuma dibalut kertas doff tapi glossy gitu buat product description, jadi kertasnya ya bakal tetep awet meski kena air terus menerus. For me meski packagingnya simpel, tapi tetep menarik, sih. Warna botolnya sedikit coklat gitu dengan tutup flip-top warna hitam. 

Karena teksturnya gel bening transparan dan kental, untuk keluarin isinya harus dipencet botolnya.

Aromanya gimana? Hem ... Karena Sensatia Botanicals Original Soapless Facial Cleanser ini terbuat dari bahan alami, jadi aromanya ya mirip jamu gitu,  seperti tanpa ada tambahan fragrance. Aroma jamunya sih sebenarnya nggak terlalu strong, dan saya sih nggak masalah sama aromanya, tapi mungkin bagi yang kurang suka sama aroma yang nggak ada wangi-wangi enaknya, mungkin bisa dipertimbangkan untuk beli ini.

Oh iya, karena saya baru pake Sensatia Botanicals Original Soapless Facial Cleanser ini baru seminggu, jadi tulisan ini berdasarkan first impression,  ya. 

First impressionnya gimana? Suka!

Meski aromanya nggak ada enak-enaknya, tapi nggak masalah lah karena emang bahannya alami. Pertama kali pemakaian sih kulit kaya ada yang ngelupas gitu di area dagu, sepertinya reaksi awal. Tapi setelah pemakaian dua hari kondisi kulit back to normal, sih. Setelah itu ya ternyata enak aja dipakenya, kulit nggak kering pas di pagi hari tapi ya nggak lembap juga kalau cuma facial cleanser ini tok yang dipake. Jadi biar kulit lembap, minimal pake toner sama day cream yang mengandung SPF kalau cuma lagi di rumah aja atau kalau lagi males pake rangkaian skincare lengkap biar kulit tetep terhidrasi. 

Saya beli Sensatia Botanicals Original Soapless Facial Cleanser ini di Official Storenya di Tokepedia yang langsung dikirim dari Bali dengan harga Rp. 130.000. Lumayan sih, lagi free ongkir juga pas pesen,  karena ongkirnya aja kena Rp. 22.000 ke Tangerang Selatan, wkwkwk. 

Untuk ukuran botol 220 ml, harga segitu sih jatohnya murah, ya karena bisa abis lebih dari tiga bulan, mungkin juga lebih.  Tapi jangan lebih dari enam bulan, karena di produknya ada informasi bahwa setelah kemasannnya dibuka cuma bertahan 6 bulan. 

Repurchase? InsyaAllah, yes! Cape juga lagian kalau gonta-ganti mulu. 

Oh iya, soon bakal tayang juga produk skincare routine yang saya pakai selama ini, yang bikin kulit wajah kering saya cukup terhidrasi dan nggak kusam lagi.

Salam, 

14 comments

  1. Wow, banyak banget ya, 220 ml dan cuma 13o ribuan. Aku juga punya msalah kulit kering tapi pori-porinya gede dan mudah jerawatan plus bruntusan... huhuhu kesel deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak banget, biasanya kan facial cleanser itu paling 150ml,ya.

      Sama donk, mak. Kulitku juga kering dan gampang jerawatan hihi

      Delete
  2. Aku juga sempat nyobain si sensatia ini. tapi untuk kulit yang oily..
    dan alhamdulillah sih cocok2 aja.

    ReplyDelete
  3. Teksturnya gimana kak? Cream atau cairan gitu

    ReplyDelete
  4. duh penasaran sama produk ini, kata temenku ini bagus dan cocok di dia, <3

    ReplyDelete
  5. Seneng deh ada produk lokal yg alami dan cruelty free gini.

    ReplyDelete
  6. aku belum pernah nyobainn.. tapi thanks infonya ka

    ReplyDelete
  7. Kebetulan kulitku juga kering. Sabun ini busanya nggak banyak ya?

    ReplyDelete
  8. Aku udah coba juga facial wash nya tapi varian lain. Cuma hasilnya biasa aja di aku😂

    ReplyDelete
  9. Satupun belum pernah cobain produknya sensatia...tapi penasaran banget, liat review ini jadi bisa sekilas tau produk produkknya mreka wanginya bakalan ala ala jamuan gitu ya...jadi makin penasaran pen coba deh

    ReplyDelete
  10. sensatia emang produknya gentle banget ya

    ReplyDelete
  11. Banyak review yang aku baca emang suka sama produk ini.. selamat kak, akhirnya berjodoh sama si Sensatia ini 😄

    ReplyDelete
  12. ini produk bikin penasaran banget buat aku

    ReplyDelete
  13. Duh sensatia botanicals tuh salah satu produk lokal yg bikin aku penasaran bgt :( kepo deh pengen coba

    ReplyDelete

Welcome to my daily life as full time mom and part time blogger dan terima kasih sudah mampir ke rumah.