Mengenal Asuransi Mobil Murah, Jarang Diketahui Masyarakat Indonesia!



Apakah kamu sedang berencana membeli mobil? Selamat, itu tandanya, tinggal selangkah lagi kamu memiliki kendaraan pribadi impian yang nyaman untuk kamu dan keluarga.

Tentu menyenangkan memiliki transportasi terpercaya yang reliabel untuk digunakan baik di dalam maupun luar kota tanpa terpengaruh cuaca. Namun apakah kendaraan tersebut sudah dilindungi oleh asuransi mobil murah?

Baik membeli mobil bekas atau pun mobil baru, kamu perlu mengetahui beberapa hal agar pengalaman berkendara kamu semakin nyaman.

Selain kondisi kendaraan dan juga lokasi servis suku cadang terdekat, kamu juga harus mengetahui seluk beluk asuransi mobil murah untuk kenyamanan jangka panjang.

Memahami Konsep Asuransi Mobil
Asuransi mobil memegang peranan yang tidak kalah penting dari mobil itu sendiri. Layaknya asuransi kesehatan manusia, asuransi kendaraan menjamin risiko kecelakaan yang tidak dapat ditebak dan tidak terduga sehingga dialihkan kepada perusahaan asuransi atau lembaga penjamin.

Dengan kata lain, hal-hal yang tidak dapat diprediksi seperti tabrakan, kecelakaan, bahkan resiko kehilangan bisa ditanggung oleh perusahaan penjamin asuransi mobil murah!

Menarik bukan?

Namun sayangnya, tidak semua masyarakat Indonesia memahami pentingnya memiliki asuransi mobil murah ini. Tidak lain tidak bukan dikarenakan kurangnya literasi pemahaman terkait asuransi mobil.

Image source: Pixabay.com

Mana Asuransi Mobil Murah yang Terjangkau untuk Saya?
Sebelum mencari asuransi mobil murah yang sesuai dengan budget kamu. Mari memahami jenis asuransi mobil yang ada di Indonesia.

Ada 2 jenis asuransi mobil murah yang bisa kamu pilih:

  1. Asuransi Mobil All Risk/Comprehensive

Asuransi mobil murah ini melindungi mobil secara menyeluruh dari berbagai kerusakan, mulai dari goresan, penyok, hingga tabrakan. Tidak main-main, bahkan asuransi mobil ini juga bisa melindungi kamu dari kehilangan alias pencurian mobil.

Jangan lupa pastikan polis asuransi memang menanggung hal tersebut. 

  1. Asuransi Mobil Total Loss Only

Berbeda dengan All Risk, asuransi mobil murah Total Loss Only fokus pada perlindungan resiko kehilangan alias pencurian saja.

Apakah ini berarti asuransi Total Loss Only tidak bisa menanggung kerusakan? Bisa, namun dengan syarat bahwa perkiraan biaya perbaikan dari kerusakan sama dengan atau melebihi 75 persen harga kendaraan saja.

Setelah mengetahui kedua jenis tersebut, kamu bisa menentukan asuransi mobil murah mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Asuransi mobil murah All Risk merupakan yang populer dan umumnya digunakan pada pemilik mobil yang usianya kurang 5 tahun. Namun dengan catatan bahwa jaminan asuransi mobil murah All Risk mewajibkan kamu untuk membayar biaya loading rate sebesar 5 persen dari harga mobil per tahunnya.

Ini artinya, kamu menambahkan 5 persen dari rate biaya asuransi sebagai loading rate.

Bagaimana dengan asuransi mobil murah Total Loss Only? Umumnya jenis asuransi mobil murah ini digunakan pada mobil bekas di atas 5 tahun karena kecenderungan mobil yang semakin tua dan rentan terhadap kerusakan khususnya sparepart. Namun sejatinya, kamu tetap bisa membeli asuransi mobil murah ini, kok.

Membandingkan biaya asuransi mobil murah satu dengan yang lain

“Bagaimana saya bisa tahu bahwa ini asuransi mobil murah yang paling pas untuk saya?”

Mungkin kamu bertanya seperti itu. Tidak mengherankan, sebagai pemain baru dalam asuransi mobil murah, kamu mungkin kebingungan mencari asuransi yang paling tepat dan pas dengan biaya yang terjangkau.

Yang jelas, harga kendaraan yang kamu tanggungkan menentukan harga premi yang harus kamu bayar kepada penyedia asuransi mobil murah.

Dari sini kamu sudah mulai memahami bahwa semakin mahal harga kendaraan, tentu semakin meningkat pula premi yang kamu tanggung. Namun kamu tentu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar, bukan?

Apalagi dengan adanya surat edaran Otoritas Jasa Keuangan yang menyatakan bahwa terhitung sejak 1 Maret 2014, tarif premi asuransi mobil murah memiliki batasan tarif bawah dan tarif atas. Tentu ini artinya kamu tidak perlu khawatir harga yang melambung tinggi dengan batasan tarif atas, bukan?

Kamu bisa membandingkan biaya asuransi mobil murah melalui CekAja.com. Bukan sekadar menawarkan harga, namun CekAja.com bisa membantu menentukan biaya melalui data-data detil seperti tahun kendaraan, merk kendaraan, tipe, seri, hingga informasi plat kendaraan terdaftar.

Apalagi CekAja.com bekerja sama dengan ADIRA INSURANCE dan ASURANSI SINARMAS yang sudah dikenal dengan kredibilitas terbaik di seluruh Indonesia. Harga asuransi mobil murah yang ditawarkan sudah pasti sejalan dengan kualitas yang ditawarkan.

“Apakah saya memang membutuhkan asuransi mobil murah?”
Bayangkan kamu sedang mengantarkan putri kesayangan kamu menuju sekolah dengan mengendarai mobil yang baru kamu beli 2 minggu lalu. Sekitar 1 kilometer dari tujuan, tiba-tiba sebuah mobil tidak dapat menghentikan laju nya di perempatan dan menabrak bagian belakang mobil kamu!

Wah, kamu tentu naik pitam, bukan? Apalagi umur mobil yang masih terbilang sangat singkat dalam kepemilikan kamu. Respon yang mungkin kamu lakukan adalah keluar dari mobil dan memaki pengendara mobil tersebut sembari meminta ganti rugi. Namun sadarkah jika kamu sudah membuat kemacetan dan anak kamu pun terlambat untuk ke sekolah karena kejadian tersebut?

Berbeda dengan jika kamu sudah mendaftarkan mobil kamu ke dalam asuransi mobil murah pilihan kamu dari CekAja.com.

Kamu menyadari bahwa ada kesempatan asuransi yang menanggung kerusakan, sehingga kamu cukup melihat bagian belakang mobil yang rusak, difoto, dan kemudian terus melaju ke sekolah sambil mengunggah data-data yang dibutuhkan untuk klaim asuransi. Kamu terhindar dari stres dan anak kamu bisa dengan gembira datang ke sekolah tepat waktu.

Lebih mudah bukan?

Kamu bisa memulai kehidupan kamu yang worry-free bersama mobil baru kamu dengan mendaftarkan diri ke asuransi mobil murah pilihan kamu. Segera cari informasi lebih lanjut bersama CekAja.com, ya!


Cekaja.com merupakan platform toko finansial online di Indonesia yang menghadirkan informasi serta layanan mutakhir untuk membantu memutuskan keputusan terkait finansial yang pastinya menguntungkan untuk Anda. Buat masa depan Anda lebih baik bersama Cekaja.com.

Tidak ada komentar

Welcome to my second home, dan terima kasih sudah mampir ke rumah.