Langkah-Langkah Belajar Hangeul Secara Mandiri

안녕 하세여 여러분 (Annyonghaseyo yeorobun).

Ne!

Wae?

Neomu yeoppo.

Yeoboseyo

Gomawo

Mianhae

Hayo ... para pecinta drakor pasti sudah pada paham, nih, arti bahasa Korea di atas apa. Keseringan nonton drakor, secara nggak langsung bikin kita hapal bahasa Korea sedikit demi sedikit. Ya, kan?

Di antara kalian yang suka nonton drakor, pasti ada yang pengen banget bisa bahasa Korea biar pas nonton drakor nggak perlu subtitles lagi. Saya juga sama, pengen banget bisa bahasa Korea.

Sebelum saya pengen belajar bahasa Korea seperti saat ini, awalnya saya cuma pengen bisa baca tulis huruf hangeul. Kok kayanya seru kalau bisa baca tulis huruf hangeul. Bisa baca lirik lagu Korea yang kita sukai tanpa perlu baca versi romanisasinya, dan bisa baca caption Instagram aktor/aktris Korea.

Nah, akhirnya saya coba belajar sendiri beberapa bulan lalu, dan Alhamdulillah sekarang sudah bisa baca tulis meskipun masih basic.

Berikut saya coba rangkum hal apa saja yang perlu dilakukan ketika mau mulai belajar baca tulis hangeul secara mandiri.




  1. Download keyboard Korea di gadget kalian
  2. Download huruf/abjad Korea dari Google
  3. Amati sambil menghafal abjad tersebut. Misal ㄷ itu apa, huruf ㅕitu apa, dan seterusnya.
  4. Setelah mengamati, coba mulai nulis sendiri. Misalnya neomu bagaimana nulisnya. Neomu terdiri dari huruf N (ㄴ) EO  (ㅓ) M (ㅁ) dan U (ㅜ ). Maka kalau disambung, akan menjadi seperti ini 너무.
  5. Latihan terus seperti contoh di atas, dan nantinya jadi hafal sendiri
  6. Setelah cukup mahir, kemudian coba belajar membaca. Misalnya 누나 dibacanya apa. 누나 terdiri dari huruf ㄴ(N) ㅜ(U) ㄴ (N) danㅏ(A). Berarti kata di atas dibacanya nuna (sebutan untuk kakak perempuan dari laki-laki)
  7. Sudah mulai paham? Sekarang banyak latihan lagi dengan mencoba menulis nama-nama aktor Korea atau kosa kata Korea. Misalnya bagaimana cara menulis Song Kang. Setelah coba nulis, kalian cocokkan apakah benar atau salah melalui Google. Search nama aktor tersebut, dan cari nama hangeul-nya. 
  8. Salah? Gapapa, namanya juga baru belajar. Semakin sering latihan, maka semakin lancar nantinya
  9. Ketika udah mulai bisa baca dan nulis huruf hangeul, saatnya untuk memperlancar bacaan dengan membaca caption-caption di akun Instagram aktor/aktris atau idol bias kalian.
  10. Baca caption sudah mulai lancar, beralih ke belajar membaca lirik lagu Korea biar makin lancar. Pilih lagu Korea yang kalian sukai. Untuk permulaan, pilih lagu yang ritme-nya slow seperti lagu Nam Gyu Ri yang Starlight Tears. Dengarkan lagunya dan ikut nyanyi sambil baca liriknya. Awal-awal memang susah buat diikutin meski lagunya slow, tapi nanti jadi bisa setelah sering latihan. Kalau yg easy level sudah khatam, beralih ke medium level, lalu lanjut ke hard level seperti lagu Darari atau Zoom-nya Jessy.
  11. Done. Selamat! kalian sudah bisa baca dan nulis huruf hangeul basic level.
Kenapa basic level? karena membaca dan menulis huruf hangeul nggak sesederhana itu. Kita harus bisa membedakan cara membaca huruf ㄱ kapan dibaca sebagai K dan kapan dibaca sebagai G. Atau cara membaca huruf ㅎ kapan dibaca H, dan kapan dibaca samar seperti tidak terbaca.

Atau misalnya nama aktor/aktris Korea yang bermarga seperti Kim, Park, atau Lee. Kenapa bukan 킴 tapi malah 김 untuk Kim, 박 untuk Park, dan 이 untuk Lee. Contohnya Lee Min Ho, nama hangeul-nya seperti ini 이민호 yang dibacanya I Min Ho, kenapa bukan 리민호, dan masih banyak lagi.

Saran saya, ambil kursus berbayar bagi yang ingin lebih mendalami huruf hangeul,  Kalian bisa search di Instagram, nantinya banyak akun Instagram yang menyediakan kelas berbayar untuk belajar hangeul atau bahasa Korea.

Alhadulillah saat ini saya pun lagi mengikuti kelas berbayar untuk belajar Bahasa Korea yang dimulai awal Agustus nanti. Bismillah mudah-mudahan lancar. 

감사합니다 (kamsahamnida).

Salam,

Tidak ada komentar

Welcome to my second home, dan terima kasih sudah mampir ke rumah.