Tips Berpuasa Bagi Ibu Rumah Tangga yang Sedang Hamil Maupun Menyusui



Source : replubika.co.id

Kali ini saya mau sharing, ya. Sharing tentang tips berpuasa bagi ibu rumah tangga yang sedang hamil maupun menyusui. Kenapa khusus bagi ibu rumah tangga? Karena tips ini based on pengalaman pribadi saya sebagai fulltime mother dari ramadhan tahun lalu ketika hamil tua dan ramadhan tahun ini ketika menyusui. 

Dan karena ibu rumah tangga pun banyak aktifitas nya walau di rumah. Jadi, biar puasanya lancar jaya, IRT yang sedang hamil maupun menyusui pun harus punya tips dan trik agar puasanya bebas bolong. Perlu digaris bawahi, ya. Tips ini hanya untuk ibu hamil dan ibu menyusui yang tanpa keluhan dan memang mampu secara fisik.

Ramadhan tahun lalu saya sedang hamil tua, tinggal menghitung hari untuk kontraksi. Saya memutuskan untuk tetap puasa karena merasa mampu dan kuat, walau menjelang memasuki ramadhan saya sempat bingung memilih antara puasa atau tidak sehingga berniat untuk sehari puasa dan sehari engga. 

Mendekati ramadhan, niat saya berubah haluan. Saya jadi bertekad untuk tetap menjalankan puasa seterusnya, “puasa aja dulu, kalau ternyata di tengah hari saya merasa ga kuat, saya buka” begitu kata hati saya dulu. Jadi, saya tetap berniat puasa dan menjalankan puasa seperti biasanya. Dan alhamdulillah, tahun lalu saya dapat puasa 17 hari tapi yang sah cuma 16 hari, karena hari ke 17 nya harus batal di jam 17:30 sore biar ada tenaga buat lahiran karena udah kontraksi hehe

Dan selama puasa hampir 17 hari itu, saya ga merasa sedang hamil tua, karena puasa di saat hamil ternyata ga ada bedanya dengan ketika puasa di saat ga hamil. 

Jadi, apa tips berpuasa bagi IRT yang sedang hamil?

• Positif thinking

Ini sih yang paling utama. Positif thinking bahwa kita mampu dan kuat. Kenapa harus positif thinking? Karena ketika kita berpikir positif, semacam mengirimkan sugesti ke diri sendiri bahwa kita memang mampu. Begitu juga sebaliknya, ketika kita berpikir negatif bahwa kita ga mampu dan serba khawatir, puasanya jadi ga lancar yang padahal sebenarnya fisik kita mampu.

Positif thinking bahwa puasa kita akan dimudahkan oleh sang pencipta. Toh, puasa itu hal baik kan? Yakin saja Allah pasti akan memudahkan puasa kita. Walau ada keringanan bagi ibu hamil dan ibu menyusui, tapi ketika kita merasa mampu dan kuat, hukumnya tetap wajib bukan? 

• Makan tetap 3x sehari

Kalau bisa, makan tetap 3x sehari. Saat buka, setelah tarawih dan saat sahur. Tapi saya jarang sih makan besar setelah tarawih karena terlalu kenyang kalau untuk makan besar. 

Setelah tarawih, paling saya makan cemilan, entah itu roti, bubur kacang ijo, kolak, atau apapun itu. Kecuali kalau memang lagi pengen makan lagi, ya saya pilih makan besar. Ini wajib kaya gini, kalau ga makan besar ya minimal cemilan. Biar apa? Biar semacam ngeboost asupan makanan bagi janin. 

Karena saya menganalogikan ketika kita puasa janin pun ikut puasa, jadi biar nutrisi untuk janinnya cukup dan terpenuhi, saya boost dengan makan banyak atau nyemil di saat malamnya hehe

Apa saya tarawih juga di saat hamil tua? 

Engga haha saya melambaikan tangan kalau tarawih karena tarawih sambil duduk pun udah ga kuat lama-lama. 

• Minum air putih minimal 2 liter

Yang ini juga saya melambaikan tangan. 1 liter itu udah bagus banget buat saya, itu pun dengan perjuangan minumnya, harus dalam keadaan dingin atau anget, selain itu bakal enek. Tapi walau begitu, saya tetap mengusahakan minum banyak walau masih kurang dari 2 liter.

• Minum susu ketika memasuki imsak

Ini juga wajib buat saya. Susu apa? Susu apa aja sesuka kita. Kalau saya kadang SKM kadang #BEARBRAND tapi lebih sering SKM sih hehe. Susu ibu hamil juga monggo, karena saya ga minum susu hamil jadi saya pilih SKM. Minumnya di saat imsak, menjelang adzan subuh biar ga kelamaan ke adzan nya haha

• Tetap beraktifitas seperti biasanya

Tetap beraktifitas seperti nyuci baju, nyapu dan ngepel. Ini harus banget saya lakukan setiap hari setelah sholat subuh. Karena entah kenapa kalau puasanya kebanyakan di kasur justru jadi lemes dan badan pada sakit. 

