Bentuk Dukungan Saya untuk Asian Para Games 2018

by - December 19, 2017


Masih ingat euforia Sea Games 2017 yang diselenggarakan beberapa bulan yang lalu di Kuala Lumpur, Malaysia?

Tahun depan, selain menjadi tuan rumah untuk ajang Asian Games 2018, Indonesia juga mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah dalam ajang Asian Para Games 2018.

Btw, ada yang bingung ga, apa perbedaan Sea Games, Asian Games dan Asian Para Games? 

Bedanya, Sea Games adalah ajang olahraga untuk se-Asia tenggara yang diselenggarakan tiap 2 tahun sekali. Nah, kalau Asian Games, ajang olahraga terbesar se-benua Asia yang diselenggarakan 4 tahun sekali. Beda lagi dengan Asian Para Games, APG adalah ajang olahraga terbesar se-benua Asia khusus untuk para atlet difabel.

Nah, di Indonesia, tahun depan akan diselenggarakannya dua ajang keren sekaligus yaitu Asian Games dan Asian Para Games 2018.

Asian Para Games akan dilaksanakan satu bulan setelah rampungnya Asian Games. Tepatnya pada tanggal 6-13 oktober 2018 yang dilaksanakan di Jakarta.

Asian Para Games ini adalah Olympiade atau ajang olahraga terbesar se-Asia untuk para atlet Difabel atau penyandang disabilitas.


Dengan adanya olympiade seperti ini menjadi salah satu bukti bahwa para Difabel layak diberi kesempatan untuk berkarya melalui Olympiade terbesar se-Asia.

Di Asian Para Games mendatang ada 18 cabang olahraga dengan 582 nomor dengan 3000 peserta dari 43 negara di Benua Asia yang merupakan anggota Asian Paralympic Commitee.

Demi kelancaran ajang olympiade Asian Para Games ini, Indonesia 2018 Asian Para Games Orginizing Commitee atau INAPGOC 
Selaku panitia penyelanggara telah melakukan sosialisasi di berbagai kota-kota besar.

Ada 16 kota besar yang menjadi sasaran sosialisasi untuk mendukung keberhasilan olympiade ini, yaitu Medan, Palembang, Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Bali, Makassar, Samarinda, Ambon dan Batak.

Sosialisasi ini dilakukan untuk mendapatkan dukungan dan apresiasi dari masyarakat luas dengan menonton baik secara langsung maupun tidak langsung sebagai bentuk dukungan moril bagi para atlet penyandang disabilitas.

Asian Para Games 2018 ini hadir dengan empat misi. Yaitu, Determination, Courage, Equality, dan Inspiration. Ke empat misi ini diharapkan dapat membantu para atlet untuk selalu semangat dan pantang menyerah dalam melalui tiap tahapnya.

Dengan memakai slogan "The Inspiring Spirit and Energy of Asia" diharapkan dengan adanya Asian Para Games 2018 ini bisa memberi semangat yang dapat menginspirasi dari para atlet difabel untuk masyarakat lainnya.

Slogan yang keren ini juga didukung dengan adanya maskot dari Elang Bondol yang bernama Momo (Motivation and Mobility) 

Me with Momo si Elang Bondol

Salah satu dukungan agar terselenggaranya olympiade ini dengan menyebarluaskan informasi positif berupa apresiasi maupun dukungan positif lainnya.

Bentuk dukungan kita selain untuk kesuksesan olympiade tersebut juga bisa menjadi sumber penyemangat untuk para atlet difabel yang mengikuti ajang tersebut.

Bagi yang ingin jadi Volunteer juga bisa banget, lho! Tinggal daftar di sini

Yuk, kita dukung kesuksekan olympiade terbesar yang diadakan empat tahun sekali ini sebagai bentuk apresiasi dan support untuk para atlet penyandang disabilitas.




You May Also Like

8 komentar

  1. Saya gak terlalu suka nonton olahraga sih tapi ikut mendukung Asean Games ini semoga Indonesia mampu raih banyak emas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, sama mba. Saya suka nonton olahraga cuma bola doang.

      Amin, mudah2an Indonesia bisa menjadi juara ya mba.

      Delete
  2. Wah ternyata baru ngeh sama perbedaan Sea Games, Asean Games dan Asian Para Games disini wakkaka.Nah bangga deh Indonesia bisa jadi tuan rumah di ajang besar ini ya mbak. Pas pula dengan maskot Momo yang siap menyambut para tamu dari mancanegara. Go go go Indonesia juara yeayyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun baru ngeh setelah cari tau untuk nulis ini mba, haha

      Bener banget, mba. Tahun depan Indonesia jadi tuan rumah dua ajang olahraga keren sekaligus. Mudah2an keduanya Indonesia jadi juara ya, mba.

      Delete
  3. smoga sukses ya asian para gamesnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba. Amiin, mudah2an Indonesia jadi juara di ajang olahraga terbesar se-Asia ini.

      Delete
  4. Iya... Baru tau kalau ada olymliade untuk para disabilitas, suatu kebanggaan ya di adakan di negara sendiri pasti kita dukung. Sukses acara nya dannjd juara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, sama. Saya dulunya cuma tau sea games sama asian games aja. Ternyata ada juga buat para disabilitas.

      Delete

Terimakasih sudah mampir ke rumah. Ada komentar? Silahkan tinggalkan jejak.