Review: PRIMA, Aplikasi Pintar untuk Para Orangtua Prima



Hidup di jaman era digital seperti saat ini memang sedikit banyaknya memberi manfaat, tapi selama kita pintar-pintar dalam menggunakan berbagai aplikasi yang telah tersedia. 

Ketika butuh suatu informasi, tinggal klik ok google lalu ucapkan apa yang kita butuhkan. Ketika kita butuh lowongan pekerjaan, tinggal klik menu pencarian di sosial media yang kita punya. Semua informasi yang kita cari tinggal ucap/tulis di mesin pencari.

Berbagai aplikasi berbasis kesehatan pun kini marak bertebaran di mesin pengunduh. Baik itu aplikasi khusus untuk ibu hamil atau pun aplikasi khusus untuk bayi dan anak-anak, lengkap dengan materi yang disediakan.

Salah satu contoh aplikasi kesehatan untuk bayi dan anak-anak adalah PRIMA, aplikasi teknologi digital yang dibuat khusus oleh ikatan dokter anak indonesia (IDAI) pada tahun 2015. Dengan tujuan agar para orang tua dapat lebih aware terhadap tumbuh kembang buah hatinya serta dapat memantau tumbuh kembangnya kapan saja dan di mana saja.





Selain terdapat grafik tumbuh kembang, terdapat juga jadwal imunisasi, materi edukasi bahkan kuesioner sebelum dan saat kunjungan ke dokter. Lengkap, ya!

Grafik tumbuh kembang yang paling bermanfaat di aplikasi ini. Dengan grafik tersebut, kita bisa memantau pertumbuhan serta perkembangan anak.


Untuk mengetahui pertumbuhan anak saat ini, cukup dengan mengisi JK, tgl lahir, BB, PB, serta lingkar kepala. Lalu tinggal klik-klik yang ingin kita periksa, maka hasilnya akan keluar - baik kah atau buruk hasil kesimpulannya. 

                                 

Dan jika ingin mengetahui perkembangan sesuai usianya, tinggal ceklist urutan usia sesuai usia anak kita maka akan keluar pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab antara "ya" dan "tidak". Jika semuanya "ya" maka perkembangannya normal, begitu pun sebaliknya. Memantau perkembangan ini cukup dilakukan per tiga bulan sekali, berbeda dengan memantau pertumbuhan yang harus dilakukan setiap bulannya.

                                                      
                             
Untuk mendaftarnya pun sangat mudah, cukup masukkan alamat email yang kita punya dan kata sandi yang baru. Lalu cek email masuk untuk aktivasi. Setelah aktivasi selesai, kita bisa log in dan mulai menggunakan fasilitas yang tersedia.

Bagi saya, aplikasi ini cukup membantu. Saya bisa memantau tumbuh kembang buah hati secara mandiri. 

Jika terdapat penyimpangan terhadap perkembangannya maka dapat dilakukan stimulasi serta intervensi dini. Pun jika pertumbuhannya terhambat, dapat segera kita cari penyebab serta solusinya.

Bayi dan anak-anak sedang dalam masa tumbuh kembang.  Sebagai orang tua prima, yuk, pantau tumbuh kembang buah hati kita agar tumbuh serta berkembang secara optimal.

10 komentar

  1. Bermanfaat ya aplikasi ini. Mirip dengan buku tumbuh kembang yang dimiliki oleh anak yang rajin datang ke posyandu

    BalasHapus
  2. Iya mba bagi saya bermanfaat bgt. Apalagi grafik tumbuh kembangnya. Btw makasih sudah mampir mba

    BalasHapus
  3. Makin canggih saja yan..sudah ada app untuk mengetahui tumbuh kembang anak ..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, keren ya zaman skrg. Btw makasih sudah mampir mba

      Hapus
  4. Walah sekarang era digital semuanya tersistem. Ntar ke posyandu ga nyodorin buku tumbuh kembang lg, tp nyodorin kni aja wkwk

    BalasHapus
  5. Makin canggih aja. Ini pasti bermanfaat banget ya buat orangtua. Simple dan praktis.

    BalasHapus
  6. langsung cuss download.. makasi banyak mba.. pas banget usia bayiku 5bln, pasti butuh banget

    BalasHapus
  7. Ibu-ibu pasti sangat terbantu dengan adanya prima aplikasi ..ya..
    Jadi memudahkan untuk memantau tumbuh kembang anak-anaknya.

    BalasHapus
  8. Wah, makin dipermudah aja ya jaman digital niy, makin pintar deh ibu2, cukup ngintipin di hp bisa memantau tumbuh kembang anak2.

    BalasHapus

Welcome to my second home, dan terima kasih sudah mampir ke rumah.