Pencegah sembelit pada bayi


Sebagai salah satu ibu baru, salah satu hal yang dikhawatirkan ketika anak memasuki tahap MPASI adalah sembelit. Sembelit? iya sembelit hehe

Disebut sembelit adalah ketika buang air besar kurang dari 3x seminggu, keras dan sulit.

Ketika anak sudah masuk tahap mpasi, buang air besar setidaknya harus setiap hari atau minimal 3x dalam seminggu karna pencernaan bayi sudah harus bekerja mengolah makanan lain yang masuk selain ASI.

Kenapa saya khawatir? Saya gabung di grup khusus mpasi ketika anak saya masih berusia 4 bulan. Tidak sedikit emak-emak di grup yang sudah ber-MPASI mengeluh kalau anaknya lagi sembelit. Sebagai ibu baru jelas khawatir, karena sangat tau rasanya sembelit itu gimana, jadi ga mau aja kalau anak nanti merasakan juga hehe

Khawatir memang, tapi ya ga terlalu worry juga, karena selama memberikan makan anak dengan komposisi yang pas, sembelit mudah dihindari.

Jadi, organ pencernaan bayi dengan orang dewasa itu berbeda. Orang dewasa butuh banyak serat dalam asupan sehari-harinya untuk mencegah sembelit, berbeda dengan bayi.

Bayi kalau diberikan asupan yang tinggi serat secara berurutan dapat memicu sembelit, karena serat dapat memperberat kerja pencernaan bayi. Bayi tetap butuh serat, tapi perlu padupadan yang pas pada asupan nutrisinya.

Salah satu pencegah sembelit pada bayi adalah pemberian lemak tambahan. Lemak tambahan wajib ada pada tiap porsi makan bayi. Selain sebagai pencegah sembelit, lemak juga memang sangat dibutuhkan untuk tubuhnya agar tumbuh kembangnya optimal. Jadi memang wajib ada si lemak tambahan ini.

Lemak tambahan bisa berupa santan, minyak kelapa, margarin, butter, evoo bahkan minyak goreng yang di dapur. Pemberian lemak tambahan yang bagus adalah tidak melalui proses pemasakan, yaitu berikan lemak tambahan ketika makanan bayi sudah siap saji.

Pemberian lemak tambahan hanya pada mpasi homemade, karena mpasi instan sudah mengandung lemak. Jika memang terpaksa harus menggunakan produk instan karena dalam keadaan darurat, maka pilihlah merk yang mengandung lemak, tinggi zat besi dan jangan tinggi serat.

Selain pemberian lemak tambahan sebagai pencegah sembelit, bantu juga dengan melakukan hal-hal seperti di bawah ini.
Sumber : ibupedia
Oh iya, anak saya sudah dua minggu diberi MPASI dan sampai hari ini buang air besarnya lancar jaya.

Jadi ibu, bahagianya sederhana! Anak setiap hari BAB tanpa kendala aja udah bahagia hehe



2 comments:

  1. yup, bener setiap perkembangan anak emang bikin ibu bahagia, termasuk masalah bab nya.

    ReplyDelete
  2. Hehe sesederhana itu ya mba. Btw makasih udah mampir ke rumahku

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir ke rumah. Ada komentar? Silahkan tinggalkan jejak, ya!


Sincerely.
Icha