Bye Rambut Lepek!

Bismillah.


Assalamualaikum.


By the way, jadi perempuan, tuh, lumayan ribet, ya. Banyak sekali yang perlu dirawat untuk menjaga penampilan. Dari skincare, body care, underarm care, sampai hair care. Keempatnya saya lakuin sebagai rutinitas, semata-mata untuk mencintai diri sendiri. Bonusnya tentu saja untuk menjaga penampilan di depan pasangan.


Siapa, sih, yang mau keliatan kucel atau nggak terawat depan pasangan? Meski pasangan nggak menuntut ini itu, kita sadar diri aja. Lagian merawat tubuh juga termasuk ibadah karena merupakan bentuk menjaga pemberian dan rasa syukur terhadap ciptaan Tuhan.


Ngomongin rambut lepek seperti judul tulisan ini, tipe rambut saya, tuh, nggak terlalu tebal dan lurus. Salah satu poin plus punya rambut seperti itu adalah rambut jadi mudah diatur. Saya jarang banget nyisir rambut. Setelah rambut kering dari keramas, rambut jadi rapih sendiri tanpa perlu disisir. 


Nah, meski begitu, saya juga punya masalah rambut yang sering saya alami. Rambut saya rawan rontok, misalnya disebabkan hormonal seperti saat setelah melahirkan atau saat rambut udah panjang.


Ya! rambut saya nggak bisa panjang. Kalau udah panjang, pasti rontok. Kalau udah seperti itu, satu-satunya solusi tentu saja dipotong.


Ada yang sama, kah, kaya gitu juga?


Awal tahun 2021 kemarin, saya pernah mengalami rambut rontok lumayan parah padahal rambut lagi nggak panjang dan nggak baru melahirkan juga. Saking lumayan parahnya, suami sampe ngedumel karena tiap hari cape bersihin rambut yang jatuh di lantai, wkwkwk. Sehari bisa sampe berapa kali dia bersihin rambut.


Setelah mencari tau penyebab kerontokan rambut, saya rasa penyebabnya adalah karena rambut saya kurang nutrisi. Saat itu saya memang cuma pakai sampo aja tanpa pakai perawatan rambut lainnya.


Singkat cerita, akhirnya saya ganti perawatan rambut ke rangkaian sampo khusus rontok. Lengkap dengan conditioner, masker, dan hair tonic-nya. Selama beberapa bulan pemakaian, Alhamdulillah rontoknya jadi berkurang banget. Rambut juga jadi lebih mudah diatur, wangi, halus, dan jatuh.


Saya pikir case closed setelah rambut nggak rontok, ternyata rambut saya jadi mudah lepek :( 


Salah satu penyebab rambut lepek yang saya baca adalah karena terlalu sering keramas sehingga kulit kepala jadi lebih banyak memproduksi minyak. Akhirnya saya coba mengurasi frekuensi keramas. Dari yang awalnya setiap hari menjadi 2-3 hari sekali, tapi ternyata masih lepek juga. 


Ciri-ciri rambut lepek yang saya rasakan:

  • Tampilan rambut jadi tipis dan nggak bervolume

Tipe rambut saya udah tipis. Saat rambut lagi lepek, otomatis tampilan rambut jadi tambah tipis keliatannnya

  • Rambut berminyak dan lengket

Pas pegang rambut yang lagi lepek. rasanya lengket dan berminyak

  • Rambut bau

Kalau lagi nggak lepek, biasanya rambut tetap wangi meski udah beberapa hari nggak keramas. Saat lagi lepek, rambut jadi bau apek 


Tadinya mau ganti ke rangkaian sampo lain, tapi saya khawatir rambut kembali rontok. Akhirnya tetap bertahan pakai rangkaian sampo itu sampai kemudian saya penasaran pengen cobain Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dan Scarlett Yordanian Sea Salt Conditioner.



Saya tertarik mencoba keduanya karena sejauh ini saya cocok pakai produk Scarlett, baik bodycare maupun skincare-nya. Harapannya semoga hair care-nya juga cocok di saya.


Pas produknya sampai ke rumah, saya excited banget pengen langsung cobain. First impression saat lihat packagingnya, tuh, lucu banget. Anti mainstream banget ada produk sampo yang kemasannya kaya gitu.


Di kemasannya juga tertera ingredients, expired date, nomor BPOM, dan cara pemakaian. Hanya saja kurang tercantum informasi produk yang menjelaskan manfaatnya apa. Padahal menurut saya, mencantumkan manfaat produk di kemasan merupakan hal yang cukup penting.


