Egoisme dalam bersosial media




Ini judulnya apa banget sih haha

Jadi gini, beberapa hari yang lalu, banyak wara wiri cuitan di twitter tentang kebaperan karena follow unfollow atau pun ga dipolbek. Hem.... fenomena kaya gini baik di twitter maupun di IG ini memang kadang bikin baper sih. Eh, apa cuma gue doang ya? hehe

Dan menurut saya, itu egois. Iya egois, kalau yang ga polbek kita adalah temen. Baik temen sekolah, temen sejawat, temen sekedar kenal ataupun temen main, ya intinya temen lah. Kalau ga dipolbek sama selebtwit atau selebgram sih ya beda urusan ya. Sapa situ emang wkwkwk

Gimana ga egois. Ada temen yang follow masa ga dipolbek yakaaan. Iya sih, ini dunia maya. Tapi, sepertinya mereka mempertahankan keegoisan dengan ga balik follow, mungkin ya mungkin karena biar list followers nya lebih banyak dari list following. Jahat ga sih saya mikir gini? Ga kan ya? Hehe.

Padahal, kita pun klik button follow untuk mempererat silaturahmi, kan biar panjang umur sama dilancarin rezekinya hehe. Mau diunfollow juga kan ga mungkin, ga segitunya juga kan cuma karena ga dipolbek wkwk

Kalau saya, ketika ada temen yang follow, ga perlu liat bio nya lagi. Ketika udah kenal dari username nya aja, pasti follow balik. 

Memang sih, ga semua yang follow ke saya lantas saya pun balik follow. Ada beberapa kriteria yang ga saya polbek. Mereka adalah.... :

1.    Online shop

Bukannya apa-apa ya, kadang kan online shop kalau sekali posting selalu borongan. Apalagi kalau postingnya pas kita pun lagi buka akun. Hem....pasti tau kaaan alasannya.

Suami saya tipe orang yang selalu polbek siapapun yang follow, online shop sekalipun. Jadi, pernah saya lagi iseng-iseng buka akunnya, yang lewat di timelinenya produk jualan semua dan itu mengganggu.

Makanya saya mengambil hikmah ((mengambil hikmah)) dari fenomena tsb untuk tidak follow balik akun online shop. Kalau ternyata suatu saat nanti kita butuh produk mereka, kan tinggal cari di list followers, itu pun kalau ga diunfollow ya wkwk.

Kecuali kalau online shop nya punya temen sendiri, gapapa lah dipolbek.

2.    Akun yang ga ada bionya

Kalau ada yang follow dan saya ga kenal dari usernamenya, saya pasti cek bionya dulu. Karena kadang suka nemu akun yang ga ber –bio. Cuma nama dan usernamenya aja gitu. Kalau dari usernamenya aja udah ga kenal ditambah ga ber-bio, fix deh ga dipolbek.

3.    Postingan terakhir beberapa bulan yang lalu.

Yang ini kalau ga kenal usernamenya dan postingan terakhirnya beberapa bulan yang lalu. Ga dipolbek karena saya pengen yang saya follow adalah akun-akun aktif yang cukup sering posting moment mereka, ya walau ga tiap hari juga sih hehe. Ini serius ya, bukan karena biar #SelaluAdaAlasanUntukGaMolbek wkwk

Yang ke 4? Ga ada, cuma itu aja kriteria-kriteria yang ga saya polbek di IG. Berlaku juga sih di twitter untuk poin 2 dan 3 hehe. Saya termasuk egois juga ga ya karena ga balik follow mereka?

Yaaah meski begitu, yang paling terpenting kan silaturahmi di dunia nyata tetap terjalin ya. Jangan sampe kebaperan kita karena ga dipolbek malah jadi sebel beneran dan ga suka sama temen sendiri. Duh, jangan sampe ya!

Kalau kalian, apa alasan untuk ga balik follow? Share, donk!

15 comments:

  1. Sama mbk, sama itu jg dink, lihat banyaknya teman yg sama jugak,

    ReplyDelete
  2. aku mah hati2 karena dunia maya kita gak tahu siapa kecuali kalau sudah tahu dan punay teman yang sama dan aku suka yang setelah itu mau berkomunikasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju bgt deh ini. Dunia sosmed jaman sekarang ga kalah seremnya

      Delete
  3. Kayaknya sama, mbak. Kalau akunnya olshop atau nggak jelas aku nggak folbek. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe demi timeline yang enak diliat ya mba

      Delete
  4. kalo saya sih mbak, kalo yg follow mak-emak blogger pasti saya folbek, apalagi yg udah mention ngasih tau, tapi kadang suka terlewat notif.. jadi ntar kalo follow ai, jgn lupa mention ya wkwkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama bgt mba. Follow2an yuk. Tinggalkan usernamenya dong mba hehe

      Delete
  5. I am agree, sometimes olshop is so spams. So keep we're acount hehehe

    ReplyDelete
  6. Sepakat mbak.. Kadang ku baper gitu sih.. Hihi

    ReplyDelete
  7. kalau aku sih mba, akun yang berisi konten porno atau nggak berbobot bukan di folbek lagi, langsung kena block hehehhe

    www.borusiallagan.com

    ReplyDelete
  8. Kalau postingannya di medsos dah kebangetan bikin risih sih pasti saya unfollow...:)

    ReplyDelete
  9. Mau coba follow mamanya hafizh ah, siapa tahu di polbek :D

    ReplyDelete
  10. Aku pernah mengalami hal kaya gitu. Waktu SMA kelas 12 kemarin aku ada disuruh nge-follow akun IG temen sebangku trus dia bilang, "ntar aku follbck"

    Ternyata sampai 2 minggu dia belum follback, jadi aku unfoll

    Pas aku unfoll dianya malah ngambek ke aku. Dia maksa aku unfoll terus akunya diancam sama dia kalau aku ga follow dia ntar dia gamau lagi temenan sama aku.

    Sekarang aku udah lulus SMA dan udh jarang ktemu ama dia, jadi gue unfoll lagi trus block akun dia, biar ga ribut.

    Aku juga enggak nge-follback atau ngefollow akun online shop. Pernah sih nge-foll cuma pas lagi ada giveaway aja aku follow.

    Mari mampir : coretanhatiukhti.blogspot.com

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir ke rumah. Ada komentar? Silahkan tinggalkan jejak, ya!


Sincerely.
Icha