Ssssstttt.... ternyata banyak gerak di saat hamil tua juga berpengaruh, lho pada mudahnya bersalin nanti. Pengalaman juga soalnya hehe


• Tetap sahur walau malas dan kenyang

Pasti pernah kan ya merasa males banget buat sahur, entah itu karena masih ngantuk atau masih merasa kenyang. Saya juga sering, tapi saya bertekad melawan kantuk dan malas untuk tetap makan di saat sahur walau dengan porsi yang sedikit. Biar janinnya kuat diajak puasa hehe

Apa lagi, yaaaa! Udah sih kayanya itu aja tips berpuasa bagi ibu rumah tangga yang sedang hamil, baik hamil muda maupun hamil tua, tinggal kondisikan aja. Yang pastinya tetap makan-makanan bernutrisi dan ditambah minum jus atau buah-buahan. 

Berat badan janinnya gimana? Apakah turun?

Alhamdulillah engga, ketika lahir masih sesuai dengan perkiraan USG maupun hitungan manual.

Kalau tips berpuasa bagi IRT yang sedang menyusui bagaimana? 

Kalau saya sih sama saja point-point nya seperti tips ketika hamil. Mungkin yang berbeda ketika minum susu di saat memasuki imsak. Bisa diganti dengan jus kurma susu yang sedang happening saat ini. 

Tapi karena saya belum sempet eksekusi jus kurma susu, saya masih pakai #BEARBRAND atau SKM haha 

Apakah asi saya tetap lancar? 

Alhamdulillah tetap lancar selama ini, dari saya mengganti puasa ramadhan tahun lalu beberapa pekan sebelum ramadhan tahun ini hingga sampai hari ini, walau kadang let down reflex nya ga cepat datang seperti biasanya ketika tidak puasa.

Pastinya tetap rutin menyusui semau bayi, ya. Biar asi tetap lancar karena sering dikeluarkan

Dan yang paling penting, berpikir positif dan yakin bahwa kita mampu. Ketika ternyata kenyataannya tidak sesuai keinginan, kita serahkan semuanya pada ilahi robbi. 

Oh, ya. Sebelumnya pastikan bahwa kita atau pun bayi kita dalam keadaan sehat, ya!

Jangan lupa untuk tetap cek kehamilan rutin serta jangan paksakan diri jika merasa tidak mampu.

#HAPPYPREGNANT #HAPPYBREASTFEEDING 
#HAPPYFASTING

10 comments:

  1. Makasih sharingnya, mbak. Tahun lalu saya juga tetap berpuasa meski sedang hamil 4 bulan. Kalau untuk tahun ini alhamdulillah masih bisa puasa juga saat menyusui. Tapi memang sih produksi asi agak menurun jika dibandingkan sebelum berpuasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mba. Wah lagi menyusui juga. Semoga kita diberi kesehatan dan kemampuan terus ya. Btw, makasih mba sudah mampir

      Delete
  2. Alhamdulillah ya mba tetap bisa puasa walau lagi menyusui. Aku dulu pun begitu mba. Tapi ada teman yang tak bisa karena maisng-masing juga beda ya kebutuhannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba alhamdulillah mudah2an lancar dan bebas bolong hehe

      Iya bener, tiap ibu punya kebutuhan masing2 ya. Btw, makasih ya udah mampir

      Delete
  3. Waktu ank ku lhir dua2ny ps masa nifas.. tuch jd gk ngalamin puasa.. noted bngt tipsnya (slm knal y mba)

    ReplyDelete
  4. Makasih tipsnya ya mbak. Kebetulan lagi hamil nih sekarang. Kadang ada gak kuatnya juga. Tapi kok ya nanggung 2-3 jam lagi udah waktunya berbuka. Hehehhe

    ReplyDelete
  5. Minum susu dan air putih banyak itu penting. Oh iya, satu lagi mungkin bisa ditambah konsul dokter juga, terutama yg masih hamil, supaya yakin aja kandungannya gpp kalau ibu hamil puasa.

    Kalau saya dulu kebetulan ada anemia, hb rendah banget, juga albuminnya kurang, jd dokter menyarankan utk tdk puasa dulu.

    Btw thx tipsnya ya :D

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah,
    Aku pun tetap berpuasa saat hamil. Tapi waktu itu kondisinya masih hamil trimester pertama.

    Jadi gak begitu berat, menurutku.

    Lalu menyusui, ikut shaum lagi. Dengan berkeyakinan bahwa bayi aku baik-baik aja...gak rewel.

    Alhamdulillah,
    Lancar.

    *tapi tips minum susu ini, engga selalu aku lakukan siih...yang pasti aku lakukan adalah konsumsi buah (yang banyak mengandung air) juga sayuran.

    ReplyDelete
  7. Gak harus memaksakan diri kan mbaksay, yang penting sudah ada niat tulus.Buat ibu hamil n menyusui tidak mewajibkan puasa tidak Sosa kok.Jika kondisi memungkinkan gak ada salahnya juga ikut puasa.slm kenal ya mba

    ReplyDelete
  8. Aku juga pas hamil puasa mbak hehehe. Karena lebih enak pas puasa aja, ga eneg. Kebetulan waktu itu lagi hamil muda. Sekarang anak masih ASI eksklusif sih aku skip duluuu hehehe.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir ke rumah. Ada komentar? Silahkan tinggalkan jejak, ya!


Sincerely.
Icha