Menabung Versi Konten Kreator

Bismillah.

Siapa, sih, konten kreator?

Konten kreator yaitu saya, kamu, kalian, dia, mereka. Kita semua bisa disebut sebagai konten kreator ketika menghasilkan konten.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, konten adalah informasi yang tersedia melalui media sosial atau produk elektronik. Konten bisa berupa video, audio, tulisan, atau gambar.

Jadi selama kita membuat konten yang berisi informasi, maka kita bisa disebut sebagai konten kreator atau pembuat konten. 

Media konten kreator sekarang udah banyak banget. Mulai dari Youtube, Facebook, Twitter, Blog, Podcast, Instagram, dan Tiktok.

Ada yang bikin konten di media itu semua? Atau salah satunya aja?

Kalau saya sih hanya aktif di Blog, Facebook, Instagram, dan Twitter. 

Sekarang udah banyak banget konten kreator di Indonesia. Banyak dari mereka yang berpenghasilan wow dari konten yang mereka buat. Baik melalui endorsment, collaboration, atau menjadi nara sumber untuk event.

Selain berpenghasilan, konten kreator juga punya tabungan biasanya. Tabungannya tentu saja bukan hasil menyisihkan dari penghasilan.

Gambar oleh Harry Strauss dari Pixabay 

"Terus dari mana, dong?"

1. Google Adsense

Bagi Blogger dan Youtuber, Google Adsense nggak boleh dilewatkan. Iklan yang ditampilkan di Blog, dan Youtube menjadi salah satu sumber penghasilan bagi Blogger, dan Youtuber.

Penghasilannya cukup fantastis saat Blogger atau Youtuber aktif membuat konten. Saat saldo adsense-nya mencapai jumlah batas minimum, saldo bisa ditransfer ke rekening Blogger dan Youtuber.

2. Affiliate Program

Sering, nggak, baca postingan konten kreator yang lagi mempromosikan produk terus disisipi link pembeliannya juga?

Nah, biasanya link tersebut merupakan link referral dalam program affiliasi antara brand dan konten kreator. 

Sebenarnya banyak, nih, perusahaan yang membuat program affiliasi seperti itu. Salah satu contoh yang sedang hype sekarang adalah Shopee Affiliate.

Dengan mendaftar di Shopee Affiliate, konten kreator bisa mendapatkan tambahan penghasilan dengan cara mempromosikan produk yang disertai dengan link pembelian di Shopee.

Ketika ada yang membeli melalui link referral yang kita bagikan, maka kita pun mendapatkan komisi sekian persen dari hasil penjualan.produk. 

Lumayan, kan, kalau dikumpulin?

3.Payment Endorse yang Tertunda

Blogger atau Influencer yang pembayaranya pernah telat ditransfer pasti can relate, wkwkwk.

Terms of payment endorse biasanya dibayar setelah semua scope of works telah diselesaikan. Namun, ada juga yang dibayar sebelum scope of work dijalankan. 

Meski sudah ada term of payment, tapi kadang ada saja kerja sama yang pembayarannya telat.

Kalau telat seperti ini, saya menganggapnya itung-itung nabung. Asal jangan lupa untuk tetap follow up klien, ya.

Itulah macam-macam menabung versi konten kreator. Jumlah penghasilannya ditentukan oleh seberapa aktif kita bikin konten yang berbobot.

Semakin akitf kita bikin konten, semakin banyak saldo adsense dan affiliate masuk. 

Ada yang mau nambahin?

Salam,

No comments

Welcome to my second home, dan terima kasih sudah mampir ke rumah.