Begini Alur Cerita Sinetron Ikatan Cinta

Bismillah.

Assalamua'alaikum, Buibu. Apa kabar, Bu? 

"Ga usah senyum-senyum!"

"Apa lagi?"

"Bisa diem nggak?"

"Nggak usah geer!"

Hayooo ... Siapa yang familiar sama kalimat di atas? Kalau sering denger, berarti fix kalian Buibu pecinta sinetron IC alias Ikatan Cinta kaya saya, haha.

Kalimatnya terngiang-ngiang ya, Bun karena Aldebaran sering ngomong begitu ke Andin. 

Ada yang baru mau nonton Ikatan Cinta? Telat sih kalau mau nonton sekarang, karena pasti bakal bingung awal mula ceritanya bagaimana, si Elsa itu siapa, dll.

Bisa sih kalau mau nonton dari episode 1, tinggal nonton di aplikasi RCTI+. Lengkap di sana.

Source RCTI+

Males nonton dari awal tapi penasaran? Yaudah, baca ajalah tulisan saya ini. Soalnya saya mau ceritain awal mulanya bagaimana.

Sebetulnya saya juga baru nonton Ikatan Cinta itu di episode 13-14 pas Aldebaran dan Andin menikah, tepatnya pada tanggal 25 Oktober 2020.

Itu pun nontonnya nggak sengaja banget. Setelah selesai nonton Master Chef Indonesia nggak buru-buru ganti channel ceritanya, dan ternyata langsung menayangkan Ikatan Cinta tanpa iklan dulu. Nonton bentar karena penasaran ini sinetron apaan, eh malah keterusan sampe sekarang karena ceritanya seru.

So gimana sih emang awal mula ceritannya? Kok bisa jadi sinetron rating 1 saat ini.

This is it!

Ada dua kakak beradik berbeda ibu yang bernama Elsa (Glenca Chysara) dan Andin (Amanda Manopo). Elsa deket dan cinta sama laki-laki bernama Nino (Evan Sanders). Andin punya pacar namanya Roy (Fiki Alman).

Andin dan Roy putus karena Roy ketahuan selingkuh. Roy ini bucin banget sama Andin, ngajak balikan terus dan selalu ditolak sama Andin.

Pada suatu hari, Nino melamar Andin. Elsa marah ke Nino dan Andin saat tau Nino malah melamar kakanya. Padahal Nino nggak tau kalau ternyata Andin adalah saudara Elsa, dan Andin juga nggak tau kalau ternyata Nino adalah orang yang dicintai Elsa.

Begitu juga dengan Roy, sangat sedih pas dapet undangan pernikahan dari Andin.

Saat hari pernikahan tiba, Roy datang buat menggagalkan pernikahan Nino dan Andin tapi gagal. Diusirlah dia. Pas di luar, Elsa menghampiri Roy dan ngobrol kalau mereka berdua sama-sama orang yang tersakiti.

Sama-sama lagi galau, dan pengen cari ketenangan, mereka berdua sepakat buat pergi. Pergi dugem dan mabuk-mabukan sampai akhirnya terjadilah hal yang nggak diinginkan. Elsa hamil anak Roy.

Elsa bingung dan panik. Dia minta pertanggung jawaban Roy, tapi Roy malah nuduh Elsa hamil dengan orang lain.

Elsa cerita ke Andin tentang kehamilannya dan minta Andin untuk merahasiakannya. Andin pengen bantu masalah Elsa, makanya Roy dan Elsa diminta datang ke rumahnya Andin untuk membicarakan hal tersebut di saat Nino lagi nggak ada di rumah. 

Roy datang ke rumah Andin bawa bunga. Pas Andin lagi nggak sama Roy di ruang tamu, Elsa datang dan kaget liat Roy. Ternyata keduanya nggak tau kalau diminta ke rumah Andin barengan. 

Di situ juga Elsa minta pertanggung jawaban Roy lagi, tapi Roy tetep nggak mau. Elsa jatuh karena didorong Roy, dan dia marah sama sikap Roy. Nggak pake mikir lagi, Elsa ambil gunting yang ada di sampingnya lalu menusuk Roy sampe tewas.

Setelah membunuh, Elsa kabur. Andin masuk ke ruang tamu dan kaget liat Roy udah meninggal. Dia nggak tau apa yang terjadi sebelumnya.

Polisi datang untuk olah TKP dan memutuskan untuk menangkap Andin sebagai tersangka. 

Karena nggak ada bukti kalau Andin nggak bunuh, jadilah dia dipenjara selama empat tahun.

Selama Andin dipenjara, Elsa mempengaruhi Nino kalau Andin hamil anak Roy makanya Andin bunuh Roy. Nino oon malah percaya gitu aja. Andin memang hamil dan Nino belum tau karena mau dikasih surprise tentang kehamilannya pas pulang kerja nanti.

Nino marah ke Andin lalu menceraikannya meski Andin sudah meyakinkan Nino kalau dia nggak selingkuh dan nggak membunuh Roy. Setelah cerai sama Andin, eh dia malah nikah sama Elsa tanpa sepengetahuan Andin.

