Manfaat Bermain Video Games Pada Anak

Bismilah.

Asslamualaikum. Apa kabar?

Welcome, December!

Beberapa hari udah Desember aja, berarti kurang lebih 30 hari lagi kita udah tahun baru. Udah susun resolusi apa, nih, buat tahun 2022 nanti? Resolusi tahun 2021 udah terealisasi semua kah?

Semenjak pandemi, saya nggak nyusun resolusi apa-apa. Keinginan saya cuma pengen semua sehat, pandemi segera berakhir, dan semunya pulih.

Anyway semenjak anak-anak melakukan pembelajaran jarak jauh, saya sering banget baca curhatan atau keluhan ibu-ibu yang anaknya menjadi overused pada gadget. Ya memang nggak bisa dipungkiri, penggunaan gadget pada anak pasti meningkat semenjak di rumah aja.

Bahkan saya pun sering liat anak-anak usia sekolah yang kumpul-kumpul depan rumah dan di tangannya masing-masing pegang handphone, yang saya yakin mereka lagi nonton video atau bermain video games.

Oh, ya. Ada kah yang melarang anaknya bermain video games? Kalau saya pribadi, saya nggak melarang Sultan bermain video games di handphone saya. Kenapa? karena ada cukup banyak manfaat yang anak dapatkan ketika mereka bermain video games.


Jangan salah! bermain video games nggak melulu menimbulkan efek negatif, justru malah ada banyak efek positif saat anak bermain video games. Tapi ada syaratnya, nih, agar video games yang dimainkan anak nggak menimbulkan efek negatif seperti kecanduan, lupa waktu, mudah emosi, dll.

Saya mengizinkan Sultan bermain video games dengan syarat:
  1. Pilih video games yang khusus untuk anak-anak
  2. Dampingi saat bermain
  3. Pastikan video games-nya free agar bebas dari tagihan. Anak-anak meski biasanya hanya asal mencet, tapi kadang mencetnya suka bener. Untuk menghindari tiba-tiba ada tagihan, pilih games yang free
  4. Batasi waktu saat bermain. Misalnya cukup 30 menit sekali main untuk satu hari
  5. Edukasi anak tentang bijak menggunakan gadget serta menjelaskan kekurang dan kelebihan bermain video games
  6. Batasi aplikasi video games yang di-instal di handphone. Misalnya cukup 3 aplikasi. Kalau mau instal aplikasi video games lain, maka harus ada aplikasi video games yang di-uninstal
  7. Ajari anak untuk mengatur emosi saat games yang dimainkan kalah, dan informasikan ke anak bahwa marah-marah saat kalah bukan hal yang baik
Alhamdulillah sejauh ini Sultan menuruti peraturan saya, bahkan kadang dia berhenti bermain games tanpa saya minta karena udah bosen duluan.

"Memangnya apa, sih, manfaat bermain video games pada anak?"

Manfaat Bermain Video Games untuk Anak

Saat anak bermain video games, otak anak membutuhkan konsentrasi. Hal ini bisa merangsang neurotransmitter dopamin untuk menguatkan daya ingat.

Berikut manfaat bermain video games pada anak dari hasil rangkuman beberapa artikel yang saya baca, juga bertanya pada ahlinya.
  • Sarana Belajar dan Memberikan Pengetahuan Baru
Banyak sekali video games edukasi yang bisa dimainkan anak. Sultan pernah main games tebak huruf, angka, bentuk, dan suara. Dari video games tersebut, Sultan jadi lebih tau tentang aneka bentuk seperti kotak, bulat, spiral, dll.
  • Menjadi Lebih Kreatif
Video games juga bisa membuat anak menjadi lebih kreatif. Contohnya video games membangun rumah, desain kamar/ruangan, dll.

Dengan video games seperti itu, anak bebas berimajinasi sehingga mampu mengasah kreativitas.
  • Melatih Otak 
Saat anak bermain video games, anak membutuhkan konsentrasi, keterampilan, dan cara berpikir yang baik. Hal tersebut dipercaya mampu:
  1. Melatih anak dalam memecahkan masalah
  2. Melatih koordinasi tangan dan mata, juga motorik halus
  3. Berpikir cepat, mampu menganalisa, dan berani membuat keputusan
  4. Memperkuat memori dan konsentrasi
  5. Berani menghadapi tantangan dan mengambil resiko
Saya seringkali takjub dengan Sultan ketika dia main video games. Beberapa kali malah saya yang minta ajarin Sultan cara mainnya, dan dia bisa menjelaskan bagaimana rules permainannya. So proud!
  • Membuat Anak Percaya Diri
Nah, saat bermain video games, saya sering banget menantang Sultan untuk menyelesaikan permainannya. "Ayo coba main ini. Bisa menang nggak?" nanti dengan percaya dirinya dia jawab, "Bisa dong!"

Kalau menang, saya apresiasi dengan tepuk tangan dan menyebutnya pintar. Kalau kalah, saya hanya bilang, "Good job! Coba lagi, yuk!"
  • Belajar Mengontrol Emosi
Saya punya keponakan yang seumuran Sultan, dia bakal ngamuk sampe nendang atau lempar handphone saat games-nya kalah. Saya yang lihatnya miris banget, anak usia lima tahun udah bisa ngamuk hanya karena kalah.

