2 hal yang nampak biasa namun berdampak luar biasa



Banyak hal-hal yang nampak biasa dan sederhana tapi berdampak sangat luar biasa bagi kelangsungan hidup kita di masa depan. Tapi kadang, hal-hal sederhana ini justru sulit sekali untuk dikerjakan.

Bagi saya, inilah 2 hal yang nampak biasa namun berdampak luar biasa :

1. Terbiasa minum air putih minimal 2 liter/hari untuk menjaga kesehatan.

Jujur, ini sulit banget padahal cuma disuruh minum doang bukan disuruh kerja.

Sebagai manusia yang kurang suka dengan rasa air tawar. Hal ini sungguhlah sangat berat dijalani. Padahal, dampak dari dari rutin minum air yang tak berasa, tak berwarna dan tak berbau ini sangatlah luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Dengan hanya minum air yang rasanya ga enak minimal 8 gelas/hari, bakal jauh deh dari penyakit hipertensi, gagal ginjal serta penyakit mengerikan lainnya. Sesedarhana itu. Tentunya dengan tetap menjalani pola hidup sehat yang lainnya.

Sebagai manusia yang ingin agar selalu sehat, pasti pengen deh membiasakan untuk rutin minum 2liter/hari. Tapi ternyata, realita tak sesuai ekspektasi. Mungkin karena tekad yang belum kuat, sehingga begitu sulit untuk dijalani.

Walau belum berhasil untuk minum air minimal 2liter/hari, tapi setidaknya ada peningkatan dalam diri ini, yaitu sadar akan pentingnya air putih untuk kesehatan serta rasa cemas yang menghantui kalau belum minum banyak dalam satu hari.

Walau minum sebanyak-banyaknya pun tetap belum berhasil 8 gelas. Itupun berhasil minum banyak harus air putih dingin atau paling tidak ya anget. Sekalipun mentok untuk minum air biasa, minumnya harus pake bekas botol minum kemasan atau gelas minum kemasan, no gelas yang ada di rumah. Ribet amat ya wkwkw

Tapi dalam hati ini tetap berjanji untuk bisa dan terbiasa suatu hari nanti, walau entah kapan akan terealisasi hehe

2. Taat beribadah agar masuk surga dan meninggal dalam keadaan husnul khotimah.

Salah satu cita-cita terbesar saya adalah masuk surga sekeluarga dan meninggal dalam keadaan husnul khotimah. Cita-cita semua orang lah pastinya.

Semua manusia pasti pengen masuk surga ya kan. Dari agama apapun, bagi manusia yang percaya dan beragama, surga itu pasti ada.

Banyak yang bilang, masuk surga itu gampang. Tidak sedikit juga yang bilang sulit. Kalau memang religius, ibadahnya dijadikan sebagai hobi, selalu berbuat amar ma'ruf nahi munkar, masuk surga ya gampang. Berbeda dengan yang ogah-ogahan beribadah, masuk surga ya sulit. Karena syaratnya masuk surga, ya patuh pada sang pencipta, taat beragama juga berbuat baik pada sesama. Sulit atau mudah, tergantung yang menjalankannya.

Sebagai manusia yang tempatnya salah dan lupa, tentu pengen dong rajin ibadah biar masuk surga. Tapi lagi-lagi, realitanya selalu tak sesuai ekspektasi. Entah memang imannya yang belum tebal atau kah tekadnya yang belum kuat. Yang pasti, bagai manusia yang sedang lupa, jika ajal telah datang tak dapat kita tawar.

Padahal dampak dari taat beribadah, patuh pada sang pencipta sangatlah luar biasa. Bagaimana tidak, balasannya saja surga, tempat yang enak di mana kita kekal di dalamnya. Ibadah wajib memang tidak pernah lupa, tapi bagaimana dengan amalan-amalan sunnah yang lain? Bagaimana dengan berbuat baik pada sesama? Bagaimana dengan rasa khusyu yang sulit sekali didapat ketika beribadah? Bagaimana dengan niat dari apa yang kita perbuat?

2 hal yang nampak sangat biasa tapi berdampak luar biasa. Walau sulit ketika ingin memulai, tapi ga ada salahnya untuk tetap terus mencoba .

Memang benar, manusia yang berencana tuhan yang menentukan. Tapi kalau berencana terus tanpa aksi nyata, apa tetap dikabulkan? Terlihat sederhana dan mudah, tapi begitu sulit ketika dijalani. Macem moveon, easy to talk but hard to do hehe.

Demi hidup sehat dan masuk surga, saatnya wujudkan ekspektasi hehe

4 comments:

  1. semoag bisa tercapai ya, air putih memang dasyat manfaatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba amin. Btw makasih sudah mampir ya

      Delete
  2. Samaaaa aku juga minum air putih 2 liter, efeknya pipia trus tp dampaknya Alhamdulillah bikin sehat trus

    Salam dr Ambon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba mudah2an saya pun akan terbiasa. Btw makasih sudah mampir mba

      Delete

Terimakasih sudah mampir ke rumah. Ada komentar? Silahkan tinggalkan jejak, ya!


Sincerely.
Icha