Cara Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi

Bismillah. 

Assalamu'alaikum. 

Buibu, ada yang masih inget nggak, di usia berapa pertama kali menstruasi dulu? Hayooo .... 

Menstruasi adalah salah satu kodrat perempuan yang mau nggak mau, suka nggak suka, tapi tetap harus kita jalani. 

Jangan sepelekan menstruasi, ya. Sebisa mungkin untuk selalu mencatat tanggal saat hari pertama menstruasi. 

Menstrual cup yg saya pakai 

Ada beberapa keuntungan ketika kita rajin mencatat tanggal hari pertama menstruasi:

1. Mengetahui Siklus Menstruasi

Dengan rajin mencatat tanggal menstruasi, kita jadi bisa tau siklus menstruasi kita apakah normal atau nggak. 

Siklus menstruasi yang normal yaitu 21-35 hari. Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama menstruasi bulan ini sampai hari pertama menstruasi berikutnya. 

Misalnya bulan kemarin menstruasi tanggal 27 April, lalu bulan ini menstruasinya tanggal 28 Mei. Nah berarti siklus menstruasinya sekitar 32 hari, dan itu masih dikatakan normal. 

So Menstruasi nggak harus selalu di tanggal yang sama. Setiap bulan tanggalnya beda ya nggak masalah, asal siklusnya di rentang 21-35 hari. 

2. Mengetahui Masa Subur

Ada yang sedang program hamil? Jangan lupa hitung masa suburnya, ya. Untuk menghitung masa subur, salah satunya adalah dengan mengetahui hari pertama menstruasi sebelumnya, lho. 

3. Mengetahui Usia Kehamilan

Pasti pernah kan ditanya, "Kapan hari pertama menstruasi terakhir" saat periksa kandungan? 

Nah, pertanyaan itu bukan sekadar basa-basi, tapi justru untuk menghitung usia kehamilan pasien.

Usia kehamilan dihitung dari hari pertama haid terakhir (HPHT), bukan dari terakhir berhubungan suami istri. 

Gimana? Penting kan ternyata mencatat tanggal menstruasi. So don't forget to mark your first period date.

Ngomongin menstruasi, saya jadi inget kalau saya belum menstruasi lagi semenjak nifas satu tahun yang lalu, huhu. Tapi insyaAllah masih normal, karena saya menyusui aktif sampai sekarang. 

Oh, iya. Dalam rangka menyambut Hari Kebersihan Menstruasi yang diperingati setiap tanggal 28 Mei, kemarin saya mengikuti Webinar ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia dan Mundipharma Indonesia.

Bersyukur bisa bergabung di webinar tersebut, karena saya mendapat pengetahuan tentang Manajemen Kebersihan Menstruasi.

Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH selaku Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) menjelaskan, “Pada saat menstruasi, risiko infeksi meningkat karena bertambahnya jumlah bakteri buruk di vagina, akibat turunnya tingkat keasaman vagina karena keberadaan darah haid.


Oleh karena itu, sangat penting untuk menerapkan MKM di antaranya:

  • Membersihkan vagina secara benar, teliti dan berkala
  • Menggunakan air bersih mengalir dengan cairan pembersih antiseptik kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina dan dapat digunakan saat menstruasi
  • Menggunakan pembalut bersih dan dapat menyerap darah dengan baik
  • Mengganti pembalut secara teratur minimal setiap 4 jam sekali. Apabila merasakan gejala yang tidak normal saat menstruasi, maka dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter

Prof. Dwiana menambahkan, “Tidak hanya pada saat menstruasi, perawatan area vagina juga harus diperhatikan setiap hari. Hal ini untuk menjaga kesehatan dan menghindari masalah seperti keputihan, gatal, bau tidak sedap, peradangan, hingga pencegahan penyakit serius seperti kanker serviks.


Merawat vagina sangatlah mudah, yaitu dengan membasuh vagina dengan air mengalir setelah buang air kecil dan besar; hindari membersihkan vagina dengan sabun mandi, melainkan gunakan pembersih kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina dan mendukung flora normal di area kewanitaan; gunakan tisu berbahan lembut untuk mengeringkan vagina; cuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan vagina; menggunakan celana dalam berbahan katun; serta ganti celana dalam saat terasa lembab atau basah. Bagi perempuan yang sudah kontak seksual dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan pap smir atau IVA secara teratur.”


Ada yang sering pakai sabun pembersih wanita? Jangan asal pilih, ya. Pilih yang memang khusus untuk kewanitaan dan yang sesuai dengan pH vagina.


Country Manager Mundipharma Indonesia, Mada Shinta Dewi menyampaikan, “Mundipharma Indonesia terus berkomitmen memperbaiki kualitas hidup masyarakat Indonesia, dalam hal ini perempuan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya.


Sejak tahun 2017 Mundipharma Indonesia telah berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan POGI dalam menyelenggarakan program edukasi mengenai kebersihan menstruasi, serta membagikan Buku Saku ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ kepada lebih dari 1,000,000 perempuan Indonesia. 


Melalui kegiatan edukasi ini, kami berharap perempuan Indonesia semakin mengerti cara menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya sedini mungkin, serta dapat terus beraktivitas dengan nyaman tanpa terhalang menstruasi.”


Mundipharma Indonesia melalui BETADINE® Feminine Care melakukan kampanye edukatif #YangIdeal untuk mengajak perempuan Indonesia mengetahui dan mengerti cara yang ideal dan tepat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan, salah satunya dengan menggunakan pembersih khusus area kewanitaan yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan sehari–hari, saat menstruasi, dan saat terjadi infeksi di organ kewanitaan. 



Dalam hal ini BETADINE® Feminine Care menyediakan rangkaian produk area kewanitaan yang lengkap dan berkualitas tinggi, mulai dari:

  • Pembersih kewanitaan sehari–hari dengan prebiotik
  • Pembersih kewanitaan dengan kandungan daun sirih dan prebiotik
  • Pembersih antiseptik kewanitaan khusus untuk mengatasi infeksi area kewanitaan dan antiseptik kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator
  • Tisu basah pembersih kewanitaan dengan prebiotik yang 100% biodegradable atau flushable


Tentang BETADINE®  

BETADINE® adalah produk yang sudah dipercaya lebih dari 50 tahun di seluruh dunia untuk mencegah dan mengobati infeksi. 


Sebuah merek terpercaya di antara konsumen rumah tangga untuk mengobati luka kecil dan luka gores, sakit tenggorokan, infeksi kewanitaan, dan untuk menghentikan masalah kecil agar tidak meningkat menjadi masalah besar. 


BETADINE® Feminine Care merupakan rangkaian lengkap untuk mendukung kebersihan dan kesehatan area kewanitaan, mulai dari sehari–hari, menstruasi dan juga infeksi area kewanitaan. 


Untuk sehari–hari, BETADINE® Feminine Wash dilengkapi dengan Prebiotik yang merupakan makanan dari bakteri baik dan memberikan perlindungan alami sehari–hari. 


Untuk infeksi di area kewanitaan, BETADINE® Feminine Hygiene dengan Povidone–Iodine yang memiliki spektrum luas dan terbukti mengatasi keputihan berlebih, gatal, bau tak sedap dan iritasi ringan yang kerap terjadi saat menstruasi.


Salam, 

No comments

Welcome to my second home, dan terima kasih sudah mampir ke rumah.