Long short story, Andin melahirkan anaknya di penjara. Anaknya dititip ke Elsa karena di penjara nggak ada yg urus. Elsa khawatir ketauan kalau bayi tersebut adalah anaknya Andin dan Nino. Takut Nino nanti tes DNA segala buat membuktikan kebenarannya.

Elsa pinter, biar nggak ketauan, ditarolah anaknya Andin ke panti. Biar Andin nggak nyariin anaknya, Elsa bohong kalau anaknya udah meninggal. Jadinya ya sampe sekarang yang Andin tau anaknya udah meninggal.

Roy punya kakak laki-laki bernama Aldebaran (Arya Saloka). Aldebaran ini sultan Pondok Pelita yang tajir melintir. Dia nyari tau siapa pembunuh Roy. Dicari tau dong sama asistennya sampe lengkap banget. Al jadi tau kalau yang bunuh Roy namanya Andin. 

Sejak saat itu Al jadi donatur tetap panti asuhan tempat anaknya Andin sambil memantau tumbuh kembangnya anaknya Andin karena dikiranya itu anaknya Roy juga.

Pas anaknya Andin udah usia tiga tahun, Al pengen adopsi Reyna (anaknya Andin) tapi nggak bisa karena Al belum nikah. Akhirnya dia nikahin Andin yang saat itu udah keluar penjara dan telah bekerja di perusahaan Aldebaran sebagai cleaning service.

Niat nikahin Andin buru-buru ya cuma biar bisa adopsi Reyna sebelum diadopsi oleh orang lain, juga mau bales dendam ke Andin dengan membuatnya tekanan batin karena telah membunuh Roy.

Awalnya Al benci banget ke Andin karena meninggalnya Roy bikin ibunya depresi. Emaknya Al cuma tau Roy meninggal, tanpa tau dibunuh oleh siapa. Makanya sampe sekarang hubungan emaknya Al (Mama Rosa) dan Andin itu baik-baik aja.

Tadinya sih benci, tapi sekarang? Benci-benci cinta. Dasar emang kulkas dua pintu. Udah cinta padahal ke Andin, tapi susah banget mau bilang i love you ke bininya.

Intinya, Al taunya Reyna itu anaknya Andin dan Roy yang dibuang sama Elsa dulu. Al tau kalau yang buang itu Elsa, Al tau kalau Andin ga tau anaknya masih hidup. 

Cuma Al nggak tau kalau yang bunuh Roy itu Elsa juga, Al ga tau kalau Reyna itu anaknya Andin dan Nino. Andin tau kalau dia dinikahin cuma biar dapet adopsi Reyna. Andin ga tau kalau Reyna itu anak kandungnya. Andin ga tau kalau dalang semua ini adalah Elsa.

Di sinilah kegemesan para penonton. Kapan dong semua kebenaran terungkap biar Elsa dapet hukuman atas perbuatannya. Jangan lama-lama atuhlah Pak Sutradara, masa udah episode 115-116 di tanggal 9 Januari 2021 ini belum terungkap juga kebenarannya, wkwkwk.

Sampai per hari ini, ceritanya masih seputar Andin yang sedih karena Al nggak mau menyentuh layaknya suami istri. Andin masih ragu-ragu apakah benar Al udah cinta sama dia atau belum. Kalau udah cinta, kenapa sampai tiga bulan pernikahannya belum disentuh juga sama Al.

Al emang udah cinta, tapi Al belum bisa melaksanakan kewajibannya sebagai suami. Al belum mau menyentuh Andin karena masih terbayang-bayang sebagai pembunuh Roy.

Kapankah kebenerannya terungkap biar Al dan Andin hidup bahagia? Kita tunggu episode selanjutnya.

Awas aja tapi ya kalau masih lama terungkapnya. Keburu bosen nanti penontonnya karena kelamaan, hihi.

Ya jadi begitulah secara garis besar ceritanya. Nggak mungkin kan saya cerita detail banget.

Banyak kok moral of story yang didapat dari Ikatan Cinta. 

Salah satunya Elsa dapat balasan dari kejahatannya, yang hidupnya nggak pernah bahagia meski udah menikah dengan laki-laki yang dia cintai. Hidupnya dihantui rasa takut kalau semua kejahatannya terbongkar. 

Begitulah kalau manusia berbuat jahat. Cepat atau lambat, pasti akan mendapat balasannya. 

Two thumbs up sama cerita dan akting para pemainnya. Really appreciate kerja keras para pemain dan crewnya sampai menjadi sinetron rating 1. 

Cuslah yang belum nonton, tonton sekarang. Mumpung kejahatan Elsa belum ketauan. 

Salam,  





2 comments

  1. Saya juga nonton, tapi di tengah-tengah agak bosan karena greget masalahnya berputar-putar di situ. Cuma harus diakui ini sinetron lebih naik kelas dari segi cerita, gambar, dan kualitas akting pemain dibanding sinetron lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya ya, Mba.

      Aku juga sempet beberapa hari ga nonton dulu karena alur ceritanya masih begitu terus. Alurnya lambat, dan kebanyakan iklan. Tapi sekarang nonton lagi nih karena lagi seru.

      Delete

Welcome to my second home, dan terima kasih sudah mampir ke rumah.