5 me time sederhana ibu rumah tangga



Kalau sudah punya anak, yang jadi prioritas utama ya anak. Apalagi kalau anaknya masih kecil, apapun untuk anak.

Sebelum punya anak atau bahkan sebelum nikah, banyak waktu untuk sekedar me time sederhana. Entah itu scrubbing, dengerin musik, nonton drakor, berselancar di sosial media atau sekedar ngopi-ngopi cantik sambil baca buku di halaman rumah. Me time sederhana untuk menjaga kewarasan.

Sudah jadi ibu yang anaknya masih kecil, me time sederhananya ya bener-bener sederhana banget. Jangan haraplah bisa me time lama-lama.

Baca juga: 2 hal yang nampak biasa namun berdampak luar biasa

Inginnya hati mandi santai ga gebras gebrus, anak bangun nangis pasti ujung-ujungnya mandi secepat kilat. Lagi nikmatnya menyantap makanan, di pertengahan makan anak minta digendong. Lagi asik nonton infotainment, anak kebangun minta nyusu. Lagi seru-seruan chatting bareng buibu di grup whatsapp, anak nangis pengen maen bareng emaknya.

Jadi ibu, untuk sekedar me time aja sulit apalagi untuk quality time bareng temen atau family. Mungkin baru mulai ngobrol asik aja, anak udah ga betah duduk pengen diajak jalan.

Baca juga: Pentingnya buku KIA untuk kesehatan ibu dan anak

Seorang ibu rumah tangga pengen punya waktu me time, manusiawi banget. Seharian sudah urus anak, sudah beres-beres rumah, pasti cape banget kan. Kalau semua pekerjaan sudah beres, anak pun lagi tidur, waktunya me time untuk emak. Karena anak tidur adalah waktu yang sangat berharga sekali buat emak me time. Me time sederhana yang memang sederhana.

Ada 5 me time sederhana yang biasa saya lakukan ketika anak tidur :

1. Berselancar di sosial media

Sekalipun ga bikin status, ga ngetweet atau ga posting poto di instagram. Me time dengan buka akun sosial media memanglah sungguh mengasyikkan. Walau cuma sekedar baca-baca status orang lain atau sekedar ikut komentar di status temen, me time seperti ini ampuh banget buat refresh otak dan mencharge penat.

2. Libur mandi/libur beres-beres rumah

Ini saya banget kalau udah cape dan males. Anak tidur setelah mandi pagi, paling enak emaknya istirahat sejenak untuk ikut glosor-glosor di kasur atau nonton televisi. Rutinitas terjadwalnya adalah ketika anak tidur, emaknya langsung mandi dan beres-beres rumah. Tapi kalau lagi lemes dan tidak bersemangat, libur mandi dan libur beres-beres rumah adalah me time sederhana pengusir lelah yang membahagiakan.

3. Blogging/menulis

As a blogger, pengen dong produktif. Nulis minimal sekali sehari ketika anak tidur, tapi kalau anak ga mau tidur atau tidur tapi ga lama sudah bangun? Susah ya kaaan. Apalagi kalau lagi ada ide tapi anak ga tidur-tidur, bubar deh apa yang sudah terkonsep di otak. Kalau lagi ada ide dan anak berhasil tidur, buru-buru deh buat nulis. Karena menulis, me time sederhana agar produktif.

4. Ngopi cantik

Memang coffee addict tapi kurang nikmat kayanya kalau ngopi ketika anak masih melek. Biasanya kalau lagi ga mood atau kurang bersemangat, ngopi cantik menjadi salah satu me time sederhana saya. Itupun nunggu anak tidur dulu, biar ngopi cantiknya berasa nikmat, mood pun meningkat. Selain sebagai mood booster, ngopi cantik juga booster asi saya haha. Karena kalau ngopi, mood enak hati pun happy. Makanya ngopi cantik pun jadi me time sederhana kalau anak lagi tidur.

5. Tidur


Percayakan kalau ibu menyusui itu kurang tidur? Salah satu me time sederhana andalan saya ya tidur ketika anak tidur. Selain untuk mencegah dari kekurangan tidur juga bisa mengisi ulang tenaga biar semangat buat urus anak dan keluarga. Kalau kurang tidur, tenaga jadi ngedrop. Kalau udah ngedrop, ga banyak yang bisa dilakukan oleh seorang ibu. Makanya, ibu menyusui harus cukup tidur. Karena tidur adalah me time sederhana penyemangat jiwa.

Baca juga: Ku putuskan untuk menjadi seorang blogger

Me time sederhana, sederhana tapi bermanfaat dan mengasyikkan bagi saya. Karena ibu menyusui wajib bahagia agar asi tetap lancar jaya. Dan salah satu sumber kebahagiaannya adalah me time sederhana.

Kalau buibu, ngapain nih me timenya?

11 comments:

  1. yups bun, bener. aku juga dulu gitu. apalagi kalo baru punya anak baby, "kalo anaknya tdur, emaknya juga ikut tidur" biar ga capek hehe

    ReplyDelete
  2. Hehe tos bun. Btw makasih sudah mampir bun

    ReplyDelete
  3. Ibu yang baru punya anak, emang capek banget ya mbak..karena keseringan ngeronda tengah malam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe bener bgt mbak. Makanya butuh bgt me time walau sekedar ikut tidur di saat anak tidur. Btw makasih sudah mampir mba

      Delete
  4. gogoleran di tempat tidur paling asyik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk ini iya bgt nih mba. Btw makasih sudah mampir mba

      Delete
  5. Me timeku, nonton, baca dan nulis ^^

    ReplyDelete
  6. ngopi cantik...nyruput sambil selonjoran tuh rasanya kayak naik ke langit ke-7. Cling...kepala langsung enteng...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk berasa dunia milik sendiri ya mak. Btw, makasih sudah mampir mak

      Delete
  7. me time-ku paling enak tidur sambil baca hahaha eh tebalik yak pokoknya tidur terus baca gitu aja sampe besok :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir ke rumah. Ada komentar? Silahkan tinggalkan jejak, ya!


Sincerely.
Icha