Sampo dan conditioner-nya memiliki kemasan yang sama berukuran 250 ml dengan warna yang berbeda: warna biru untuk Yordanian Sea Salt Shampoo, dan warna pink untuk Yordanian Sea Salt Conditioner.


Awalnya saya pikir wanginya bakal khas Scarlett banget yang fresh dan manis seperti sabun, dan lulurnya. Namun ternyata, wangi rangkaian perawatan rambut Scarlett ini memiliki aroma bunga, yaitu Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dengan wangi Magnolia, dan Scarlett Yordanian Sea Salt Conditioner dengan wangi Bunga Sedap Malam. 


Nggak cuma kemasannya aja yang unik, tapi wanginya juga unik. Baru kali ini saya pakai rangkaian perawatan rambut yang beraroma wangi bunga.


Untuk Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo, wanginya mirip bunga melati, tapi nggak begitu nyengat. Sedangkan Scarlett Yordanian Sea Salt Conditioner wanginya lebih soft seperti bunga mawar. Aroma keduanya enak dan bisa ditolerir di hidung saya.


Saking excited pas produknya sampai, jadi saya langsung pakai produknya sore itu juga. Setelah beberapa kali pakai, saya baru engeh kalau rambut saya nggak lepek lagi. Sebelumnya setiap menjelang jadwal keramas, rambut saya pasti udah mulai lepek.


Semenjak pakai Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dan Scarlett Yordanian Sea Salt Conditioner, saya merasa udah nggak lepek lagi.


Berhubung di kemasannya nggak tercantum manfaat produk, dan saya juga nggak langsung cari tau manfaat produknya sebelum pakai, jadi saya kurang yakin apakah kebetulan atau memang karena pakai haircare Scarlett rambut saya no more lepek. Lalu saya mulai cari tau manfaatnya via akun Instagram Scarlett Whitening maupun webiste.


Setelah ubek-ubek informasi, ternyata memang manfaat Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dan Scarlett Yordanian Sea Salt Conditioner mampu mengurangi minyak berlebih pada rambut yang mengakibatkan lepek karena terdapat kandungan Sea Salt di dalamnya. Pantesan!


Berikut manfaat Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dan Scarlett Yordanian Sea Salt Conditioner:

  • Mengontrol kadar minyak pada kulit kepala

  • Membersihkan kulit kepala

  • Menguatkan akar rambut

  • Memberikan volume pada rambut

  • Mencegah rambut rontok dan bercabang

  • Menyehatkan folikel rambut dan kulit kepala

  • Membuat rambut lebih berkilau


Ternyata manfaatnya banyak, dan sesuai banget dengan kondisi dan tipe rambut saya yang lepek, rawan rontok, dan nggak bervolume karena rambutnya tipis.


Alhamdulillahnya Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo dan Scarlett Yordanian Sea Salt Conditioner beneran nggak bikin rontok. Padahal sebelumnya khawatir ganti hair care karena takut nggak cocok dan bikin rontok.


Secara tekstur, Scarlett Yordanian Sea Salt Shampoo nggak terlalu kental berbentuk gel berwarna ijo tosca bening. Sedangkan Scarlett Yordanian Sea Salt Conditioner memiliki tekstur cukup kental berbentuk lotion berwarna ungu.



Fungsi conditioner itu sebagai pelengkap perawatan rambut sehingga menjadi lebih berkilau dan mudah diatur. Saya merasakan banget bedanya antara pakai sampo aja dan pakai sampo + conditioner. Pakai sampo aja nggak cukup untuk menutrisi rambut, makanya rambut saya jadi rontok waktu itu karena terlalu kering.



Para ahli menyarankan untuk selalu pakai conditioner setelah keramas, karena sampo biasanya dapat menghilangkan kelembapan rambut dan membuat rambut menjadi lebih kering. Nah, pemakaian conditiner setelah keramas mampu mengembalikan kelembapan rambut sehingga rambut menjadi lebih sehat dan indah.


So, jangan skip conditioner, ya!


Sebagai informasi, Scarlett Yordanian Sea Salt Shampo dan Scarlett Yordanian Sea  Salt Conditioner aman dipakai karena sudah teregistrasi oleh BPOM, serta tidak mengandung Merkuri maupun Hydraquinone.


Keduanya juga aman digunakan oleh ibu hamil dan ibu menyusui, dan dapat digunakan mulai dari usia 13 tahun.


Setelah beli, jangan lupa cek keaslian produk Scarlett dengan cara ini:


Biar lebih aman, disarankan untuk membeli melalui link ini https://linktr.ee/scarlett_whitening


Salam,

Tidak ada komentar

Welcome to my second home, dan terima kasih sudah mampir ke rumah.