Tips agar proses bersalin berlangsung mudah dan cepat



Kehamilan dan persalinan adalah dua hal fisiologis. Dua hal yang harus melalui proses panjang untuk sampai pada titik tersebut.

Hamil dan bersalin, dua kesatuan yang salah satu dari keduanya tidak saling melengkapi. Karena hamil tidak selalu diakhiri dengan melahirkan, tapi melahirkan sudah pasti telah melalui proses hamil.

Hamil adalah ketika kita lebih memprioritaskan untuk yang telah bersemayam di inkubator terbaik, rahim namanya. Apapun akan dilakukan untuk dia, demi tumbuh kembangnya yang optimal. Serta bersalin? Proses panjang yang cukup melelahkan, demi kehadirannya ke dunia ini agar selamat dan membahagiakan.

Sedikit cerita pengalaman. Saya mengetahui kalau lagi hamil ketika usia kehamilan sudah menginjak hampir 2 bulan, 6 minggu tepatnya. Kehamilan yang sebenarnya tidak begitu dinanti-nanti, karena saya baru 3 bulan menikah. Hamil tapi berasa ga hamil, karena hamil tanpa disertai mual muntah dan pusing seperti gejala-gejala ketika hamil pada umumnya.

Bersyukur bisa merasakan kehamilan yang nikmat kaya gini walau sebenarnya pengen juga merasakan mabok dll, biar berasa aja gitu hamilnya hehe. Tapi anak ini memang ga manja, ketika usia hamil jalan 9 bulan dalam keadaan puasa ramadhan dan hampir tiap hari diajak nyapu ngepel lantai atas bawah, naik turun tangga serta tetap nyuci baju pun ga ada rasa capenya. Justru kalau diem aja ga ngerjain sesuatu malah badan jadi lemes.

Dan ternyata, banyak gerak di usia kehamilan tua menguntungkan saya ketika bersalin. Hanya 2 jam setengah saya merasakan mules menjelang persalinan, karena 3 jam kemudian dari mules yang pertama kali datang, anak saya lahir. Waktu yang termasuk sangat cepat buat kehamilan anak pertama. Karena sesuai teori pada umumnya, bayi akan lahir 12 jam kemudian setelah mules pertama kali pada kehamilan pertama. Bahkan ga sedikit yang sampai berhari-hari merasakan mules karna pembukaan yang ga bertambah-tambah.

Tau ga sih rasanya ketika yang di dalam perut udah ngajakin keluar serta pengen mengejan tapi ditahan-tahan karena bidan belum dateng? Sama kaya pengen banget buang air besar tapi ditahan-tahan karena kamar mandi lagi ada isinya. Iya gitu rasanya, cuma beda yang dikeluarin hehe.

Saking cepetnya proses bersalin saya, yang awalnya niat pengen melahirkan di puskesmas akhirnya harus melahirkan di rumah dengan memanggil bidan ke rumah.

Ketika hamil, hal yang paling saya takuti ketika bersalin adalah terjadinya robekan jalan lahir haha. Wajar ya takut, bayangin aja kulit dan daging kita dijait tanpa anastesi, pasti nyut nyut rasanya. Tapi lagi-lagi saya beruntung dan bersyukur, karena batas robekan jalan lahir saya adalah grade 1 yang artinya tanpa dijait pun ga masalah karena cuma sedikit sekali robekannya. Tapi saya tetep dijait 3 jaitan demi nurut apa kata suami hehe

Dalam teorinya, memang ada korelasi antara banyak gerak di kehamilan tua dengan mudahnya bersalin dan meminimalisir pencegahan terjadinya robekan jalan lahir. Tentunya tetap dalam batas normal ya banyak geraknya, kalau kebanyakan gerak juga ga baik dan malah membahayakan ibu juga janinnya. Karena tetap bergerak di kehamilan tua dapat melenturkan dan meregangkan otot-otot, jadi bersalin pun mudah dan tidak terlalu sakit karna otot ga kaku
Selain banyak gerak, saya juga tetap melakukan senam hamil dan senam kegel. Apalagi kalau pinggang dan kaki udah pada pegel, lakukan senam hamil, pegel ilang. Kalau senam kegel, saya lakukan dengan tujuan untuk melenturkan otot di daerah kewanitaan jadi bisa mengurangi terjadinya robekan jalan lahir yang ekstrem hehe

Itulah sepenggal kisah kehamilan dan persalinan saya, yang akan saya jadikan pelajaran untuk kehamilan dan persalinan kedua ketiga keempat dan seterusnya.

Thanks for visiting and reading!

#Happypregnant
#Happybreastfeeding


2 comments:

  1. Alhamdulillah seneng sekali baca kehamilan dan persalinan yang indah, sama Mbak saya juga tahu hamil pas usia 6w, hamil berasa ga hamil soalnya morning happiness mulu gak ada keluhan pokonya strong gak manja, malah kalo diem suka pusing. Oia tips nya oke banget untuk menghindari gunting jalan lahir. Semoga persalinan saya nanti lancar, cepat, normal alami dan minim trauma. Tfs ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah selamat ya mba atas kehamilannya semoga lancar ya sampai persalinan nanti. Terimakasih sudah mampir mba, semoga bermanfaat hehe

      Delete

Terimakasih sudah mampir ke rumah. Ada komentar? Silahkan tinggalkan jejak, ya!


Sincerely.
Icha