Salah satu cara saya mengajari anak untuk mengontrol emosi adalah dengan mencontohkan langsung. Saya juga suka bermain games, jadi saya sebisa mungkin mengatur emosi saya saat kalah, terutama depan anak: Jangan menunjukkan rasa kecewa, apalagi marah.

Kami berdua juga sering main bareng dengan ganti-gantian. Saat saya kalah, Sultan yang giliran jalan. Begitu pun sebaliknya.

Beri pengetahun ke anak, bahwa kalah dan menang dalam permainan merupakan hal yang biasa. Kecewa boleh, tapi marah-murah saat kalah sama sekali nggak dibenarkan.

Banyak banget ternyata manfaat bermain games pada anak. Luar biasa! 

Gimana? Masih mau melarang anak bermain video games? 

Rekomendasi Platform Bermain Video Games Gratis 

Di handphone saya saat ini, ada empat video games yang sering dimainkan Sultan dan saya. Sengaja saya batasi hanya empat karena biar penyimpanan di handphone saya nggak penuh. 

Saya memang mengizinkan Sultan main video games, tapi saya dilema saat Sultan minta instal video games baru sedangkan video yang sudah ter-instal nggak boleh dihapus sama dia.

Seringnya saya tetap larang untuk memiliki lebih dari empat video games, tapi sesekali saya pun mengizinkan dan meminta dia untuk hapus salah satunya beberapa hari kemudian.

Sebelumnya saya selalu khawatir handphone saya jadi cepet rusak karena sering instal-uninstal aplikasi, makanya saya minta Sultan buat jangan sering-sering hapus dan instal video games-nya.

Tapi sekarang saya ngga perlu khawatir lagi, karena Sultan bisa puas main banyak video games tanpa perlu instal aplikasinya satu pun.

Seneng banget pas saya tau kalau ada website khusus bermain video games yang gratis dan tanpa iklan, yaitu Plays.org:


Plays.org adalah website yang berisi ratusan games online secara gratis yang menyediakan video games ramah anak. 

Berikut beberapa kategori video games yang saya tersedia di Plays.org
  • New and Cool

  • Players Favorite

  • Arcade Classics

  • Cartoon Games 

  • Comics Games


  • Education

  • Solitaire


  • Sports Games

  • Retro Pixels

  • PinBall

  • Base Defense

  • Simulation Games


Bermain video games di Plays.org nggak perlu instal aplikasi, cukup klik wesbite-nya aja. Selain itu, video games di Plays.org juga banyak kelebihan lainnya. Seperti:
  • User friendly. Website-nya mudah diakses, dan tampilannya sangat mudah dipahami
  • Nggak perlu register. Saat membuka website Play.org, bisa langsung pilih video games yang diinginkan
  • Banyak pilihan video games dengan kategori yang beraneka ragam
  • Video games yang ramah anak
  • Terdapat panduan cara main secara detail
  • Terdapat fitur My Faves untuk menambah video games favorit kita
  • Video games yang tersedia terdapat rating dari user lain sebagai testimoni
  • Cara main yang mudah dan sederhana
  • Tanpa iklan. Saat main video games di Plays.org, nggak perlu terganggu dengan iklan
  • Gratis, tanpa biayasa sama sekali
Saat main video games di Plays.org, Sultan, tuh, sampe bingung gitu mau main yang mana karena saking banyaknya.

Sultan selama ini lebuh suka video games dengan kategori seperti defense, kartun, edukasi, dan simulasi. Ternyata di Plays.org semuanya ada. I'm so happy!

Salah satu video games favorit Sultan di Plays.org adalah Batman Gotham City. Meski cara mainnya simpel hanya geser kiri geser kanan untuk menghindari tabrakan, tapi tetep seru dan menantang. 


Kalau saya pribadi, salah satu video games favorit di Plays.org itu Colorush. Cara mainnya juga simpel, hanya mengubah posisi segitiga untuk mencari jalan partikel biar masuk ke capacitor (bentuk bulat di tengah) dari container (mesin yang ada rodanya).


Saat posisi segitiganya bener semua, pas kita klik play, nanti container-nya mengeluarkan partikel (semacam tinta), terus masuk ke capacitor. Kalau misal posisi segitiganya masih salah, ya partikelnya tumpah. 

Simpel memang cara mainnya, cuma ubah posisi segitiga ke kiri bawah kanan atas dan ke kanan bawah kiri atas , tapi sungguh bikin mikir banget. saya masih stuck di level 8 karena susah, hihihi.

Sekarang, saya nggak perlu lagi khawatir handphone jadi cepet rusak karena sering instal dan uninstal video games. Cukup dengan akses Plyas.org, semua permainan favorit Sultan tersedia di sana.

Ada yang udah coba main video games di Plays.org? Gimana kesannya?

Oh, iya, Plays.org bisa diakses melalui laptop juga handphone. Tapi saya sarankan untuk bermain melalui laptop karena bisa lebih puas mainnya. 

Salam,

No comments

Welcome to my second home, dan terima kasih sudah mampir ke rumah.